PANDUAN SUKSES TES TOAFL


TEACHING & LEARNING SYLLABUS: ISLAMIC STUDIES IN MIDDLE EAST
Bait Syariah Indonesia – The Indonesiana Center


TES TOAFL MASUK PERGURUAN TINGGI DI TIMUR TENGAH & UNIVERSITAS ISLAM DI INDONESIA - MAHIR & SUKSES LULUS TES TOAFL SKOR TINGGI (BAGIAN 5)


Al-I’dad Ad-Dirasiy li Ath-Thalib Al-Faqir ila ‘Ilmi Rabbihi


Ilmu Nahwu, Sharaf, I'rab & TOAFL


 
SOAL & KUNCI JAWABAN 
TES TOAFL - LENGKAP



TES KEEMPAT: Kemampuan menulis/Maharatu Al-Kitabah

Kemampuan menulis memang kurang familiar dalam ujian TOAFL di Indonesia, karena menilik latar belakang TOAFL yang memang diadopsi dari TOEFL dengan menilik beratkan pada tiga aspek: reading (qira’ah), listening (istima’) dan grammar (tarakib). Terkadang tes ini berupa penerjamahan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa Arab dan soalnya pilihan ganda. Tujuan utamanya dari tes ini adalah untuk mengetahui keluwesan peserta dalam memainkan bahasa, struktur kalimat dan tata bahasa Arab yang baik.

Aspek-aspek yang diujikan adalah:

1. Bagian Pertama: Penyusunan struktur kalimat bahasa Arab secara baik yang lebih dikenal dengan tartibul kalimat.

2. Bagian Kedua: Penulisan kata yang benar atau biasa disebut Imla’.

3. Bagian Ketiga: Keluwesan menulis bahasa Arab (Insya’), terkadang berupa respon atas fenomena tertentu atau analisis sederhana.

Soal bagian pertama dan kedua (untuk tartibul kalimat dan imla’) berupa pilihan ganda, sedangkan soal bagian ketiga berupa esai. Sempatkan untuk menjawab dengan sempurna bagian ketiga, karena memiliki skor band yang cukup tinggi, meski cukup sulit untuk mengerjakannya.

Beberapa strategi dalam menghadapi tes ini:

1. Tes tartibul kalimat. Bacalah terlebih dahulu kata-kata yang hendak disusun dalam pertanyaan, temukan kata kerja (fi’il). Kemudian amati opsi jawaban, mana yang mendahulukan kata kerja, maka bisa dipastikan itulah jawaban yang benar. Ketentuan tersebut berlaku, kecuali dalam dua kondisi:
a. Apabila dalam pilihan susunan kata ada huruf yang wajib didahulukan, seperti: Inna wa akhwatuha. Maka ikuti prosedur kaidah nahwu yang berlaku.
b. Apabila dalam pilihan susunan kata ada dua kata kerja, dalam konteks ini pengetahuan terhadap makna setiap kata menjadi hal mutlak untuk diketahui.
c. Apabila ada opsi jawaban yang pilihan susunan kata terakhirnya adalah kata penghubung (huruf) atau susunan kata kerja berjajaran, maka jawaban tersebut adalah salah.

2. Tes imla’. Tidak ada cara lain dalam menaklukkan tes ini melainkan dengan menguasai kosakata sebanyak mungkin. Sebab untuk mengetahui penulisan kata ini sudah benar atau tidak, sangat dibutuhkan pembendaharaan diksi yang banyak.

3. Tes insya’. Perlu diketahui ada dua macam soal dalam tes ini: respon atas keterangan bergambar (ta’bir bi ash-shuwar) dan analisa sederhana tentang sebuah tema (ta’bir bi al-‘unwan). Trik mengerjakan tes ini antara lain:
a. Bacalah perintah soal dengan teliti. Pahami dulu tuntunan soal, kadang kala ada soal yang memerintahkanmu untuk menuliskan sebuah respon dengan batasan kata 15 sampai 20 kata. Penggunaan jumlah kata yang tidak sesuai dengan perintah soal harus dihindari sedini mungkin.
b. Membuat kerangka tulisan. Tidak perlu terlalu rinci, cukup tuliskan outline poin akan membantumu menghemat waktu, menjaga tulisan agar tidak bertele-tele dan melenceng jauh. Sehingga tulisannya sesuai dengan rumusan soal.
c. Evaluasi pemilihan kata. Karena jumlah kata yang dibatasi, maka perlu menghindari pengulangan kalimat. Selain menghabiskan jatah kata yang dimiliki, pengulangan tersebut mengisyaratkan bahwa tulisannya miskin bahasa. Apabila memerlukan penekanan pada kalimat tertentu, cukup digarisbawahi poin tersebut.
d. Gaya tulisan dalam penulisan insya’ sangatlah penting. Bagaimana menghubungkan setiap kata dalam kalimat menjadi salah satu poin penilaian tes ini. Hindari menuliskan kalimat selalu dengan jumlah fi’liyyah, sesekali cobalah gaya tulisan lain, misalkan jumlah ismiyyah atau syibih jumlah (diawali dengan kata penghubung).
e. Membiasakan diri dengan menulis menggunakan bahasa Arab adalah cara terbaik untuk mendapatkan skor band tinggi di tes ini.


BAGIAN PERTAMA ===> klik disini
BAGIAN KEDUA ===> klik disini
BAGIAN KETIGA ===> klik disini
BAGIAN KEEMPAT ===> klik disini
BAGIAN KELIMA ===> klik disini