BIOGRAFI PENULIS


 
Bismillahirrahmanirrahim.

Penulis bernama lengkap Al-Faqir Ila Ilmi Rabbih Eka Wahyu HB., Lc., M.Si. Dilahirkan di Jember pada 8 Agustus 1989. Nama penanya adalah Wahyu Al-Azhariy, dinisbatkan pada tempat fenomenal yang ia menimba ilmu di dalamnya, yaitu Al-Azhar University, Kairo, Mesir. Riwayat pendidikan beliau adalah lulusan santri Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo. Lulus di tahun 2008. Sarjana Strata 1/S1 dengan gelar Licence (Lc.), Fakultas Syari’ah wal Qanun, Jurusan Syari’ah Islamiyyah, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Lulus di tahun 2015. Pascasarjana/S2 dengan gelar Master of Sains (M.Si), Fakultas PS-KTTI, Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syari’ah, Universitas Indonesia, Jakarta. Lulus di tahun 2018.

Saat ini beliau adalah Dosen Tetap PNS,  UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Fakultas Ekonomi (Ekonomi Islam) dan Direktur Bait Syariah Indonesia. Bait Syariah Indonesia adalah sebuah lembaga pendidikan yang mengkaji kitab-kitab Turats Islami dan keilmuan Islam, seperti Tafsir, Ulumul Quran, Hadis, Ulumul Hadis, Fikih, Ushul Fikih, Tarikh, Sirah, Akidah, Filsafat, Ilmu Alat Bahasa Arab (Nahwu, Sharaf & Balaghah), Mantiq dan keilmuan lainnya. Lembaga ini juga menjadi konsultan pendidikan dan membantu para anak bangsa untuk kuliah ke dalam dan luar negeri, khususnya negara-negara di Timur Tengah (Mesir, Yaman, Yordania, Sudan, Saudi Arabia dan lainnya).

Dalam bidang kepenulisan dan kajian keilmuan, beliau pernah menjadi anggota kajian Nun Center, kontributor Buletin Informatika ICMI Orsat Kairo (2010-2011), Pemimpin Redaksi Majalah La Tansa IKPM Kairo (2011-2012), Sekretaris dan Majelis Penelitian dan Pengembangan Perpustakaan Mahasiswa Indonesia Kairo PMIK Kairo (2010-2015) & Direktur Baitul Mal wa Tamwil BMT PAKEIS ICMI (2013-2014). Dalam bidang organisasi, beliau pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum IKPM Kairo (2010-2011), Bendahara Umum PPMI Mesir (2012-2013), Sekretaris Wisma Nusantara Kairo (2012-2014). Dalam bidang talaqqi keilmuan, baik ber-mulazamah dalam waktu lama maupun hanya sebentar, beliau banyak belajar dari ulama-ulama dalam dan luar negeri. Saat mondok di Gontor dan kuliah setahun di sana, beliau menimba ilmu dengan para Kyai dan Asatidz, di antaranya: KH. Dr. Abdullah Syukri Zarkasyi, KH. Hasan Abdullah Sahal, Prof. Dr. Amal Fathullah (Rektor UNIDA), Hamid Fahmi, Ph.D (Direktur INSIST, Birmingham University), H. Syarif Abadi, H. Akrim Mariyat, Dipl.A.Ed. (Manchester University) dan lainnya. Sewaktu kuliah di Al-Azhar University, baik di bangku perkuliahan maupun ruwaq-ruwaq Masjid Jami Al-Azhar, masyayikh yang pernah beliau menimba ilmu dari mereka di antaranya: Ilmu Akidah, Filsafat & Kalam oleh Syeikh Prof. Dr. Ahmad Thayyib, Syeikh Al-Akbar Al-Azhar. Ilmu Alat Lughah ‘Arabiyah oleh Syeikh Prof. Dr. Fathiy Al-Hijaziy. Ilmu Fikih dan Ushul-nya oleh Syeikh Prof. Dr. Ali Jum’ah Muhammad, Prof. Dr. Sa’duddin Al-Hilaliy & Syeikh Hisyam Kamil. Ilmu Hadis dan Ulumul-nya oleh Syeikh Prof. Dr. Nurruddin Al-‘Itr, Prof. Dr. Yusri Rusydi Al-Hasaniy & Dr. Usamah Sayyid Al-Azhariy.

Pada saat menempuh pascasarjana di Universitas Indonesia, beliau juga banyak belajar dari dosen-dosen beliau, di antaranya: Prof. Dr. Uswatun Hasanah (Guru Besar UI), Prof. Dr. Amany Lubis (Rektor UIN Syahid Jakarta), Prof. Dr. Didin Hafidhuddin (Guru Besar UIKA & Pakar Zakat Indonesia), Prof. Dr. Nurul Huda (Guru Besar Ekonomi Syariah Universitas Yarsi), KH. Cholil Nafis, Ph.D. (Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat), Hendri Tanjung, Ph.D. (BWI Pusat), Dr. Rizqullah (Komisaris BNI Syariah), Mohamad Soleh Nurzaman, Ph.D (PUSKAS BAZNAS Pusat) dan lainnya. Semoga Allah Ta’ala merahmati dan memberkati mereka semua atas ilmu yang diberikan kepada penulis. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Untuk berinteraksi dengan beliau, bisa lewat email: ekawahyu682@gmail.com dan nomer HP: +62 823-3211-1640. Walhamdulillah.