Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
(1) Pengertian Isim Shahih Akhir; (2) Pengertian Isim Ghair Shahih Akhir (Isim Maqshur, Manqush & Mamdud); (3) Pembagian Isim Maqshur (Qiyasi & Sima’i); (4) Pembagian Isim Mamdud (Qiyasi & Sima’i); (5) Ketentuan-Ketentuan Bentuk Tatsniyah Isim Ghair Shahih; (6) Ketentuan Bentuk Jamak Isim Ghair Shahih; Soal-Soal Latihan.
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
BAB 11 : PEMBAGIAN ISIM BERDASARKAN HURUF PENYUSUNNYA (أقسام الاسم من حيث الصحة والقصر والنقص والمد) I. ISIM SHAHIH AKHIR (الاسم الصحيح الآخر) Isim
Shahih Akhir adalah Isim mu’rab yang tidak diakhiri dengan salah satu
dari tiga macam jenis Isim Ghairu Shahih Akhir pada penjelasan di atas
yaitu yang tidak diakhiri dengan huruf Alif Lazimah, Ya’ Lazimah dan
Hamzah. Contoh: (رَجُلٌ) (حَجَرٌ) (دَلْوٌ).II. ISIM GHAIR SHAHIH AKHIR (الاسم غير الصحيح الآخر) Isim
Ghair Shahih Akhir dalah Isim yang tidak diakhiri dengan huruf konsonan
(Shahih) dan diakhiri dengan huruf vokal (‘illah). Huruf vokal (harf
illah) dalam bahasa Arab dibagi menjadi tiga yaitu Alif (ا), Wawu (و)
dan Ya’ (ي). III. PEMBAGIAN ISIM GHAIR SHAHIH AKHIR (أقسام الاسم غير الصحيح الآخر) A. Isim Maqshur (الاسم المقصور) Isim
Maqshur adalah Isim mu’rob yang akhirnya berupa alif yang tetap, baik
yang berbentuk alif seperti kata (عَصَا) ataupun yang berbentuk Ya’
seperti kata (مُوْسَى). Selain itu, harakat sebelum alif adalah Fathah.
Dari pengertian di atas, maka kata yang tidak dikategorikan seperti di
atas tidak termasuk Isim Maqshur walaupun diakhiri Alif Lazimah.
Diantaranya yang tidak termasuk Isim Maqshur: 1. Fi’il. Contoh: (دَعَا) dan (يَخْشَى). 2. Huruf. Contoh: (عَلَى) dan (إلَى). 3.
Isim-Isim Mabni, diantaranya Isim Isyarah seperti (تَا) dan (ذَا),
Isim Syarth seperti (إذَا), dan Isim maushul seperti (مَا). Alif tersebut disebut Alif Maqshurah. Alif yang terdapat pada Isim Maqshur bukanlah alif asli, akan tetapi berupa: 1. Pengganti Wawu. Contoh: (العَصَا) asalnya dari (العَصَوُ). 2. Pengganti Ya’. Contoh: (الفَتَى) asalnya dari (الفَـتَـيُ). 3. Tambahan untuk Ta’nits seperti (عَطْشَى) dan (ذِكْرَى) asalnya dari (عَطْشٌ) dan (ذِكْرٌ). 4. Tambahan untuk ilhaq/imitasi seperti (أَرْطَى) dan (ذِفْرَى) mulhaq dengan (جَعْفَرٌ) dan (دِرْهَمٌ). Dalam penulisan Alif Maqshurah ada beberapa ketentuan: 1.
Ditulis dengan bentuk (ا) alif ketika alif itu berada pada Isim
Maqshur yang terdiri dari 3 huruf dan jadi pengganti dari Wawu. Contoh:
(عَصَا), (عَلاَ) dan (حِجاَ). 2.
Berbentuk (ى) Ya’ tanpa titik pada Isim Maqshur yang terdiri dari 3
huruf dan jadi pengganti dari Ya’. Contoh: (فَتَى), (هُدَى) dan (رَحَى).
3.
Berbentuk (ى) Ya’ tanpa titik pada Isim Maqshur yang terdiri dari empat
huruf atau lebih. Contoh: (بُشْرَى), (أَعْمَى) dan (مُسْتَشْفَى). 4.
Apabila Isim Maqshur di-tanwin, maka harakat akhirnya fathatain karena
harakat sebelum huruf terakhir adalah Fathah. (كُنْ فَتًى يَدْعُو إِلَى
هُدًى). B. Isim Manqush (الاسم المنقوص) Isim
Manqush adalah Isim Mu’rab yang huruf terakhirnya berupa Ya’ tetap
(Lazimah) dan berharakat kasrah huruf sebelum Ya’. Contoh: (القَاضِي)
dan (الرَّاعِي). Berikut ketentuan Isim Manqush: 1.
Apabila diawali (ال) atau di-idhafah-kan, maka Ya’-nya tetap di semua
keadaan ‘irab. Contoh: (حَكَمَ الْقَاضِي عَلَى الْجَانِي) dan (جَاءَ
قَاضِي الْقُضَاةِ). 2.
Apabila tidak diawali (ال) dan tidak di-idhafah-kan, maka Ya’-nya
dibuang ketika marfu’ dan majrur. Harakat huruf terakhir fathatain
sebagai isyarat Ya’ yang dibuang. Contoh (حَكَمَ قَاضٍ عَلَى جَانٍ). 3.
Apabila tidak diawali (ال) pada saat manshub, Ya’ masih tetap. Contoh
(جَعَلَكَ اللهُ هَادِياً إِلَى الْحَقِّ دَاعِياً إِلَيْهِ). 4. Ya’ yang dibuang dikembalikan ketika Isim Manqush di-tatsniyyah-kan. Contoh (قَاضٍ) menjadi (قَاضِياَنِ). C. Isim Mamdud (الاسم الممدود) Isim
Mamdud adalah Isim mu’rob yang akhirnya berupa hamzah dan sebelumnya
didahului alif zaidah. Contoh : (صَحْرَاءٌ) dan (سَـمَاءٌ). Dari
pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa hamzah dan alif
zaidah/tambahan dapat ditemukan pada akhir Isim Mamdud, jika tidak, maka
Isim tersebut tidak termasuk Isim Mamdud. Contoh: kata (ماءٌ) dan
(داءٌ). Alif yang terdapat pada Isim tersebut bukanlah alif zaidah, akan
tetapi sebagai ganti dari Wawu. Aslinya adalah (موءٌ) dan (دوءٌ). Hal
ini bisa diketahui dengan melihat bentuk Jamak-nya yaitu (أَمْوَاءٌ) dan
(أَدْوَاءٌ). Sedangkan hamzah pada Isim Mamdud, dapat berupa: 1. Hamzah asli. Contoh (وُضَاءٌ) dan (قُرَّاءٌ). 2. Hamzah pengganti dari Wawu dan Ya’. Contoh: (سَمَاءٌ) dan (بِنَاءٌ) asalnya (سَمَاوٌ) dan (بِنَايٌ). 3. Hamzah zaidah untuk Ta’nits. Contoh: (حَسْناَءُ) dan (حَمْرَاءُ) karena keduanya berasal dari (حُسْنٌ) dan (أَحْمَرُ). 4. Hamzah zaidah untuk men-jamak-kan. Contoh: (عُلَمَاَءٌ) dan (شُعَرَاءٌ) bentuk jamak dari (عَالِمٌ) dan (شَاعِرٌ). 5. Hamzah zaidah untuk ilhaq. Contoh: (قُوْبَاءٌ) dan (حِرْبَاءٌ). III. PEMBAGIAN ISIM MAQSHUR A.
Isim Maqshur Qiyasi (الاسم المقصور القياسي), yaitu Isim Maqshur
Musytaq dan ada pada sepuluh macam Isim Mu’tal Akhir, yaitu: 1.
Mashdar dari Fi’il Lazim Naqish/Mu’tal Akhir Wazan (فَعِلَ). Contoh:
(رِضاً) dan (غِنًى) mashdar dari (رَضِيَ) dan (غَنِيَ). 2. Wazan (فِعَلٌ) jamaknya (فِعْلَةٌ). Contoh: (مِرًى) dan (حِلًى) jamak-nya (مِرْيَةٌ) dan (حِلْيَةٌ). 3. Wazan (فُعَلٌ) jamaknya (فُعْلَةٌ). Contoh: (عُراً) dan (دُمًى) jamak-nya (عُرْوَةٌ) dan (دُمْيَةٌ). 4.
Wazan (فَعَلٌ), dari Isim Jinis, yang menunjukkan pada makna jamak
ketika tanpa Ta’, dan menunjukkan Mufrad ketika ada Ta’. Contoh: (قَطاً)
dan (حَصًى) jamak dari (قَطَاةٌ) dan (حَصَاةٌ). 5.
Isim Maf’ul, Isim Makan dan Isim Zaman dari Fi’il Tsulatsi Mazid yang
Naqish/Mu’tal Akhir. Contoh: (مُعْطًى), (مُصْطَفَى) dan (مُسْتَشْفَى). 6.
Wazan (مَفْعَلٌ), yang berbentuk Mashdar Mimi, Isim Zaman dan Isim
Makan, dari fiil naqish/Mu’tal akhir. Contoh: (مَحْياَ), (مَأْتَى) dan
(مَرْقَى). 7. Wazan (مِفْعِلٌ) yang merupakan Isim alat dari Fi’il Naqish/Mu’tal Akhir. Contoh: (مِكْوَى), (مِهْدَى) dan (مِرْمَى). 8.
Wazan (أَفْعَلَ) sebagai sifat untuk Tafdhil. Contoh: (أَدْنَى) dan
(أَقْصَى), atau untuk selain tafdhil. Contoh: (أَحْوَى) dan (أَعْمَى). 9.
Mu’annats-nya (أَفْعَلُ) yang untuk Tafdhil dari Isim Shahih Akhir
atau Mu’tal Akhir. Contoh: (حُسْنَى) dan (دُنْيَا) Mu’annats dari
(أَحْسَنُ) dan (أَدْنَى). 10.
Jamak Taksir Mu’annats dari (أَفْعَلُ) yang untuk Tafdhil.
Contoh: (دُناً) dan (قُصاً) jamaknya (دُنْيَا) dan (قُصْوَى). B.
Isim Maqshur Sima’i (الاسم المقصور السماعي), yaitu Isim yang lafalnya
yang telah datang dalam keadaan berupa Isim Maqshur tanpa melalui Qiyas.
Contoh: (حِجاَ)(فَتَى)(ثَرَى)(سَناَ)(هُدَى) (رَحَى). IV. PEMBAGIAN ISIM MAMDUD (أقسام الاسم الممدود) A. Isim Mamdud Qiyasi (الاسم الممدود القياسي) berada ditujuh macam Isim Mu’tal Akhir, yaitu: 1.
Mashdar dari Fi’il Mazid Mu’tal Akhir yang awalnya berupa hamzah.
Contoh: (إِعْطَاءً)(اِنْجِلاَءً) dan (اِسْتِقْصَاءً) yang merupakan
mashdar dari (أَعْطَى)(اِنْجَلَى) dan (اِسْتَقْصَى). 2.
Mashdar dari Fi’il Naqish Wawi yang mengikuti Wazan (فَعَلَ يَفْعُلُ).
Contoh: (رُغاَءً) dan (دُعَاءً) Isim Mashdar dari (رَغاَ يَرْغُو) dan
(دَعَا يَدْعُو). 3.
Mashdar ber-Wazan (فِعاَلٌ) dari Fi’il Naqish ber-Wazan (فَاعَلَ).
Contoh: (عِدَاءً) dan (نِدَاءً) mashdar dari (عَادَى) dan (ناَدَى). 4.
Mashdar dengan Wazan (تَفْعاَلٌ) atau (تِفْعاَلٌ), dari Fi’il Naqish.
Contoh: (تِعْدَاءً) dan (تِمْشَاءً) Mashdar dari (عَدَا يَعْدُو) dan
(مَشَى يَمْشِي). 5. Sifah Mubalaghah dengan Wazan (فَعَّالٌ) atau (مِفْعَالٌ). Contoh: (عَدَّاءٌ) dan (مِعْطَاءٌ). 6.
Isim yang mempunyai empat huruf yang di-jamak-kan dengan mengikuti
Wazan (أَفْعِلَةٌ). Contoh: (كِسَاءٌ) yang jamak-nya adalah (أَكْسِيَةٌ)
dan (قُباَءٌ) yang jamak-nya adalah (أَقْبِيَةٌ). 7.
Mu’annats-nya (أَفْعَلُ) untuk selain Tafdhil, baik Shahih Akhir.
Contoh: (حَمْرَاءُ), (حَوَّاءُ) dan (أَلْمَى) Mu’annats dari (أَحْمَرُ),
(أَحْوَى) dan (لَمْيَاءُ). B.
Isim Mamdud Sima’i (الاسم الممدود السماعي), yaitu yang selain pada
tujuh tempat di atas, dan hanya bisa diketahui dengan cara dihafalkan
tidak bisa di-Qiyas-kan. seperti (فَتَاءُ) (سَنَاءُ) (غَنَاءُ) dan
(ثَرَاءُ). V. KETENTUAN-KETENTUAN BENTUK TATSNIYAH ISIM GHAIR SHAHIH A. Isim Maqshur (تثنية الاسم المقصور) 1.
Jika dalam suatu kalimat alif berada pada urutan yang ketiga, maka
alif tersebut adalah pengganti dari huruf lain (و danي ), maka ketika
di-tasniyah-kan dikembalikan pada huruf asalnya. Contoh: (رَجَا –
رَجَوَانِ) (فَتَي – فَتَيَانِ). 2.
Apabila alif berada pada urutan yang keempat dan seatasnya, maka
alifnya diganti dengan Ya’. Contoh: (مُعْطًى – مُعْطَيَانِ) (مُصْطفَى –
مُصْطَفَيَانِ) (مُسْتَدْعًى – مُسْتَدعَيَانِ). B. Isim Manqush (تثنية الاسم المنقوص) Bentuk
tatsniyah dari Isim Manqush adalah dengan menampakkan kembali Ya’ yang
sebelum diubah ke dalam bentuk Mutsanna-nya dibuang. Contoh: (مُهْتَدٍ –
مُهْتَدِيَانِ) (قَاضٍ- قَاضِيَانِ). C. Isim Mamdud (تثنية الاسم الممدود) 1. Jika hamzahnya untuk Mu’annats, maka di ganti Wawu. Contoh: (صَحْرَاءٌ – صَحْرَوَانُ) (سَوْدَاءٌ – سَوْدَوَانِ). 2. Jika hamzahnya adalah hamzah asli, maka tetap. Contoh: (قَرّاءٌ – قَرَّاءَانِ) (وَضّاءٌ – وَضَّاءَانِ). 3.
Jika hamzahnya berfungsi untuk me-mulhaq-kan atau pergantian dari
aslinya, maka boleh diganti Wawu atau ditetapkan. Contoh: (علباءٌ –
علباءان / علبوان) (كساءٌ – كساءان/ كساوان). VI. KETENTUAN-KENTENTUAN BENTUK JAMAK ISIM GHAIR SHAHIH A. Isim Maqshur (جمع الاسم المقصور) Bentuk
Jamak dari Isim Maqshur dibuat dengan cara membuang huruf alifnya,
sedangkan harakat Fathah sebelum Wawu (و) atau ya (ي) tetap. Contoh:
(مُصْطَفَى - مُصْطَفِيْنَ/مُصْطَفُوْنَ). B. Isim Manqush (جمع الاسم المنقوص) Huruf
Ya’-nya dibuang dan huruf sebelum Wawu (و) di-dhamah (ketika rafa’),
atau huruf sebelum Ya’ (ي) di-kasrah (ketika Nasab dan Jar). Contoh:
(هادٍ) menjadi (هادِيْنَ / هادُوْنَ). C. Isim Mamdud (جمع الاسم الممدود) 1. Jika hamzahnya berupa hamzah ziyadah lit Ta’nits, maka diganti Wawu (و). Contoh: (زكريّاءُ) menjadi (زكريّاوُوْنَ). 2. Jika hamzahnya asli, maka tetap. Contoh: (قَرَّاءٌ) menjadi (قَرَّائُوْنَ). 3.
Jika hamzahnya merupakan pengganti dari Wawu (و) atau Ya’(ي) atau
untuk me-mulhaq-kan, maka boleh diganti Wawu atau ditetapkan. Contoh:
(رجاءٌ) menjadi (رجاوُوْنَ / رجائوْنَ), (علْباءٌ) menjadi (علباوُوْنَ /
علبائوْنَ).
0 Comments