Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
MASHDAR (المصدر)
(1) Pengertian Mashdar; (2) Macam-Macam & Cara Menyusunnya (Mashdar Fi’il Tiga, Empat, Lima & Enam Huruf); (3) Mashdar Mimi (Shina’i, Sharih & Muawwal); (4) Amal-nya Mashdar (Ketika Menggantikan Fi’il, Ketika Bisa Disiratkan Oleh An + Fi’il atau Maa + Fi’il & Seringkali Mashdar Di-Idhafah-kan Kepada Fa’il-nya dan Setelahnya Adalah Maf’ul Bih Manshub); Soal-Soal Latihan.
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
BAB 14 : MASHDAR (المصدر) I. PENGERTIAN MASHDAR (تعريف المصدر) Mashdar
adalah Isim manshub yang datang pada urutan ketiga dalam Tashrif Fi’il,
yakni jika Fi’il di-Tashrif dua kali, maka setelahnya akan didapati
Mashdar. Mashdar berada pada urutan ketiga setelah mengalami perubahan
dari Fi’il Madhi menuju bentuk Fi’il Mudhari‘ kemudian Mashdar. Contoh:
(ضَرْبًا) (أَكْلاً) (إِكْرَامٌ). II. MACAM-MACAM MASHDAR & CARA MENYUSUNNYA (أنواع المصدر) Mashdar
adalah asal Fi’il dan asal Isim–Isim Musytaq. Fi’il ada yang 3 huruf, 4
huruf, 5 huruf, dan 6 huruf.Masing-masing memiliki Mashdar tersendiri.
Berikut merupakan penjelasan macam-macam Mashdar dan cara menyusunnya. A.
Mashdar Fi’il Tiga Huruf (المصدر الثلاثي). Mashdar Fi’il tiga huruf
tidak memiliki kaidah tertentu, tetapi memiliki bentuk-bentuk yang
beragam tanpa adanya rumusan, hanya diketahui dengan sama’ (mendengar
langsung dari orang arab yang masih fasih) atau merujuk ke kitab bahasa.
Namun ada beberapa Wazan yang biasa dipakai untuk Mashdar Fi’il tiga
huruf diantaranya: 1. Wazan (فِعَالَة), untuk profesi. Contoh: (صِنَاعَة، زِرَاعَة، تِجَارَة). 2. Wazan (فَعَلاَن), untuk menunjukkan kegoncangan. Contoh: (غَلَيَان، دَوَرَان، طَوَفَان). 3. Wazan (فُعْلَة), untuk menunjukkan warna. Contoh: (خُضْرَة, صُفْرَة). 4. Wazan (فُعَال), untuk menunjukkan kepada penyakit dan suara. Contoh: (سُعَال , زُكَام , بُكَاء , نُبَاح). 5. Wazan (فِعَال), untuk menunjukkan kepada penolakan. Contoh: (إِبَاء , نِفَار , عِتَاب , عِيَاذ). 6.
Wazan Fi’il Muta’addi (yaitu Fi’il yang memiliki Maf’ul Bih)
ber-Wazan: (فَعْلٌ). Contoh: (سَمْعٌ، فَتْحٌ، مَنْعٌ، ضَرْبٌ، فَهْمٌ،
رَقْمٌ). 7.
Wazan Fi’il Lazim (yaitu Fi’il yang tidak memiliki Maf’ul Bih)
ber-Wazan: (فُعُوْلٌ). Contoh: (قَعَدَ: قُعُوْدٌ – جَلَسَ:جُلُوْسٌ-
طَلَعَ:طُلُوْعٌ- سَجَدَ:سُجُوْدٌ). Kecuali (قَبِلَ) Mashdar-nya adalah
(قَبُوْلٌ) dengan mem-Fathah-kan (قَ) atas Wazan (فَعُوْلٌ -
فُعُوْلَةٌ). Contoh: (سَهُلَ: سُهُوْلَةٌ – صَعُبَ:صُعُوْبَةٌ-
عَذُبَ:عُذُوْبَةٌ- نَعُمَ:نُعُوْمَةٌ). (فَعَلٌ) Contoh: (فَرِحَ: فَرَحًا
– مَرِحَ:مَرَحًا- شَبِعَ:شَبَعًا- طَرِبَ:طَرَبًا). B.
Mashdar Fi’il Empat Huruf (المصدر الرباعي). Mashdar-Mashdar Fi’il 4
huruf bersifat Qiyasi (memiliki rumusan tertentu) dan Wazan-Wazan-nya
berbeda-beda sesuai bentuk Fi’il-nya. 1.
Apabila Fi’il ber-Wazan (أَفْعَلَ), maka Mashdar-nya ber-Wazan
(إِفْعَالٌ). Contoh: (أَنْكَرَ: إِنْكَارًا – أَكْرَمَ: إِكْرَامًا-
أَبْقَى:إِبْقَاءً). 2.
Apabila Fa’ Fi’il-nya huruf Wawu, maka Wawu diubah menjadi Ya’ ketika
menjadi Mashdar. Contoh: (أَوْقَفَ: إِيْقَافًا – أَوْضَحَ: إِيْضَاحًا-
أَوْرَدَ:إِيْرَادًا). 3.
Adapun apabila Fi”il Mu’tal ‘Ain, maka Mashdar-nya dengan
meng-kasrah-kan huruf pertama dan menambah Ta’ Marbuthah pada akhirnya.
Contoh: (أَقَامَ: إِقَامَةً – أَطَالَ: إِطَالَةً- أَقَالَ:إِقَالَةً). 4.
Apabila Fi’il ber-Wazan (فَعَّلَ), dengan men-tasydid huruf ‘Ain maka
Mashdar-nya ber-Wazan (تَفْعِيْلٌ). Contoh: (دَرَّبَ: تَدْرِيْبًا –
نَسَّقَ: تَنْسِيْقًا- فَوَّضَ:تَفْوِيْضًا). 5.
Apabila Fi’il yang ber-Wazan (فَعَّلَ) Mu’tal akhir, maka Mashdar-nya
ber-Wazan (تَفْعِلَةٌ). Contoh: (زَكَّى: تَزْكِيَةٌ – غَطَّى:
تَغْطِيَةٌ- قَوَّى:تَقْوِيَةٌ). 6.
Apabila Fi’il yang ber-Wazan (فَعَّلَ) Mahmuz akhir, maka Mashdar-nya
ber-Wazan (تَفْعِيْلٌ) atau (تَفْعِلَةٌ). Contoh: (جَزَّأَ:
تَجْزِئً/تَجْزِئَةً – خَطَّأَ: تَخْطِأً/تَخْطِئَةً). 7.
Apabila Fi’il ber-Wazan (فَاعَلَ), maka Mashdar-nya ber-Wazan
(فِعَالٌ) atau (مُفَاعَلَةً). Contoh: (قَاتَلَ: قِتَالاً/مُقَاتَلَةً –
حَاسَبَ: حِسَابًا/مُحَاسَبَةً- خَاصَمَ:خِصَامًا/مُخَاصَمَةً). 8.
Apabila Fi’il ber-Wazan (فَعْلَلَ), maka Mashdar-nya ber-Wazan
(فَعْلَلَةٌ) atau (فِعْلاَلٌ). Contoh: (زَحْرَفَ: زِحْرَافٌ/زَحْرَفَةً –
زَلْزَلَ: زِلْزَالٌ/زَلْزَلَةً- دَحْرَجَ:دِحْرَاجًا/دَحْرَجَةً). C.
Mashdar Fi’il Lima dan Enam Huruf (المصدر الخماسي والسداسي).
Mashdar–Mashdar Fi’il Khumasi dan Sudasi huruf juga bersifat Qiyasi
(memiliki rumusan tertentu). 1.
Apabila Fi’il Khumasi dan Sudasi huruf diawali dengan hamzah washal,
maka Mashdar-nya ber-Wazan seperti Fi’il Madhi dengan meng-kasrah-kan
huruf ke 3 dan menambahkan alif sebelum huruf akhir. Contoh:
(اِجْتَمَعَ: اِجْتِمَاعًا – اِنَدَفَعَ: اِنْدِفَاعًا-
اِسْتَقْبَلَ:اِسْتِقْبَالاً). 2.
Apabila Fi’il-nya diawali dengan Ta’ tambahan, maka Mashdar-nya
ber-Wazan seperti Fi’il Madhi dengan men-dhammah-kan huruf sebelum
akhir. Contoh: (تَقَدَّمَ: تَقَدُّمًا – تَعَلَّمَ: تَعَلُّمًا-
تَدَحْرَجَ:تَدَحْرُجًا). D. Mashdar Sima’i. Contoh: 1. Lafaz (سُخْطٌ) dan (رِضًا) mengikuti wazan (فَعِلٌ) dan maknanya lazim, maka wazan qiyasi-nya adalah (فَعْلٌ) 2. Lafaz (ذِهَاب) aslinya mashdar qiyasi-nya adalah (فَعِيْلٌ) 3. Lafaz (شُكْرَان) mengikuti wazan (فعلان ), maka semestinya wazan qiyasi-nya adalah (فُعْلٌ) III. MASHDAR MIMI (المصدر الميمي) Mashdar
Mimi adalah Mashdar yang diawalai dengan mim tambahan dan memberikan
makna Mashdar itu sendiri. Mashdar Mimi dibentuk dari Fi’il tiga huruf
dengan Wazan (مَفْعَلٌ). Contoh: (عَرَضَ رَأْيَةً مَعْرَضًا), yakni
(عَرَضًا مَنْطِقِيًّا). kecuali jika Fi’il awalnya adalah huruf illat,
maka dibentuk dengan Wazan (مَفْعِلٌ), Contoh: (لَقَدْ كَانَ لِكَلاَمِهِ
مَوْقِعٌ حَسَنٌ). Apabila Fi’il-nya bukan tiga huruf, maka Mashdar Mimi
ber-Wazan seperti Wazan Mudhari’-nya dengan menukar huruf mudhara’ah
menjadi mim dhammah dan huruf sebelum terakhir di-fathah-kan. Contoh:
(قُلْتُ لَهُ: إِلَى مُلْتَقَى) yaitu (الْاِلْتِقَاء). Terkadang pula
Mashdar Mimi diberi Ta’ Marbuthah pada akhirnya. Contoh: (مَفْسَدَةٌ،
مَحَبَّةٌ، مَوْعِظَةٌ، مَنْفَعَةٌ). A.
Mashdar Shina’i (المصدر الصناعي), yaitu Isim yang dibei Ya’ nashab
setelah Ta’ Ta’nits untuk menunjukkan makna Mashdar. Contoh:
(إِنْسَنِيَّةٌ – إِشْتِرَاكِيَّةٌ – حُرِّيَّةٌ – وَطَنِيَّةٌ –
مَسْؤُوْلِيَّةٌ – وَحْشِيَّةٌ).1.
Isim Mashdar Marrah (اسم المرة), yaitu Mashdar yang menunjukkan kepada
kejadian sesuatu sekali. Isim Marrah ber-Wazan (فَعْلَةً) apabila tiga
huruf, dan ber-Wazan Mashdar dengan menambahkan Ta’ pada akhirnya
apabila lebih dari tiga huruf. Contoh: (أَكَلْتُ أَكْلَةً) (ضَرَبْتُ
ضَرْبَةً) (اِنْطَلَقَ اِنْطِلاَقَةً) (أَكْرَمْتُهُ إِكْرَامَةً).2.
Isim Mashdar Hai’ah (اسم الهيئة) atau Mashdar Nau’ (مصدر النوع), yaitu
Mashdar yang menunjukkan kepada keadaan Fi’il ketika terjadi. Isim
Hai’ah ber-Wazan (فِعْلَةً) apabila tiga huruf, dan tidak mempunyai
bentuk yang baku untuk selain tiga huruf. Contoh: (نَظَرْتُ إِلَيْهِ
نِظْرَةَ الْحَائِرِ) (جَلَسْتُ جِلْسَةَ الْعُلَمَاءِ).B.
Mashdar Sharih dan Mashdar Muawwal (المصدر الصريح والمؤول). Terkadang
Mashdar disebutkan dengan lafaznya ketika dalam suatu kalimat. Kemudian
dinamakan Mashdar Sharih (sebagimana dalam contoh-contoh yang lalu).
Terkadang juga tidak disebutkan dengan lafaznya, tetapi bisa dipahami
dari susunan kalimat. Ketika itu dinamakan Mashdar Muawwal. Mashdar
Muawwal terdiri dari: 1. An dan Fi’il (أَنْ + فِعْل). Contoh: (أُرِيْدُ أَنْ أُقَابِلَكَ) asalnya adalah (أُرِيْدُ مُقَابَلَتَكَ). 2. Maa dan Fi’il (مَا + فِعْل). Contoh: (يَسُرُّنِيْ مَا عَمِلْتَ) asalnya adalah (يَسُرُّنِيْ عَمَلُكَ). 3. Anna dan Jumlah Ismiyyah (أَنَّ + اِسْمُهَا+خَبَرُهَا). Contoh: (هَدَفَهُ أَنَّهُ يَنْجَحُ فِيْ الْاِمْتِحَانِ) asalnya adalah (هَدَفَهُ نَجَاحُهُ فِيْ الْاِمْتِحَانِ). IV. AMAL-NYA MASHDAR (عمل المصدر) Mashdar
bisa beramal seperti amal Fi’il-nya, yaitu me-rafa’-kan Fa’il atau
me-nashab-kan Maf’ul Bih. Mashdar ini bisa beramal seperti Fi’il pada
dua tempat: A. Ketika menggantikan Fi’il. Contoh: (تَرْكًا الْإِهْمَالَ) artinya (اُتْرُكِ الْإِهْمَالَ). (الْإِهْمَالَ) adalah Maf’ul Bih bagi Mashdar dan manshub dengan Fathah. B. Ketika bisa disiratkan oleh (أَنْ+فِعْل) atau (مَا+فِعْل). Contoh: (عَجِبْتُ مِنْ شُرْبِ زَيْدٍ الْعَسَلَ).
Kita juga bisa meletakkan (أَنْ+فِعْل) pada posisi Mashdar kemudian
kita katakan (عَجِبْتُ مِنْ أَنْ يَشْرَبَ زَيْدٌ الْعَسَلَ). Kata
(الْعَسَلَ) di-i’rab sebagai Maf’ul Bih bagi Mashdar. C.
Seringkali Mashdar di-idhafah-kan kepada Fa’il-nya dan setelahnya
adalah Maf’ul Bih manshub, sebagaimana pada contoh yang telah lewat.
Secara lafaz, Fa’il-nya majrur sedangkan sedangkan secara kedudukan
Fa’il-nya marfu’. (عَجِبْتُ) adalah Fi’il Madhi Mabni, Ta’ adalah Fa’il,
(مِنْ) adalah huruf jar, (شُرْبِ) adalah Mashdar majrur dengan
(زَيْدٍ). (مِنْ) adalah Fa’il bagi Mashdar. Kata (شُرْبِ) adalah majrur
secara lafaz namun marfu’ secara kedudukan. (الْعَسَلَ) adalah Maf’ul
Bih bagi Mashdar, manshub dengan tanda Fathah.
0 Comments