Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
MUBTADA’ &
KHABAR (المبتدأ
والخبر)
(1) Pengertian Mubtada’
& Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak
Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3)
Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan
Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib
Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8)
Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal
Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11)
Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.
Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
PEMBAHASAN ILMU NAHWU TERLENGKAP (klik disini)
##########
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
Artikel Bebas - Tafsir - Ulumul Qur'an - Hadis - Ulumul Hadis - Fikih - Ushul Fikih - Akidah - Nahwu - Sharaf - Balaghah - Tarikh Islam - Sirah Nabawiyah - Tasawuf/Adab - Mantiq - TOAFL
##########
BAB 13 : MUBTADA’
& KHABAR (المبتدأ والخبر) I. PENGERTIAN MUBTADA’ & KHABAR (تعريف
المبتدأ والخبر) Mubtada’ adalah isim yang berada di awal
kalimat, bentuknya ma’rifah, ber-i’rab rafa’ dan tidak ada amil lafdzi
yang masuk kepadanya. Khabar adalah isim atau kalimat yang disandarkan
kepada mubtada’ yang dapat menyempurnakan makna mubtada’ dan khabar
bentuknya nakirah. Kalimat yang terdapat mubtada’ dan khabar disebut
dengan jumlah ismiyyah. II. PEMBAGIAN MUBTADA’ & KHABAR (أقسام
المبتدأ والخبر) A. Mubtada’ dibagi menjadi dua macam: 1. Mubtada’ yang
Memiliki Khabar, yaitu Khabar-nya berupa:
i. Mubtada’ berupa isim Ma’rifah, yaitu: a.
Mu’rab/Zhahir. Contoh: (الْوَلَدُ نَشِيْطٌ) (اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ) b.
Isim Maushul. Contoh: (الَّذِى يتَكَلَّمُ الُّلغَةَ الْعَرَبِيَّةَ
سَلِسًا طَالِبٌ مِثًالِى) c. Isim Isyarah. Contoh: (هَذَا كِتَابٌ) d.
Isim Dhamir. Contoh: (أَنَا طَالِبَةٌ) e. Isim ‘Alam. Contoh:
(أَحْمَدُ ذَكِيٌّ) (عَلِىٌّ أمَامَ الْفَصْلِ) (أَمْرِيْكَا بلَدَةٌ
كَبِيْرَة) f. Mudhaf. Contoh: (كِتَابُ المُدَرِّسِ جَدِيْدٌ)
(مَكْتَبُ مُدَرَّسَةِ الْفِقْهِ مُسْتَطِيْل)
ii. Mubtada’ berupa Isim Nakirah, yaitu: a. Isim
Maushuf/kata benda yang memiliki sifat. Contoh: (طَالِبٌ ذكَِىٌّ
حَاضِرٌ) b. Isim Mudhaf yang bermakna pengkhususan bukan Mudhaf
Ma’rifah. Contoh: (خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ الله) c. Isim
Istifham/kata tanya. Contoh: (مَنْ حَضَرَ فِى الْفَصْلِ) d. Khabar-nya
terdiri dari Syibhul Jumlah Jar Majrur atau Zharaf yang didahulukan dari
Mubtada’. Contoh: (فِى الدَّارِ وَلَدَانِ) e. Khabar itu lebih
ditekankan dalam kalimat dari pada mubtada’ dengan cara menggunakan kata
sesungguhnya ( إِنَّمَا ) atau huruf nafi ( النَّفْىُ ) berpasangan
dengan huruf ‘kecuali’ ( إِلا ). Contoh: (إِنَّمَا رَجُلٌ مُسَافِرٌ) dan
(مَا عارِفٌ الْأمْرَ إلاَّ طَبِيْبٌ ) f. Mubtada’-nya terdiri dari
isim yang menunjukkan arti do’a. Contoh: (سَلَامٌ عَلَى إَبْرَاهِيْمَ)
g. Mubtada’-nya terdiri dari isim yang menunjukkan arti sebahagian yang
dilambangkan dengan kata (بعَضٌ) dan keseluruhan yang dilambangkan
dengan kata (كُل). Contoh: (رَأَيْتُ التَّلاَمِيْذَ بعَْضٌ قَارِئٌ وَ
بعَضٌ كَاتِبٌ) h. Mubtada’-nya dimasuki lam ibtida’ (لام الابتداء).
Contoh: (لَمُؤْمِنٌ شَاكِرٌ وَ صَابِرٌ) i. Jumlah ismiyah itu
diawali dengan kata ‘tiba-tiba’ yang dilambangkan dengan (إِذَا
الْفَجَائِيَّة) maka kadang kala mubtada’nya nakirah. Contoh: (دَخَلْتُ
الصَّفَّ فَإِذَا وَلَدٌ وَاقِفٌ) j. Jumlah ismiyah itu berkedudukan
sebagai hal (الجُمْلَةُالحَالِيَّة), maka kadang-kadang mubtada’nya
terdiri dari isim nakirah. Contoh: (كِبْتُ السَّ يَّارَةَ وَ ضَوْء
يرُشِدُنِى) k. Ma’ ( مَا ) nakirah yang berarti heran ( مَا
التَّعَجُّبِيَّة ). Contoh: (مَا أَحْسَنَ الْمَنَاظِرَ)
iii. Mashdar Muawwal, yaitu gabungan dari huruf
mashdar an ( أنْ ) dengan fi’il sesudahnya yang takwil menjadi mashdar
sehingga ia dapat menempati posisi ‘irab sesuai dengan amil yang
mempengaruhinya misalnya berposisi sebagai Mubtada’. Contoh: (أنْ
تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ). Kalimat (أنْ تَصُوْمُوْا) adalah mashdar
muawwal fi mahalli raf’in mubtada’. 2. Mubtada’ yang tidak memiliki
Khabar, tetapi Kahbar-nya ditempati oleh Fa’il yang sudah mencukupi dari
penyebutan sebuah Khabar (الفاعل يسد مسد الخبر). Contoh: (أَسَارٍ
ذَانَ). Kata pertama adalah Mubtada’, dan yang kedua sebagai Fa’il yang
menempai tempatnya Khabar. Syarat Mubtada’ yang seperti ini adalah:
i. Mubtada’-nya didahului oleh
Istifham, baik berupa isim atau huruf. Contoh: (أَسَارٍ ذَانَ) dan
(كَيْفَ جَالِسُ العَمْرَانِ؟).
ii. Mubtada’-nya didahului oleh Nafi, baik berupa Huruf (مَا قَائِمٌ
الزَيْدَانِ), Fa’il (لَيْسَ قَائِمٌ الزَيْدَانِ), atau Isim (غَيْرُ
قائمٍ الزَيْدَانِ). a. Peringatan: Jika tidak didahului oleh Istifham
dan Nafi, maka tidak boleh dijadikan Fa’il Sadda Masadda Khabar, tetapi
disusun menjadi Mubtada’ dan Khabar. Contoh: (فَائِزٌ أُوْلُوْ
الرَشَدِ). iii. Lafaz sebelum
Mubtada’ berupa Isim Sifah yang me-rafa’-kan Isim Zahir (أَقَامَ
الزَيْدَانِ) atau Dhamir Munfashil (أَقَائِمٌ أَنْتًمَا). a.
Peringatan: Jika Isim Sifah-nya tidak me-rafa’-kan Dhamir Mustatir, maka
dijadikan Khabar. Seperti: (مَا زَيْدٌ قَائِمٌ وَلَا قَاعِدٌ) b.
Peringatan: Tidak ada bedanya di dalamnya Isim Sifah yang dijadikan
Fa’il, antara Isim Fa’il (أَقَائِمٌ الزَيْدَان), Isim Maf’ul (مَا
مَضْرُوْبٌ الزيدان), Isim Sifah Musabbihat (أَحَسَنٌ الزيدان), Af’alu
Tafdhil (هَلْ أَحْسَنُ فِي عَيْنِ زَيْدٍ الكُحْلُ مِنْهُ فِي عَيْنِ
غَيْرِهِ), Isim yang kemasukan Ya’ Nisbat (وَمَا قُرَشِيٌّ الزيدان) dan
lafaz yang di-takwil dengan Isim Sifah (أَذُوْ مَالٍ العَمْرَان). B.
Khabar terbagi menjadi dua macam: 1. Khabar Mufrad, adalah khabar yang
terdiri dari satu kata. Contoh: (هَذَا كِتَابٌ) (اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ).
Dibagi menjadi dua, yaitu: i.
Khabar Mufrad Jamid. Contoh: (زَيْدٌ أَخُوْكَ)
ii. Khabar Mufrad Musytaq a. Isim Fa’il. Contoh:
(زَيْدٌ جَالِسٌ) b. Isim Maf’ul. Contoh: (زَيْدٌ مَضْرُوْبٌ) c. Isim
Sifah Musyabbihat. Contoh: (زَيْدٌ حَسَنٌ) d. Af’alu Tafdhil. Contoh:
(عُمَر أَفْضَلُ مِنْ زيد) 2. Khabar Ghair Mufrad yang terdiri menjadi
dua macam: i. Jumlah
Ismiyyah. Contoh: (مُحَمَّدٌ خُلُقُهُ حَسَنٌ) (أَحْمَدُ أَبُوْهُ
مُدَرِّسٌ) ii. Jumlah
Fi’liyyah. Contoh: (اَلْعُلُوْمُ تَكْثُرُ فَوَائِدُهَا) (أَحْمَدُ
يَقْرَأُ اْلقُرْأَنَ) iii.
Syibhul Jumlah a. Jar Majrur. Contoh: (اَلْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ)
(أَنَا فِيْ بَيْتِيْ) b. Zharaf. Contoh: (بَيْتِيْ أَمَامَ
الْمَدْرَسَةِ) (اَلْمَسْجِدُ وَرَاءَ بَيْتِيْ) III. KETENTUAN-KETENTUAN
MUBTADA’ & KHABAR (ضوابط المبتدأ والخبر) A. Mubtada’ & Khabar
merupakan isim-isim marfu’. Hal ini terlihat jelas apabila mubtada’ dan
khabar berasal dari isim mu’rab. Adapun apabila keduanya berupa isim
mabni atau jumlah, maka keduanya “fi mahal marfu” atau berada di tempat
marfu. Contoh: (اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ) (الطَّالِبَانِ نَشِيْطَانِ) B.
Mubtada’ dan khabar harus selalu sesuai jenisnya (mudzakkar dan
mu’annats). Mubtada’ dan khabar juga harus muthabaqah dalam hal nau’-nya
atau sama dalam mudzakkar dan mu’annats-nya. Artinya apabila
mubtada’-nya mudzakkar, maka khabar-nya tidak boleh muannnats, begitu
juga sebaliknya. Contoh: (الْمَدْرَسَةُ وَسِيْعَةٌ) (هَذَا قَلَمٌ) C.
Mubtada’ dan khabar harus sesuai bilangannya (mufrad, mutsanna dan
jamak). Contoh: (الْمَدْرَسَةُ وَسِيْعَةٌ) (الطَّالِبَانِ نَشِيْطَانِ)
(الْمُسْلِمُوْنَ صَالِحُوْنَ) D. Mubtada’ adalah ma’rifah dan khabar
adalah nakirah. Contoh: (هَذَا قَلَمٌ) (الْمُسْلِمُوْنَ صَالِحُوْنَ) E.
Mubtada’ boleh dari nakirah apabila: 1. Isim yang disifati. Sifat
dalam hal ini dibagi tiga, yaitu:
i. Sifat Lafzi. Contoh: (رَجُلٌ كَرِيمٌ عِنْدَنَا).
ii. Sifat Taqdiri. Contoh: (وَطَائِفَةٌ قَدْ
أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ). Taqdir-nya (طَائِفَةٌ مِنْ غَيْرِكُمْ)
iii. Sifat Maknawi 1. Isim Nakirah
berupa Shighah Tashghir. Contoh: (رُجَيْلٌ عِنْدَنَا) taqdir-nya (رَجُلٌ
صَغْيْرٌ) 2. Isim Nakirah menunjukkan Ta’ajjub. Contoh: (مَا أَحْسَنُ
زَيْدٌ) taqdir-nya (شَيْءٌ عَظِيْمٌ حَسَنٌ زَيْدًا) 2. Isim yang
di-idhafah-kan ke isim nakirah. Contoh: (طَالِبُ إِحْسَانٍ حَاضِرٌ) 3.
Didahului Huruf Jar Majrur/Zharaf/Mubtada’-nya diakhirkan. Contoh: (فِي
الْمَسْجِدِ رَجُلٌ) 4. Didahului huruf nafi’. Contoh: (مَا ظَالِمٌ
نَاجِحٌ) 5. Didahului istifham. Contoh: (هَلْ رَجُلٌ فِيكُمْ؟) 6. Isim
Nakirah-nya yang Beramal. i.
Yang me-rafa’-kan. Contoh: (ضَرْبٌ الزَيْدَان حَسَنٌ)
ii. Yang me-nashab-kan. Contoh: (رَغْبَةٌ فِي
الخَيْرِ خَيْرٌ) iii. Yang
men-jar-kan. Contoh: (خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ) 7. Isim
Nakirahnya sebagai Syarat. Contoh: (مَنْ يَقُمْ أَقُمْ مَعَهُ) 8. Isim
Nakirahnya sebagai Jawab. Contoh: (مَنْ عِنْدَكَ؟ رَجُلٌ) taqdir-nya
(رَجُلٌ عِنْدِي) 9. Isim Nakirahnya yang Ammah. Contoh: (كُلُّ
يَمُوْتُ) 10. Isim Nakirahnya disengaja untuk Tanwi’
(Membagi macamnya Perkata). Contoh: (فَأَقْبَلْتُ رَحْفًا الرَكْبَتَيْنِ
# فَثَوْبٌ لَبِسْتُ وَثَوْبٌ أُخَر)11.
Isim Nakirahnya sebagai Doa. Contoh: (سَلَاٌم عَلَى آلِ
يَاسِيْنَ) 12. Isim Nakirahnya Terdapat Makna Ta’ajjub.
Contoh: (مَا أَحْسَنُ زَيْدًا) 13. Isim Nakirahnya
mengganti dari Maushuf. Contoh: (مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ كَافِرٍ) 14.
Isim Nakirahnya di dalam Makna Mahshur/Meringkas/Mengkhususkan
hukum pada sesuatu. Contoh: (شَيْءٌ جَاءَ بِكَ) taqdir-nya (مَا جَاءَ
بِكَ إِلَّا شَيْءٌ) 15. Isim Nakirah yang di-tashghir.
Contoh: (رُجَيْلٌ عِنْدَنَا) 16. Sebelum Isim Nakirah
terdapat Wawu Haal. Contoh: (سَرَيْنَا وَنَجْمٌ قَدْ أَضَاءَ فَمُذَّ
بَذَا # مَحَيَّاكَ أَحْقَى ضَوْؤُهُ كُلَّ شَارَقٍ)17.
Isim Nakirahnya di-athaf-kan pada Isim Ma’rifah. Contoh:
(زَيْدٌ وَرَجُلٌ قَائِمَانِ) 18. Isim Nakirah-nya
di-athaf-kan pada Sifah. Contoh: (تَمِيْمِيٌّ وَرَجُلٌ فِي الدَارِ) 19.
Isim Nakirah-nya di-athaf-kan dengan Maushuf. Contoh:
(رَجُلٌ وَامْرَأَةٌ طَوِيْلَةٌ فِي الدَارِ) 20. Isim
Nakirah-nya Mubham. Contoh: (أَيَا هِنْدٌ لَاتَنْكَحِي بُوْهَةً #
عَلَيْهِ عَقِيْقَتُهُ أَحْسَبَا) (مُرَسَّعَةٌ بَيْنَ أَرْسَاغِهِ # بِهِ
غَسَمَّ يَبْتَفِى أَرْنَبَا).
Maksudnya lelaki penakut. Lafaz (مرسعة) dijadikan Mubtada’ karena
maknanya mubham/samar. 21. Isim Nakirahnya terletak setelah
(لولا). Contoh: (لَوْلَا اِصْطِبَارَ لَأَوْدَى ذِي مِقَةٍ # لَمَّا
اسْتَقَلَتْ مَطَايَاهُنَّ لِلظَّعَنِ).
Mubtada’-nya adalah (اصطبار) 22. Isim Nakirahnya terletak
setelah Fa’ Jawab/Jaza. Contoh: (إِنْ ذَهَبَ عَمْرٌ فَعَمْرٌ فِي
الرِبَاطِ) 23. Isim Nakirahnya kemasukan Lam Ibtida’.
Contoh: (لَرَجُلٌ قَائِمٌ) 24. Isim Nakirahnya terletaak
setelah Kam Khabariyyah. Contoh: (كَمْ مِنْ أَبٍ لِي يَا جَرْيْرُ
كَأَنَّهُ # قَمَرُ المَحَرَّةِ أَوْ سِرَاجُ نَهَارِ)F.
Apabila mubtada’-nya adalah jamak ghair aqil maka khabar-nya isim
mufrad mu’annats. Contoh: (الْمَسَاجِدُ وَسِيْعَةٌ) (الْبُيُوْتُ
جَمِيْلَةٌ) G. Khabar boleh banyak jumlahnya dalam susunan kalimat
ismiyyah. Contoh: (خَالِدٌ مُجْتَهِدٌ جَمِيْلٌ نَاجِحٌ) H. Kaidah dasar
mubtada’ dan khabar adalah kedudukan mubtada’ terlebih dahulu kemudian
khabar. Contoh: (أَبُوْكَ مَاهِرٌ) (الْمُسْلِمَةُ صَالِحَةٌ) IV. PERIHAL
WAJIB MENDAHULUKAN MUBTADA’ (تقديم المبتدأ على الخبر وجوبًا) A. Khabar
mahshuran, yaitu mengkhususkan mubtada’ kepada makna khabar dengan
lafaz (إِلَّا) atau (إِنَّمَا). Contoh: (مَا أَنَا إِلَّا طَالِبٌ)
(إِنَّمَا أَنَا طَالِبٌ) B. Mubtada’ berasal dari isim yang harus di
depan kalimat. Isim yang harus di depan kalimat adalah: isim itifham,
isim syarat dan (مَا) Ta’ajjub. Contoh: (مَنْ أَفْضَلُ الطُّلّابِ؟) C.
Khabar berupa jumlah fi’liyyah dan Fa’il-nya adalah dhamir yang kembali
ke mubtada’. Contoh: (مُحَمَّدٌ جَاءَ) D. Mubtada’ dibarengi dengan lam
taukid. Contoh: (لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ) E. Jika
masing-masing dari mubtada’ dan khabar berupa isim ma’rifah atau isim
nakirah, dan disitu tidak terdapat qarinah yang mewajibkan pada salah
satunya, sehingga mubtada’ didahulukan karena mengkhawatirkan terjadinya
kesamaran musnad dengan musnad ilaih. Contoh: (بَيْتِيْ جَنَّتِيْ) F.
Mubtada yang menyerupai isim syarat. Contoh: (الَّذِي یَفُوْزُ فَلَهُ
جَائِزَةٌ) G. Isim tersebut haruslah disandarkan kepada isim yang
menempati posisi dan kedudukan kata pendahuluan. Contoh: ( عَمَلٌ مَنْ
أَعْجَبَكَ ) V. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENDAHULUKAN MUBTADA’ (تقديم المبتدأ
على الخبر جوازًا) A. Apabila hendak menonjolkan makna khabar. Contoh:
(مَمنُوعٌ التَّدْخِينُ) B. Apabila mubtada` dan khabar didahului oleh
huruf nafi atau istifham dan khabar-nya berupa sifat. Contoh: (أَقَائِمٌ
أَنْتَ؟) C. Apabila khabar berupa syibhu jumlah dan mubtada`nya
ma`rifah. Contoh: (فِي التَّعَنِّي السَّلَامَةُ) VI. PERIHAL WAJIB
MENGHILANGKAN MUBTADA’ (حذف المبتدأ وجوبًا) A. Apabila mubtada ikut
kepada sifat yang marfu’ dengan tujuan memuji atau menghina atau sebagai
rasa iba dan sayang. Contoh: (مَرَرْتُ بِزَيْدٍ الكَرِيْمُ) asalnya
(مَرَرْتُ بِزَيْدٍ هُوَ الكَرِيْمُ). Contoh lain: (اِبْتَعِدْ عَنِ
اللَئِيْمِ الخَبِيْثِ) asalnya (اِبْتَعِدْ عَنِ اللَئِيْمِ هُوَ
الخَبِيْثُ). B. Jika menunjukkan jawaban terhadap sumpah. Contoh: (فِي
ذِمَّتِي لَأَقُوْلُنَّ الصِدْقَ) asalnya (فِي ذِمَّتِي عَهْدٌ
لَأَقُوْلُنَّ الصِدْقَ) C. Jika khabar-nya adalah mashdar yang
mengganti fi’il-nya. Contoh: (صَبْرٌ جَمِيْلٌ) asalnya (صَبْرِي صَبْرٌ
جَمِيْلٌ). D. Jika khabar-nya dikhususkan pada pujian atau cercaan
setelah kata ni’ma (نعم) dan bi’sa (بئس) dan terletak diakhir. Contoh:
(نِعْمَ الطَالِبُ مُحَمَّدٌ) asalnya (نِعْمَ الطَالِبُ هُوَ مُحَمَّدٌ).
Contoh lain: (بِئْسَ الطَالِبُ الكَسُوْلُ) asalnya (بِئْسَ الطَالِبُ
هُوَ الكَسُوْلُ). E. Mubtada’-nya terletak setelah Fa sebagai jawaban
dari syarat. Contoh: (وَإِنْ يُخَالِطُوْهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ) asalnya
(وَإِنْ يُخَالِطُوْهُمْ فَهُمْ إِخْوَانُكُمْ). F. Mubtada’ juga
kebanyakan dihilangkan jika terletak setelah kata qaul (berkata).
Contoh: (قَالُوْا أَضْغَاتُ أَحْلَامٍ - قَالُوْا هِيَ أَضْغَاتُ
أَحْلَامٍ) (وَقَالَتْ عَجُوْزٌ عَقِيْمٌ - وَقَالَتْ أَنَا عَجُوْزٌ
عَقِيْمٌ) VII. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENGHILANGKAN MUBTADA’ (حذف المبتدأ
جوازًا) A. Sebagai jawaban atas pertanyaan orang yang bertanya. Contoh:
(كَيْفَ مُحَمَّدٌ؟ بِخَيْرٍ - كَيْفَ مُحَمَّدٌ؟ هُوَ بِخَيْرٍ) B.
Apabila ada kalimat atau kata yang menunjukkan tentangnya sendiri.
Contoh: (مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاءَ فَعَلَيْهَا -
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَعَمَلُهُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاءَ فَإِسَاءَتُهُ
عَلَيْهَا) VIII. PERIHAL WAJIB MENDAHULUKAN KHABAR & MENGAKHIRKAN
MUBTADA’ (تقديم الخبر على المبتدأ وجوبًا) A. Mubtada’ berupa isim
nakirah ghair mufidah dan khabar-nya zharaf atau jar-majrur. Contoh:
(فِى الْبَيْتِ رَجُلٌ) B. Khabar berupa isim istifham atau
di-idhafah-kan pada isim istifham. Contoh: (كَيْفَ حَالُكَ؟) C. Ada
dhamir pada mutada’ yang kembali kepada khabar. Contoh: (فِي الدَّارِ
صَاحِبُهَا) D. Khabar diringkas dalam mubtada’, yaitu ketika mubtada’
bersamaan dengan (اِلاَّ) atau (إِنَّمَا). Contoh: (مَا خَالِقٌ اِلاَّ
اللهُ) IX. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENDAHULUKAN KHABAR (تقديم الخبر على
المبتدأ جوازا) A. Boleh mendahulukan khabar (khabar muqaddam) atau
mengakhirkannya. Contoh: (مَمْنُوْعٌ التَّدْخِیْنُ) bisa juga dibalik
(التَّدْخِیْنُ مَمْنُوْعٌ). B. Apabila Khabar-nya sebagai pengkhusussan
setelah lafaz Ni’ma (نعم) dan Bi’sa (بئس). Contoh: (نِعْمَ الرَجُلُ
مُحَمَّدٌ) dan (بِئْسَ العَمَلُ الخِیَانَةُ) X. PERIHAL WAJIB
MENGHILANGKAN KHABAR (حذف الخبر وجوبًا) A. Apabila mubtada-nya adalah
isim yang sharih yang menunjukkan pada sumpah. Contoh: (لَعَمْرُكَ
لِأَشْهَدَنَّ الحَقَّ) asalnya (لَعَمْرُكَ قَسَمِي لَأَشْهَدَنَّ
الحَقَّ). B. Khabar-nya menunjukkan pada sifat yang mutlak artinya
sifat tersebut menunjukkan akan keberadaan dari sesuatu, dan hal itu
terdapat pada kata yang bergandengan dengan jar majrur atau dzarf.
Contoh: (المَاءُ فِي الإِبْرِيْقِ) asalnya (المَاءُ مَوْجُوْدٌ فِي
الإِبْرِيْقِ). C. Apabila mubtada’-nya terletak setelah lau la (لولا)
maka khabar-nya yang berarti keberadaan pun wajib dihilangkan. Contoh:
(لَوْلَا اللهُ لَصَدَمَتِ السَيَّارَةُ الطِفْلَ) asalnya (لَوْلَا اللهُ
مَوْجُوْدٌ لَصَدَمَتِ السَيَّارَةُ الطِفْلَ) D. Jika mubtada’-nya
adalah mashdar atau isim tafdhil yang disandarkan pada mashdar dan
setelahnya bukanlah khabar melainkan hal yang menduduki tempatnya
khabar. Contoh: (أَفْضَلُ صَلَاةِ العَبْدِ خَاشِعًا) asalnya (أَفْضَلُ
صَلَاةِ العَبْدِ عِنْدَ خُشُوْعِهِ). E. Khabar-nya terletak setelah
huruf Wau (واو) yang berarti dengan/bersama (مع). Contoh (كُلُّ طَالِبٍ
وَزَمِيْلِهِ) asalnya (كُلُّ طَالِبٍ مَعَ زَمِيْلِهِ). XI. PERIHAL
BOLEH/JAIZ MENGHILANGKAN KHABAR (حذف الخبر جوازًا) A. Apabila terletak
setelah (إذا الفجائية) ketiba-tibaan. Contoh: (خَرَجْتُ فَإِذَا
الأَسَدُ) asalnya (خَرَجْتُ فَإِذَا الأَسَدُ حَاضِرٌ) artinya saya
keluar tiba-tiba ada harimau, (وَصَلْتُ فَإِذَا المَطْرُ) asalnya
(وَصَلْتُ فَإِذَا المَطَرُ مُنْهَمِرٌ) artinya saya sampai tiba-tiba
hujan. B. Apabila ada dalil yang menjelaskannya maka khabar pun boleh
dihilangkan, yang dapat ditemukan pada jawaban dari pertanyaan. Contoh:
(مَنْ غَائِبٌ؟ عَلِيٌّ) asalnya (مَنْ غَائِبٌ؟ عَلِيٌّ غَائِبٌ) C.
Apabila jumlah ismiyyah mengikuti (athf) pada jumlah ismiyyah yang tidak
dihilangkan khabar-nya, maka boleh menghilangkan khabar pada jumlah
ismiyyah yang ma’thuf. Contoh: (مُحَمَّدٌ مُجْتَهِدٌ وَأَحْمَدُ) asalnya
(مُحَمَّدٌ مُجْتَهِدٌ وَأَحْمَدُ مُجْتَهِدٌ)
0 Comments