BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto


Kursus Bimbingan Belajar Bahasa Arab Ilmu Nahwu, Sharaf, I'rab & TOAFL


MUBTADA’ & KHABAR (المبتدأ والخبر)

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.

(1) Pengertian Mubtada’ & Khabar; (2) Pembagian Mubtada’ (Yang Memiliki Khabar & Yang Tidak Memiliki Khabar) & Khabar (Khabar Mufrad & Ghair Mufrad); (3) Ketentuan-Ketentuan Mubtada’ & Khabar; (4) Perihal Wajib Mendahulukan Mubtada’; (5) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Mubtada’; (6) Perihal Wajib Menghilangkan Mubtada’; (7) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Mubtada’; (8) Perihal Wajib Mendahulukan Khabar & Mengakhirkan Mubtada’; (9) Perihal Boleh/Jaiz Mendahulukan Khabar; (10) Perihal Wajib Menghilangkan Khabar; (11) Perihal Boleh/Jaiz Menghilangkan Khabar; Soal-Soal Latihan.


Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
 
PEMBAHASAN ILMU NAHWU TERLENGKAP (klik disini)


The Indonesiana Center - Markaz BSI (Bait Syariah Indonesia)
 
BAB 13 : MUBTADA’ & KHABAR (المبتدأ والخبر) I. PENGERTIAN MUBTADA’ & KHABAR (تعريف المبتدأ والخبر) Mubtada’ adalah isim yang berada di awal kalimat, bentuknya ma’rifah, ber-i’rab rafa’ dan tidak ada amil lafdzi yang masuk kepadanya. Khabar adalah isim atau kalimat yang disandarkan kepada mubtada’ yang dapat menyempurnakan makna mubtada’ dan khabar bentuknya nakirah. Kalimat yang terdapat mubtada’ dan khabar disebut dengan jumlah ismiyyah. II. PEMBAGIAN MUBTADA’ & KHABAR (أقسام المبتدأ والخبر) A. Mubtada’ dibagi menjadi dua macam: 1. Mubtada’ yang Memiliki Khabar, yaitu Khabar-nya berupa: i. Mubtada’ berupa isim Ma’rifah, yaitu: a. Mu’rab/Zhahir. Contoh: (الْوَلَدُ نَشِيْطٌ) (اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ) b. Isim Maushul. Contoh: (الَّذِى يتَكَلَّمُ الُّلغَةَ الْعَرَبِيَّةَ سَلِسًا طَالِبٌ مِثًالِى) c. Isim Isyarah. Contoh: (هَذَا كِتَابٌ) d. Isim Dhamir. Contoh: (أَنَا طَالِبَةٌ) e. Isim ‘Alam. Contoh: (أَحْمَدُ ذَكِيٌّ) (عَلِىٌّ أمَامَ الْفَصْلِ) (أَمْرِيْكَا بلَدَةٌ كَبِيْرَة) f. Mudhaf. Contoh: (كِتَابُ المُدَرِّسِ جَدِيْدٌ) (مَكْتَبُ مُدَرَّسَةِ الْفِقْهِ مُسْتَطِيْل) ii. Mubtada’ berupa Isim Nakirah, yaitu: a. Isim Maushuf/kata benda yang memiliki sifat. Contoh: (طَالِبٌ ذكَِىٌّ حَاضِرٌ) b. Isim Mudhaf yang bermakna pengkhususan bukan Mudhaf Ma’rifah. Contoh: (خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ الله) c. Isim Istifham/kata tanya. Contoh: (مَنْ حَضَرَ فِى الْفَصْلِ) d. Khabar-nya terdiri dari Syibhul Jumlah Jar Majrur atau Zharaf yang didahulukan dari Mubtada’. Contoh: (فِى الدَّارِ وَلَدَانِ) e. Khabar itu lebih ditekankan dalam kalimat dari pada mubtada’ dengan cara menggunakan kata sesungguhnya ( إِنَّمَا ) atau huruf nafi ( النَّفْىُ ) berpasangan dengan huruf ‘kecuali’ ( إِلا ). Contoh: (إِنَّمَا رَجُلٌ مُسَافِرٌ) dan (مَا عارِفٌ الْأمْرَ إلاَّ طَبِيْبٌ ) f. Mubtada’-nya terdiri dari isim yang menunjukkan arti do’a. Contoh: (سَلَامٌ عَلَى إَبْرَاهِيْمَ) g. Mubtada’-nya terdiri dari isim yang menunjukkan arti sebahagian yang dilambangkan dengan kata (بعَضٌ) dan keseluruhan yang dilambangkan dengan kata (كُل). Contoh: (رَأَيْتُ التَّلاَمِيْذَ بعَْضٌ قَارِئٌ وَ بعَضٌ كَاتِبٌ) h. Mubtada’-nya dimasuki lam ibtida’ (لام الابتداء). Contoh: (لَمُؤْمِنٌ شَاكِرٌ وَ صَابِرٌ) i. Jumlah ismiyah itu diawali dengan kata ‘tiba-tiba’ yang dilambangkan dengan (إِذَا الْفَجَائِيَّة) maka kadang kala mubtada’nya nakirah. Contoh: (دَخَلْتُ الصَّفَّ فَإِذَا وَلَدٌ وَاقِفٌ) j. Jumlah ismiyah itu berkedudukan sebagai hal (الجُمْلَةُالحَالِيَّة), maka kadang-kadang mubtada’nya terdiri dari isim nakirah. Contoh: (كِبْتُ السَّ يَّارَةَ وَ ضَوْء يرُشِدُنِى) k. Ma’ ( مَا ) nakirah yang berarti heran ( مَا التَّعَجُّبِيَّة ). Contoh: (مَا أَحْسَنَ الْمَنَاظِرَ) iii. Mashdar Muawwal, yaitu gabungan dari huruf mashdar an ( أنْ ) dengan fi’il sesudahnya yang takwil menjadi mashdar sehingga ia dapat menempati posisi ‘irab sesuai dengan amil yang mempengaruhinya misalnya berposisi sebagai Mubtada’. Contoh: (أنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَكُمْ). Kalimat (أنْ تَصُوْمُوْا) adalah mashdar muawwal fi mahalli raf’in mubtada’. 2. Mubtada’ yang tidak memiliki Khabar, tetapi Kahbar-nya ditempati oleh Fa’il yang sudah mencukupi dari penyebutan sebuah Khabar (الفاعل يسد مسد الخبر). Contoh: (أَسَارٍ ذَانَ). Kata pertama adalah Mubtada’, dan yang kedua sebagai Fa’il yang menempai tempatnya Khabar. Syarat Mubtada’ yang seperti ini adalah: i. Mubtada’-nya didahului oleh Istifham, baik berupa isim atau huruf. Contoh: (أَسَارٍ ذَانَ) dan (كَيْفَ جَالِسُ العَمْرَانِ؟). ii. Mubtada’-nya didahului oleh Nafi, baik berupa Huruf (مَا قَائِمٌ الزَيْدَانِ), Fa’il (لَيْسَ قَائِمٌ الزَيْدَانِ), atau Isim (غَيْرُ قائمٍ الزَيْدَانِ). a. Peringatan: Jika tidak didahului oleh Istifham dan Nafi, maka tidak boleh dijadikan Fa’il Sadda Masadda Khabar, tetapi disusun menjadi Mubtada’ dan Khabar. Contoh: (فَائِزٌ أُوْلُوْ الرَشَدِ). iii. Lafaz sebelum Mubtada’ berupa Isim Sifah yang me-rafa’-kan Isim Zahir (أَقَامَ الزَيْدَانِ) atau Dhamir Munfashil (أَقَائِمٌ أَنْتًمَا). a. Peringatan: Jika Isim Sifah-nya tidak me-rafa’-kan Dhamir Mustatir, maka dijadikan Khabar. Seperti: (مَا زَيْدٌ قَائِمٌ وَلَا قَاعِدٌ) b. Peringatan: Tidak ada bedanya di dalamnya Isim Sifah yang dijadikan Fa’il, antara Isim Fa’il (أَقَائِمٌ الزَيْدَان), Isim Maf’ul (مَا مَضْرُوْبٌ الزيدان), Isim Sifah Musabbihat (أَحَسَنٌ الزيدان), Af’alu Tafdhil (هَلْ أَحْسَنُ فِي عَيْنِ زَيْدٍ الكُحْلُ مِنْهُ فِي عَيْنِ غَيْرِهِ), Isim yang kemasukan Ya’ Nisbat (وَمَا قُرَشِيٌّ الزيدان) dan lafaz yang di-takwil dengan Isim Sifah (أَذُوْ مَالٍ العَمْرَان). B. Khabar terbagi menjadi dua macam: 1. Khabar Mufrad, adalah khabar yang terdiri dari satu kata. Contoh: (هَذَا كِتَابٌ) (اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ). Dibagi menjadi dua, yaitu: i. Khabar Mufrad Jamid. Contoh: (زَيْدٌ أَخُوْكَ) ii. Khabar Mufrad Musytaq a. Isim Fa’il. Contoh: (زَيْدٌ جَالِسٌ) b. Isim Maf’ul. Contoh: (زَيْدٌ مَضْرُوْبٌ) c. Isim Sifah Musyabbihat. Contoh: (زَيْدٌ حَسَنٌ) d. Af’alu Tafdhil. Contoh: (عُمَر أَفْضَلُ مِنْ زيد) 2. Khabar Ghair Mufrad yang terdiri menjadi dua macam: i. Jumlah Ismiyyah. Contoh: (مُحَمَّدٌ خُلُقُهُ حَسَنٌ) (أَحْمَدُ أَبُوْهُ مُدَرِّسٌ) ii. Jumlah Fi’liyyah. Contoh: (اَلْعُلُوْمُ تَكْثُرُ فَوَائِدُهَا) (أَحْمَدُ يَقْرَأُ اْلقُرْأَنَ) iii. Syibhul Jumlah a. Jar Majrur. Contoh: (اَلْكِتَابُ عَلَى الْمَكْتَبِ) (أَنَا فِيْ بَيْتِيْ) b. Zharaf. Contoh: (بَيْتِيْ أَمَامَ الْمَدْرَسَةِ) (اَلْمَسْجِدُ وَرَاءَ بَيْتِيْ) III. KETENTUAN-KETENTUAN MUBTADA’ & KHABAR (ضوابط المبتدأ والخبر) A. Mubtada’ & Khabar merupakan isim-isim marfu’. Hal ini terlihat jelas apabila mubtada’ dan khabar berasal dari isim mu’rab. Adapun apabila keduanya berupa isim mabni atau jumlah, maka keduanya “fi mahal marfu” atau berada di tempat marfu. Contoh: (اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ) (الطَّالِبَانِ نَشِيْطَانِ) B. Mubtada’ dan khabar harus selalu sesuai jenisnya (mudzakkar dan mu’annats). Mubtada’ dan khabar juga harus muthabaqah dalam hal nau’-nya atau sama dalam mudzakkar dan mu’annats-nya. Artinya apabila mubtada’-nya mudzakkar, maka khabar-nya tidak boleh muannnats, begitu juga sebaliknya. Contoh: (الْمَدْرَسَةُ وَسِيْعَةٌ) (هَذَا قَلَمٌ) C. Mubtada’ dan khabar harus sesuai bilangannya (mufrad, mutsanna dan jamak). Contoh: (الْمَدْرَسَةُ وَسِيْعَةٌ) (الطَّالِبَانِ نَشِيْطَانِ) (الْمُسْلِمُوْنَ صَالِحُوْنَ) D. Mubtada’ adalah ma’rifah dan khabar adalah nakirah. Contoh: (هَذَا قَلَمٌ) (الْمُسْلِمُوْنَ صَالِحُوْنَ) E. Mubtada’ boleh dari nakirah apabila: 1. Isim yang disifati. Sifat dalam hal ini dibagi tiga, yaitu: i. Sifat Lafzi. Contoh: (رَجُلٌ كَرِيمٌ عِنْدَنَا). ii. Sifat Taqdiri. Contoh: (وَطَائِفَةٌ قَدْ أَهَمَّتْهُمْ أَنْفُسُهُمْ). Taqdir-nya (طَائِفَةٌ مِنْ غَيْرِكُمْ) iii. Sifat Maknawi 1. Isim Nakirah berupa Shighah Tashghir. Contoh: (رُجَيْلٌ عِنْدَنَا) taqdir-nya (رَجُلٌ صَغْيْرٌ) 2. Isim Nakirah menunjukkan Ta’ajjub. Contoh: (مَا أَحْسَنُ زَيْدٌ) taqdir-nya (شَيْءٌ عَظِيْمٌ حَسَنٌ زَيْدًا) 2. Isim yang di-idhafah-kan ke isim nakirah. Contoh: (طَالِبُ إِحْسَانٍ حَاضِرٌ) 3. Didahului Huruf Jar Majrur/Zharaf/Mubtada’-nya diakhirkan. Contoh: (فِي الْمَسْجِدِ رَجُلٌ) 4. Didahului huruf nafi’. Contoh: (مَا ظَالِمٌ نَاجِحٌ) 5. Didahului istifham. Contoh: (هَلْ رَجُلٌ فِيكُمْ؟) 6. Isim Nakirah-nya yang Beramal. i. Yang me-rafa’-kan. Contoh: (ضَرْبٌ الزَيْدَان حَسَنٌ) ii. Yang me-nashab-kan. Contoh: (رَغْبَةٌ فِي الخَيْرِ خَيْرٌ) iii. Yang men-jar-kan. Contoh: (خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ) 7. Isim Nakirahnya sebagai Syarat. Contoh: (مَنْ يَقُمْ أَقُمْ مَعَهُ) 8. Isim Nakirahnya sebagai Jawab. Contoh: (مَنْ عِنْدَكَ؟ رَجُلٌ) taqdir-nya (رَجُلٌ عِنْدِي) 9. Isim Nakirahnya yang Ammah. Contoh: (كُلُّ يَمُوْتُ) 10. Isim Nakirahnya disengaja untuk Tanwi’ (Membagi macamnya Perkata). Contoh: (فَأَقْبَلْتُ رَحْفًا الرَكْبَتَيْنِ # فَثَوْبٌ لَبِسْتُ وَثَوْبٌ أُخَر)11. Isim Nakirahnya sebagai Doa. Contoh: (سَلَاٌم عَلَى آلِ يَاسِيْنَ) 12. Isim Nakirahnya Terdapat Makna Ta’ajjub. Contoh: (مَا أَحْسَنُ زَيْدًا) 13. Isim Nakirahnya mengganti dari Maushuf. Contoh: (مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ كَافِرٍ) 14. Isim Nakirahnya di dalam Makna Mahshur/Meringkas/Mengkhususkan hukum pada sesuatu. Contoh: (شَيْءٌ جَاءَ بِكَ) taqdir-nya (مَا جَاءَ بِكَ إِلَّا شَيْءٌ) 15. Isim Nakirah yang di-tashghir. Contoh: (رُجَيْلٌ عِنْدَنَا) 16. Sebelum Isim Nakirah terdapat Wawu Haal. Contoh: (سَرَيْنَا وَنَجْمٌ قَدْ أَضَاءَ فَمُذَّ بَذَا # مَحَيَّاكَ أَحْقَى ضَوْؤُهُ كُلَّ شَارَقٍ)17. Isim Nakirahnya di-athaf-kan pada Isim Ma’rifah. Contoh: (زَيْدٌ وَرَجُلٌ قَائِمَانِ) 18. Isim Nakirah-nya di-athaf-kan pada Sifah. Contoh: (تَمِيْمِيٌّ وَرَجُلٌ فِي الدَارِ) 19. Isim Nakirah-nya di-athaf-kan dengan Maushuf. Contoh: (رَجُلٌ وَامْرَأَةٌ طَوِيْلَةٌ فِي الدَارِ) 20. Isim Nakirah-nya Mubham. Contoh: (أَيَا هِنْدٌ لَاتَنْكَحِي بُوْهَةً # عَلَيْهِ عَقِيْقَتُهُ أَحْسَبَا) (مُرَسَّعَةٌ بَيْنَ أَرْسَاغِهِ # بِهِ غَسَمَّ يَبْتَفِى أَرْنَبَا). Maksudnya lelaki penakut. Lafaz (مرسعة) dijadikan Mubtada’ karena maknanya mubham/samar. 21. Isim Nakirahnya terletak setelah (لولا). Contoh: (لَوْلَا اِصْطِبَارَ لَأَوْدَى ذِي مِقَةٍ # لَمَّا اسْتَقَلَتْ مَطَايَاهُنَّ لِلظَّعَنِ). Mubtada’-nya adalah (اصطبار) 22. Isim Nakirahnya terletak setelah Fa’ Jawab/Jaza. Contoh: (إِنْ ذَهَبَ عَمْرٌ فَعَمْرٌ فِي الرِبَاطِ) 23. Isim Nakirahnya kemasukan Lam Ibtida’. Contoh: (لَرَجُلٌ قَائِمٌ) 24. Isim Nakirahnya terletaak setelah Kam Khabariyyah. Contoh: (كَمْ مِنْ أَبٍ لِي يَا جَرْيْرُ كَأَنَّهُ # قَمَرُ المَحَرَّةِ أَوْ سِرَاجُ نَهَارِ)F. Apabila mubtada’-nya adalah jamak ghair aqil maka khabar-nya isim mufrad mu’annats. Contoh: (الْمَسَاجِدُ وَسِيْعَةٌ) (الْبُيُوْتُ جَمِيْلَةٌ) G. Khabar boleh banyak jumlahnya dalam susunan kalimat ismiyyah. Contoh: (خَالِدٌ مُجْتَهِدٌ جَمِيْلٌ نَاجِحٌ) H. Kaidah dasar mubtada’ dan khabar adalah kedudukan mubtada’ terlebih dahulu kemudian khabar. Contoh: (أَبُوْكَ مَاهِرٌ) (الْمُسْلِمَةُ صَالِحَةٌ) IV. PERIHAL WAJIB MENDAHULUKAN MUBTADA’ (تقديم المبتدأ على الخبر وجوبًا) A. Khabar mahshuran, yaitu mengkhususkan mubtada’ kepada makna khabar dengan lafaz (إِلَّا) atau (إِنَّمَا). Contoh: (مَا أَنَا إِلَّا طَالِبٌ) (إِنَّمَا أَنَا طَالِبٌ) B. Mubtada’ berasal dari isim yang harus di depan kalimat. Isim yang harus di depan kalimat adalah: isim itifham, isim syarat dan (مَا) Ta’ajjub. Contoh: (مَنْ أَفْضَلُ الطُّلّابِ؟) C. Khabar berupa jumlah fi’liyyah dan Fa’il-nya adalah dhamir yang kembali ke mubtada’. Contoh: (مُحَمَّدٌ جَاءَ) D. Mubtada’ dibarengi dengan lam taukid. Contoh: (لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ) E. Jika masing-masing dari mubtada’ dan khabar berupa isim ma’rifah atau isim nakirah, dan disitu tidak terdapat qarinah yang mewajibkan pada salah satunya, sehingga mubtada’ didahulukan karena mengkhawatirkan terjadinya kesamaran musnad dengan musnad ilaih. Contoh: (بَيْتِيْ جَنَّتِيْ) F. Mubtada yang menyerupai isim syarat. Contoh: (الَّذِي یَفُوْزُ فَلَهُ جَائِزَةٌ) G. Isim tersebut haruslah disandarkan kepada isim yang menempati posisi dan kedudukan kata pendahuluan. Contoh: ( عَمَلٌ مَنْ أَعْجَبَكَ ) V. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENDAHULUKAN MUBTADA’ (تقديم المبتدأ على الخبر جوازًا) A. Apabila hendak menonjolkan makna khabar. Contoh: (مَمنُوعٌ التَّدْخِينُ) B. Apabila mubtada` dan khabar didahului oleh huruf nafi atau istifham dan khabar-nya berupa sifat. Contoh: (أَقَائِمٌ أَنْتَ؟) C. Apabila khabar berupa syibhu jumlah dan mubtada`nya ma`rifah. Contoh: (فِي التَّعَنِّي السَّلَامَةُ) VI. PERIHAL WAJIB MENGHILANGKAN MUBTADA’ (حذف المبتدأ وجوبًا) A. Apabila mubtada ikut kepada sifat yang marfu’ dengan tujuan memuji atau menghina atau sebagai rasa iba dan sayang. Contoh: (مَرَرْتُ بِزَيْدٍ الكَرِيْمُ) asalnya (مَرَرْتُ بِزَيْدٍ هُوَ الكَرِيْمُ). Contoh lain: (اِبْتَعِدْ عَنِ اللَئِيْمِ الخَبِيْثِ) asalnya (اِبْتَعِدْ عَنِ اللَئِيْمِ هُوَ الخَبِيْثُ). B. Jika menunjukkan jawaban terhadap sumpah. Contoh: (فِي ذِمَّتِي لَأَقُوْلُنَّ الصِدْقَ) asalnya (فِي ذِمَّتِي عَهْدٌ لَأَقُوْلُنَّ الصِدْقَ) C. Jika khabar-nya adalah mashdar yang mengganti fi’il-nya. Contoh: (صَبْرٌ جَمِيْلٌ) asalnya (صَبْرِي صَبْرٌ جَمِيْلٌ). D. Jika khabar-nya dikhususkan pada pujian atau cercaan setelah kata ni’ma (نعم) dan bi’sa (بئس) dan terletak diakhir. Contoh: (نِعْمَ الطَالِبُ مُحَمَّدٌ) asalnya (نِعْمَ الطَالِبُ هُوَ مُحَمَّدٌ). Contoh lain: (بِئْسَ الطَالِبُ الكَسُوْلُ) asalnya (بِئْسَ الطَالِبُ هُوَ الكَسُوْلُ). E. Mubtada’-nya terletak setelah Fa sebagai jawaban dari syarat. Contoh: (وَإِنْ يُخَالِطُوْهُمْ فَإِخْوَانُكُمْ) asalnya (وَإِنْ يُخَالِطُوْهُمْ فَهُمْ إِخْوَانُكُمْ). F. Mubtada’ juga kebanyakan dihilangkan jika terletak setelah kata qaul (berkata). Contoh: (قَالُوْا أَضْغَاتُ أَحْلَامٍ - قَالُوْا هِيَ أَضْغَاتُ أَحْلَامٍ) (وَقَالَتْ عَجُوْزٌ عَقِيْمٌ - وَقَالَتْ أَنَا عَجُوْزٌ عَقِيْمٌ) VII. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENGHILANGKAN MUBTADA’ (حذف المبتدأ جوازًا) A. Sebagai jawaban atas pertanyaan orang yang bertanya. Contoh: (كَيْفَ مُحَمَّدٌ؟ بِخَيْرٍ - كَيْفَ مُحَمَّدٌ؟ هُوَ بِخَيْرٍ) B. Apabila ada kalimat atau kata yang menunjukkan tentangnya sendiri. Contoh: (مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاءَ فَعَلَيْهَا - مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَعَمَلُهُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ أَسَاءَ فَإِسَاءَتُهُ عَلَيْهَا) VIII. PERIHAL WAJIB MENDAHULUKAN KHABAR & MENGAKHIRKAN MUBTADA’ (تقديم الخبر على المبتدأ وجوبًا) A. Mubtada’ berupa isim nakirah ghair mufidah dan khabar-nya zharaf atau jar-majrur. Contoh: (فِى الْبَيْتِ رَجُلٌ) B. Khabar berupa isim istifham atau di-idhafah-kan pada isim istifham. Contoh: (كَيْفَ حَالُكَ؟) C. Ada dhamir pada mutada’ yang kembali kepada khabar. Contoh: (فِي الدَّارِ صَاحِبُهَا) D. Khabar diringkas dalam mubtada’, yaitu ketika mubtada’ bersamaan dengan (اِلاَّ) atau (إِنَّمَا). Contoh: (مَا خَالِقٌ اِلاَّ اللهُ) IX. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENDAHULUKAN KHABAR (تقديم الخبر على المبتدأ جوازا) A. Boleh mendahulukan khabar (khabar muqaddam) atau mengakhirkannya. Contoh: (مَمْنُوْعٌ التَّدْخِیْنُ) bisa juga dibalik (التَّدْخِیْنُ مَمْنُوْعٌ). B. Apabila Khabar-nya sebagai pengkhusussan setelah lafaz Ni’ma (نعم) dan Bi’sa (بئس). Contoh: (نِعْمَ الرَجُلُ مُحَمَّدٌ) dan (بِئْسَ العَمَلُ الخِیَانَةُ) X. PERIHAL WAJIB MENGHILANGKAN KHABAR (حذف الخبر وجوبًا) A. Apabila mubtada-nya adalah isim yang sharih yang menunjukkan pada sumpah. Contoh: (لَعَمْرُكَ لِأَشْهَدَنَّ الحَقَّ) asalnya (لَعَمْرُكَ قَسَمِي لَأَشْهَدَنَّ الحَقَّ). B. Khabar-nya menunjukkan pada sifat yang mutlak artinya sifat tersebut menunjukkan akan keberadaan dari sesuatu, dan hal itu terdapat pada kata yang bergandengan dengan jar majrur atau dzarf. Contoh: (المَاءُ فِي الإِبْرِيْقِ) asalnya (المَاءُ مَوْجُوْدٌ فِي الإِبْرِيْقِ). C. Apabila mubtada’-nya terletak setelah lau la (لولا) maka khabar-nya yang berarti keberadaan pun wajib dihilangkan. Contoh: (لَوْلَا اللهُ لَصَدَمَتِ السَيَّارَةُ الطِفْلَ) asalnya (لَوْلَا اللهُ مَوْجُوْدٌ لَصَدَمَتِ السَيَّارَةُ الطِفْلَ) D. Jika mubtada’-nya adalah mashdar atau isim tafdhil yang disandarkan pada mashdar dan setelahnya bukanlah khabar melainkan hal yang menduduki tempatnya khabar. Contoh: (أَفْضَلُ صَلَاةِ العَبْدِ خَاشِعًا) asalnya (أَفْضَلُ صَلَاةِ العَبْدِ عِنْدَ خُشُوْعِهِ). E. Khabar-nya terletak setelah huruf Wau (واو) yang berarti dengan/bersama (مع). Contoh (كُلُّ طَالِبٍ وَزَمِيْلِهِ) asalnya (كُلُّ طَالِبٍ مَعَ زَمِيْلِهِ). XI. PERIHAL BOLEH/JAIZ MENGHILANGKAN KHABAR (حذف الخبر جوازًا) A. Apabila terletak setelah (إذا الفجائية) ketiba-tibaan. Contoh: (خَرَجْتُ فَإِذَا الأَسَدُ) asalnya (خَرَجْتُ فَإِذَا الأَسَدُ حَاضِرٌ) artinya saya keluar tiba-tiba ada harimau, (وَصَلْتُ فَإِذَا المَطْرُ) asalnya (وَصَلْتُ فَإِذَا المَطَرُ مُنْهَمِرٌ) artinya saya sampai tiba-tiba hujan. B. Apabila ada dalil yang menjelaskannya maka khabar pun boleh dihilangkan, yang dapat ditemukan pada jawaban dari pertanyaan. Contoh: (مَنْ غَائِبٌ؟ عَلِيٌّ) asalnya (مَنْ غَائِبٌ؟ عَلِيٌّ غَائِبٌ) C. Apabila jumlah ismiyyah mengikuti (athf) pada jumlah ismiyyah yang tidak dihilangkan khabar-nya, maka boleh menghilangkan khabar pada jumlah ismiyyah yang ma’thuf. Contoh: (مُحَمَّدٌ مُجْتَهِدٌ وَأَحْمَدُ) asalnya (مُحَمَّدٌ مُجْتَهِدٌ وَأَحْمَدُ مُجْتَهِدٌ)