Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
INNA &
SAUDARA-SAUDARANYA (إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا)
(1) Pengertian Inna &
Saudara-Saudaranya; (2) Fungsinya (Huruf Inna, Ka’anna, Lakinna, La’alla &
Laita); (3) Perbedaan Inna & Anna; (4) Inna dengan Dhamir Muttashil/Kata
Ganti; (5) Kondisi Inna Harus Dibaca Inna/Di-Kasrah-kan; (6) Kondisi Inna Harus
Dibaca Anna/Di-Fathah-kan; (7) Kondisi yang Membolehkan Dibaca Inna atau Anna;
(8) Perihal Peletakan Lam Ibtida’; (9) Perihal Huruf Maa yang Menyertai Inna
& Saudara-Saudaranya; (10) Perihal Lafaz yang Ma’thuf/Mengikuti Huruf Inna;
(11) Perihal Inna yang Dibaca Takhfif/In; (12) Perihal An Taukid Takhfif dari
Anna; (13) Perihal Ka-an Takhfif dari Ka-Anna; (14) Ketentuan-Ketentuan
Lainnya; Soal-Soal Latihan.
Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
PEMBAHASAN ILMU NAHWU TERLENGKAP (klik disini)
##########
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
Artikel Bebas - Tafsir - Ulumul Qur'an - Hadis - Ulumul Hadis - Fikih - Ushul Fikih - Akidah - Nahwu - Sharaf - Balaghah - Tarikh Islam - Sirah Nabawiyah - Tasawuf/Adab - Mantiq - TOAFL
##########
BAB 15 : INNA &
SAUDARA-SAUDARANYA (إِنَّ وَأَخَوَاتُهَا) I. PENGERTIAN (تعريف إن
وأخواتها) Inna & saudara-saudaranya adalah sekelompok
huruf (kata depan) yang biasanya berada sebelum isim pada suatu jumlah
ismiyyah (kalimat yang tersusun dari mubtada’ dan khabar) didahului oleh
Inna atau saudara-saudaranya, maka akan mengakibatkan mubtada’ menjadi
manshub dan dinamakan isim Inna, dan khabar tetap marfu dan dinamakan
khabar Inna. Contoh sebelum ditambah huruf Inna (اللَّهُ سَمِيعٌ
عَلِيْمُ) setelah ditambah menjadi (إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيْمٌ). II.
FUNGSI INNA & SAUDARA-SAUDARANYA (إعمال إن وأخواتها) A. Huruf
(إِنَّ) atau (أَنَّ) artinya sesungguhnya atau bahwasanya. Berfungsi
untuk memperkuat pernyataan (للتوكيد). Contoh: (إِنَّ الْإِمْتِحَانَ
سَهْلٌ). B. Huruf (كَأَنَّ) artinya seakan-akan, seperti, bagaikan.
Berfungsi untuk penyerupaan (للتشبيه). Contoh: (كَأَنَّكَ أَسَدٌ) C.
Huruf (لَكِنَّ) artinya tetapi. Berfungsi untuk penyusul perkataan
(للإستدراك). Contoh: (وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ) D.
Huruf (لَعَلَّ) artinya semoga atau jangan-jangan. 1. Untuk mengharap
sesuatu yang mungkin (للترجي). Contoh: (لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ) 2.
Untuk mengharap perkara yang dibenci (لإشفاق). Contoh: (لَعَلَّ زَيْدًا
هَالِكٌ) E. Huruf (لَيْتَ) artinya seandainya, sekiranya (للتمني).
Berfungsi untuk mengharap sesuatu yang tidak mungkin terjadi (للتمني).
Contoh: (لَيْتَ الشَّبَابَ يَعُودُ) III. PERBEDAAN (إِنَّ) & (أَنَّ)
A. (أَنَّ) sebelumnya harus didahului Amil. Contoh: (بَلَغَنِي أَنَّ
زَيْدًا مُنْطَلِقٌ). Sedangkan (إن) tidak disyaratkan didahului Amil. B.
(أن) termasuk Maushul Harfi yang Shilah-nya berupa Isim, sedangkan
(إن) bukan termasuk Maushul Harfi. C. (أن) apabila Khabar-nya berupa
lafaz yang Musytaq, disa di-taqdir-kan dengan Mashdar Khabar-nya.
Sedangkan dalam (إن) tidak bisa di-taqdir-kan dengan Mashdar. IV. DENGAN
DHAMMIR MUTTASHIL (KATA GANTI) (اتصال إن بالضمائر المتصلة) Kata ganti
(أَنَا) menjadi (إِنِّي / إِنَّنِي). Kata ganti (نَحْنُ) menjadi (إِنَّا
/ إِنَّنَا). Kata ganti (هُوَ) menjadi (إِنَّهُ). Kata ganti (هُمَا)
menjadi (إِنَّهُمَا). Kata ganti (هُمْ) menjadi (إِنَّهُمْ). Kata ganti
(هِيَ) menjadi (إِنَّهَا). Kata ganti (هُنَّ) menjadi (إِنَّهُنَّ). Kata
ganti (أَنْتَ) menjadi (إِنَّكَ). Kata ganti (أَنْتُمَا) menjadi
(إِنَّكُمَا). Kata ganti (أَنْتِ) menjadi (إِنَّكِ). V. KONDISI (إِنَّ)
HARUS DIBACA (إِنَّ) ATAU DI-KASRAH-KAN (مواضع إن المكسورة وجوبا) A.
Ketika berada di awal kalimat. 1. Ibtida’ Hakikat, yaitu tidak
didahului dengan sesuatu yang ada hubungannya dengan kalimatnya (إن).
Contoh: (إِنَّ الحَبِيْبَ هُوَ الحَبِيْبُ الأَوَّلُ) 2. Ibtida’ Hukman,
yaitu apabila didahului dengan sesuatu yang ada hubungannya.
i. Terletak setelah (ألا)
Istifhamiyyah. Contoh: (أَلَا إِنَّ أَوْلِيَاءَ اللهِ لَا خَوْفٌ
عَلَيْهِمْ) ii. Terletak
setelah (حيث). Contoh: (أَجْلِسُ حَيْثُ إِنَّ زَيْدًا جَالِسٌ)
iii. Menjadi Khabar dari Isim Dzat.
Contoh: (زَيْدٌ إِنَّهُ قَائِمٌ)
iv. Terletak setelah (إذ). Contoh: (جِئْتُكَ إِذْ إِنَّ زَيْدًا
غَائِبٌ) B. Ketika menjadi permulaan shilah maushul. Contoh: (زُرْتُ
الَّذِي إِنَّ أُمَّهُ مَرِيْضَةٌ) C. Ketika menjadi penyempurna sumpah,
dengan pengertian bahwa Inna menjadi jawab qasam (reaksi suatu sumpah)
dan khabar-nya memakai lam ibtida’ (لام الابتداء). Contoh: (وَاللهِ
إِنَّ مُحَمَّدًا لَرَسُوْلُ اللهِ) (وَالعَصْرُ إِنَّ الإِنْسَانَ لَفِي
خُسْرٍ) D. Ketika masuk pada kalimat yang merupakan isi hikayat atau
cerita. Contoh: (قَالَ زَيْدٌ: إِنَّ أَبِي طَيَّارٌ) (الَّذِيْنَ إِذَا
أَصَابَتْهُمْ مُصِيْبَةٌ قَالُوْا إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ
رَاجِعُوْنَ) E. Ketika masuk pada kalimat yang menempati kedudukan hal
yang disebut jumlah haliyah (الجملة الحالية). Contoh: (تَعَلَّمَ زَيْدٌ
وَإِنَّهُ نَاعِسٌ) (زُرْتُهُ وَإِنِّي ذُوْ أَمَلٍ) F. Ketika berada
setelah (ظن وأخواتها) atau af’al al-qulub (أفعال القلوب) yang
dihubungkan dengan lam ibtida’ (di-Ta’liq) yakni amal-nya digagalkan.
Contoh: (ظَنَنْتُ زَيْدًا سَارِقًا - ظَنَنْتُ زَيْدٌ لَسَارِقٌ -
ظَنَنْتُ إِنَّ زَيْدُا لَسَارِقٌ) G. Ketika berada setelah (أَلاَ
اْلاِسْتِفْتَاحِيَّةِ). H. Ketika berada setelah (حَيْثُ). Contoh:
(جْلِسْ حَيْثُ إِنَّ زَيْدًا جَالِسٌ) I. Apabila jumlah inna menjadi
sifat. Contoh: (مَرَرْتُ بِرَجُلٍ إِنَّهُ فَاضِلٌ) J. Apabila jumlah
inna menjadi khabar dan isim dzat. Contoh: (زَيْدٌ إِنَّهُ قَارِئٌ) VI.
KONDISI (إِنَّ) HARUS DIBACA (أَنَّ) ATAU DI-FATHAH-KAN (مواضع أن
المفتوحة وجوبا) A. Huruf (إِنَّ) sebagai Fa’il. Contoh: (أَعْجَبَنِي
أَنَّكِ جَمِيْلَةٌ = أَعْجَبَنِي جِمَالُكِ) B. Huruf (إِنَّ) sebagai
Na’ibul Fa’il. Contoh: (قُلْ أُوْحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ
مِنَ الجِنِّ) C. Huruf (إِنَّ) sebagai maf’ul bih. Contoh: (رَأَيْتُ
أَنَّكُمْ نَشِيْطُوْنَ = رَأَيْتُ نَشَاطَكُمْ) D. Huruf (إِنَّ) menjadi
majrur bil harfi (yang di-jar-kan oleh huruf jar). Contoh: (رَغِبْتُ
عَنْ أَنَّ رَجُلًا كَسْلَانُ - رَغِبْتُ عَنْ كَسْلَانِ رَجُلٍ) E. Huruf
(إِنَّ) sebagai Mubtada. Contoh: (وَمِنْ آيَاتِهِ أَنَّكَ تَرَى
الأَرْضَ خَاشِعَةً) taqdir-nya (...رُؤْيَتُكَ...) F. Huruf (إِنَّ)
di-Jar-kan karena Idhafah. Contoh: (مِثْلَ مَا أَنَّكُمْ تَنْطِقُوْنَ)
taqdir-nya (مِثْلَ كَوْنِكُمْ تَنْطِقُوْنَ) G. Huruf (إِنَّ) menjadi
Khabar dari Isim dari lafaz yang Musytaq dari Mashdar Qaul. Contoh:
(إِعْتِقَادِي أَنَّكَ فَاضِلٌ) taqdir-nya (اِعْتِقَادِي كَوْنُكَ
فَاضِلٌ) H. Huruf (إِنَّ) yang menjadi Ma’thuf. Contoh: (اذْكُرُوْا
نِعْمَتِي الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيْكُمْ وَأَنِّي فَضَّلْتُكُمْ)
taqdir-nya (وَكَوْنِي فَضَّلْتُكُمْ) I. Huruf (إِنَّ) yang menjadi
Mubdal Minhu. Contoh: (وَإِذْ يَعِدُكُمُ اللهُ إِحْدَى الطَائِفَتَيْنِ
أَنَّهَا لَكُمْ) taqdir-nya (كَوْنُهَا لَكُمْ) VII. KONDISI YANG
MEMBOLEHKAN DIBACA (إِنَّ) ATAU (أَنَّ) (مواضع أن أو إن جوازا) A. Jika
(إِنَّ) berada setelah (إذا الفجائية) yang artinya tiba-tiba. Contoh:
(خَرَجْتُ مِنَ البَيْتِ فَإِذَا إِنَّ / أَنَّ أَسَدًا فِي البَابِ) B.
Jika (إِنَّ) berada setelah jawab sumpah/jawab qasam tetapi khabar-nya
tidak memakai lam ibtida’. Contoh: (وَاللهِ إِنَّ / أَنَّ الإِلَهَ
وَاحِدٌ) C. Jika (إِنَّ) berada setelah Fa Jawab/Jaza’. Contoh: (مَنْ
يَتَعَلَّمَ فِي صُغْرِهِ فَإِنَّهُ / فَأَنَّهُ مُكْرَمٌ فِي كِبَرِهِ) D.
Jika (إِنَّ) berada setelah mubtada’ yang mempunyai makna
qaul/perkataan sedangkan khabar (إِنَّ) merupakan perkataan pula dan
pembicaranya menceritakan dirinya sendiri. Contoh: (خَيْرُ القَوْلِ
إِنِّي / أَنِّي أَحْمَدُ اللهَ). Maksud mana qaul itu adalah kalimat
(أَحْمَدُ اللهَ) merupakan kandungan dari qaul itu sendiri dan kalimat
(أَحْمَدُ اللهَ) bukan perbuatan. 1. Jika mubtada’ tidak memiliki makna
qaul, maka wajib di-fathah-kan. Contoh: (عَمَلِي أَنِّي أَحْمَدُ) 2.
Jika khabar (إِنَّ) bukan merupakan perkataan, maka (إِنَّ) harus
di-kasrah-kan. Contoh: (قَوْلِي إِنِّي مُؤْمِنٌ) karena kata (مُؤْمِنٌ)
bukan qaul. 3. Bergitu pula jika khabar inna merupakan qaul, tetapi
pembicara tidak membicarakan dirinya sendiri maka huruf (إِنَّ) harus
di-kasrah-kan. Contoh: (قَوْلِي إِنَّ زَيْدًا يَحْمَدُ اللهَ) E. Jika
(إن) terletak setelah (حتى) Ibtidaiyyah. Contoh: (مَرِضَ زَيْدٌ حَتَّى
أَنَّهُمْ لَا يَرْجُوْنَهُ) F. Jika (إن) terletak setelah lafaz (لا
جرم). Contoh: (لَا جَرَمَ أَنَّ اللهَ يَعْلَمُ) VIII. PERIHAL PELETAKAN
LAM IBTIDA’ (موضع لام الابتداء) A. Kadang mubtada/khabar memakai lam
ibtida’, tetapi jika ditambah huruf (إِنَّ), lam ibtida’ pindah ke
khabar. Contoh: (لَزَيْدٌ قَائِمٌ) menjadi (إِنَّ زَيْدًا لَقَائِمٌ) B.
Syarat masuknya lam ibtida’ pada khabar Inna yang kasrah hamzahnya
adalah: 1. Harus Mutsbat bukan Manfiy. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا
لَقَائِمٌ) 2. Bukan jumlah fi’liyyah fi’il madhi mutasharrif dengan
Qad. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا لَيَقُوْمُ) atau (إِنَّ زَيْدًا لَقَدْ
قَامَ) 3. Khabar-nya harus diakhirkan dari isim-nya. Contoh: (إِنَّ ذَا
لَقَدْ سَمَا عَلَى الْعِدَا مُسْتَحْوِذَا) 4. Berada pada khabar
mufrad muakhkhar dari isim. Contoh: (إنّ زيدً لكريمٌ) 5. Berada pada
khabar jumlah ismiyyah. Contoh: (إنّ زيدًا لخلقُهُ كريمٌ) 6. Berada
pada khabar jumlah fi’liyyah fi’il mudhari’. Contoh: (إنّ زيداً ليكرمُ
الضيفً) 7. Antara isim-nya dan khabar-nya anna terdapat dhamir fashl.
Contoh: (إنَّ الإجتهادَ لهو باَبُ النجاحِ) . Lam ibtida’ juga boleh
masuk pada: 1. Ma’mul Khabar yang menengahi antara isim dan khabar
inna. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا لَطَعَامَكَ آكِلٌ) 2. Dhamir Fashl (dhamir
yang memisah antara isim dan khabar inna). Contoh: (إِنَّ زَيْدًا
لَهُوَ القَائِمُ) 3. Isim Inna yang diakhirkan dari khabar-nya. Contoh:
(إِنَّ فِي الدَّارِ لَزَيْدًا) IX. PERIHAL HURUF MAA (ما) YANG
MENYERTAI INNA & SAUDARA-SAUDARANYA (حرف "ما" لــ "إن وأخواتها") A.
Amal (إِنَّ) tidak berfungsi ketika huruf (إِنَّ) ditambah dengan (مَا -
إِنَّمَا). Contoh: (إِنَّمَا الخَمْرُ وَالمَيْسِرُ وَالأَنْصَابُ
وَالأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ) B. Umumnya pengamalan
huruf Inna & saudara-saudaranya dibatalkan jika dimasuki huruf maa
(ما), ada juga yang tidak dibatalkan tapi sangat jarang, dan khusus
huruf (ليت) boleh batal atau tidak. C. Maa (ما) tambahan yang masuk
pada Inna dan saudara-saudaranya yaitu: 1. Maa Kaffah (pencegah)
mencegah pengamalan Inna dan saudara-saudaranya. Contoh: (إِنَّمَا
اللَّهُ إِلَهٌ وَاحِدٌ) 2. Maa Muhayyiah (pemantas) untuk memantaskan
Inna dan saudara-saudaranya bisa masuk pada kalimat jumlah fi’liyyah.
Contoh: (كَأَنَّمَا يُسَاقُونَ إِلَى الْمَوْتِ وَهُمْ يَنْظُرُونَ) X.
PERIHAL LAFAZ YANG MA’THUF (MENGIKUTI) HURUF INNA (اللفظ المعطوف بــ
"إن") A. Bilamana setelah isim dan khabar-nya Inna terdapat isim yang
athaf, maka boleh memilih diantara dua irab: 1. Nashab, athaf kepada
isim Inna yang di-nashab-kan. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا قَائِمٌ وَعَمْرًا)
2. Rafa’, athaf kepada mahal-nya isim Inna karena asalnya adalah
mubtada yang rafa’, demikian menurut pendapat yang masyhur termasuk Ibnu
Malik. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا قَائِمٌ وَعَمْرٌ). Pendapat lain adalah
sebagai mubtada’ dan khabar-nya dibuang, taqdir-nya adalah (إِنَّ
زَيْدًا قَائِمٌ وَعَمْرٌ وَكَذَلِكَ) B. Sedangkan jika isim tersebut
athaf kepada Inna sebelum sempurna dengan khabar-nya, maka ada dua
pendapat: 1. Nashab, demikian menurut jumhur. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا وَعَمْرًا قَائِمَانِ).
2. Rafa’, demikian menurut pendapat yang lain. Contoh: (إِنَّ زَيْدًا
وَعَمْرٌ قَائِمَانِ). Pendapat yang ini diperkuat oleh dalil Alqur’an,
hikayah perkataan orang arab oleh Imam Syibawaeh dan banyaknya
syair-syair arab yang menunjukkan bolehnya me-rafa’-kan isim yang athaf
kepada isim Inna sebelum disebut khabar-nya. Contoh: (إِنَّ الَّذِيْنَ
ءَامَنُوْا وَالَّذِيْنَ هَادُوْا وَالصَابِئِيْنَ وَالنَصَارَى مَنْ
ءَامَنَ بِاللهِ) (إِنَّكَ وَزَيْدٌ ذَاهِبَانِ) (فَمَنْ يَكُ أَمْسَى
بِالمَدِيْنَةِ رَحْلُهُ……فَإِنِّي وَقَيَّارٌ بِهَا لَغَرِيْبٌ) C.
Kebolehan me-rafa’-kan isim yang ma’thuf pada isim manshub setelah
menyebut khabar-nya (jumhur) atau sebelum menyebut khabar-nya (shahih)
berlaku untuk Inna & saudara-saudaranya yang berupa: (إِنَّ - أَنَّ -
لَكِنَّ). Tidak berlaku pada (لَيْتَ - لَعَلَّ - كَأَنَّ) XI. PERIHAL INNA YANG DIBACA TAKHFIF IN (إِنْ) (تخفيف "إن")
A. Inna yang dibaca In (di-takhfif) dalam kebiasaan orang arab sering
di-muhmal-kan atau tidak diamalkan, yakni ada juga yang di-amal-kan tapi
jarang. In yang muhmal tersebut harus ditandai dengan Lam untuk
membedakan antara In huruf taukid dan In huruf nafi, oleh karenanya
sering disebut sebagai Lam Fariqah atau Lam Fashl. Kadang kali tanpa
harus ada Lam jika memang sudah jelas diketahui baik secara lafaz atau
secara makna, misalnya pembicara bermaksud In takhfif tersebut tidak
di-muhmal-kan/diamalkan, maka dapat membedakan dengan In nafiyah yang
tidak beramal me-nashab-kan isim. 1. Huruf (إِنْ) muhmal berikut ada Laa (sering). Contoh: (إِنْ زَيْدٌ لَقَائِمٌ) 2. Huruf (إِنْ) muhmal tanpa ada Laa (tanpa). Contoh: (إِنْ زَيْدًا قَائِمٌ)
B. Umumnya (إِنْ) yang di-takhfif dari (إِنَّ) tersebut, jarang
dipertemukan dengan kalimah fi’il, kecuali pada fi’il-fi’il yang
berstatus amil nawasikh atau fi’il yang biasa masuk pada susunan
mubtada’ khabar. Contoh: (وَإِنْ كَانَتْ لَكَبَيْرَةٌ إِلَّا عَلَى
الَّذِيْنَ هُدَى اللهِ) (وَإِنْ يَكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا
لِيَزْلِقُوْنَكَ بِأَبْصَارِهِمْ) (وَإِنْ وَجَدْنَا أَكْثَرَهُمْ
لَفَاسِقِيْنَ) (وَإِنْ نَظُنُّكَ لِمَنَ الكَاذِبِيْنَ). Ada juga yang
dipertemukan dengan fi’il-fi’il selain nawasikh tapi ini jarang diluar
keumumannya. Contoh: (إِنْ يَزِيْنُكَ لِنَفْسِكَ وَإِنْ يَشِيْنُكَ
لَهِيَهْ) XII. PERIHAL AN TAUKID (أَنْ) TAKHFIF DARI ANNA (أَنَّ) (تخفيف
"أن") A. Apabila (أَنَّ) yang hamzahnya berharakat fathah tersebut
di-takhfif (أَنْ), maka ia tetap beramal namun isim-nya berupa dhamir
syaen yang terbuang, dan khabar-nya tiada lain adalah kalimat yang ada
setelah (أَنْ) tersebut. Contoh: (عَلِمْتُ أَنْ زَيْدٌ قَائِمٌ) ada
dhamir syaen yang terbuang taqdir-nya adalah (عَلِمْتُ أَنَّهُ زَيْدٌ
قَائِمٌ). Dhamir Syaen adalah dhamir yang merujuk pada suatu hal, suatu
kejadian atau suatu perkara. B. Huruf (أَنْ) yang di-takhfif dari
(أَنَّ), apabila khabar-nya berupa kalimah fi’il (khabar jumlah
fi’liyyah), maka umumnya ada fashl/pemisah antara (أَنْ) dan fi’il yang
menjadi khabar-nya, dengan syarat: fi’il-nya mutasharrif dan tidak ada
maksud untuk du’a (permohonan). Penggunaan fashl/pemisah tersebut
dimaksudkan untuk membedakan antara (أَنْ) taukid takhfif dan (أَنْ)
mashdariyah. Huruf-huruf pemisah tersebut berupa: 1. Huruf Qad (قَدْ),
contoh: (وَنَعْلَمَ أَنْ قَدْ صَدَقْتَنَا) 2. Huruf Tanfis (ســ / سوف),
contoh: (عَلِمَ أَنْ سَيَكُونُ مِنْكُمْ مَرْضَى) 3. Salah satu huruf
nafi yang biasa berlaku dalam hal ini (لا - لن - لم), contoh: (أَفَلَا
يَرَوْنَ أَلَّا يَرْجِعُ إِلَيْهِمْ قَوْلًا) 4. Huruf Lau (لو), contoh:
(وَأَلَّوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً
غَدَقًا) XIII. PERIHAL KA-AN (كَأَنْ) TAKHFIF DARI KA-ANNA (كَأَنَّ)
(تخفيف "كأن") Huruf (كَأَنْ) mukhaffafah dari (كَأَنَّ) dihukumi
sebagaimana hukum yang terjadi pada (أَنْ) mukhaffafah dari (أَنَّ).
Yaitu pengamalannya tetap (me-nashab-kan isim-nya dan me-rafa’-kan
khabar-nya) tapi isim-nya terbuang/dikira-kira dhamir syaen, terkadang
isimnya di-dzahir-kan tapi jarang. Adapun khabar-nya berupa jumlah
sesudah (كَأَنْ), baik khabar-nya berupa: A. Jumlah Ismiyyah. Contoh:
(كأنْ عصفورٌ سهمٌ في السرعة) B. Jumlah fi’liyyah yang biasanya diawali
dengan Lam Nafi (لم النفي) kalau fi’il mudhari’, atau diawali dengan Qad
(قد) kalau fi’il madhi, sebagai fashl antara (كَأَنْ) dan khabar-nya.
Contoh: (فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَنْ لَمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ) IV.
KETENTUAN-KETENTUAN LAINNYA (الضوابط الأخرى) A. Huruf (إِنَّ) tetap
beramal ketika dimasuki susunan khabar muqaddam - mubtada’ muakkhar.
Contoh: (إِنَّ فِي البَيْتِ زَيْدًا) B. Jika huruf (إِنَّ) terpisah
dengan khabar-nya dengan Kanaa & saudara-saudaranya, maka khabar
inna menjadi khabar jumlah yang memiliki mahal i’rab rafa’. Contoh:
(اللهُ عَلِيْمٌ: إِنَّ اللهَ كَانَ عَلِيْمٌ: إَنَّ اللهَ كَانَ
عَلِيْمًا). Kata (عليما) menjadi khabar kana yang wajib nashab, isim
kaana adalah dhamir mustatir (هو) yang kembali pada (الله). Kaana
beserta isim dan khabar-nya menempati i’rab rafa’ karena menjadi khabar
inna. C. Isim huruf Inna dan saudara-saudaranya harus mufrad, sedangkan
khabar-nya bisa berupa: 1. Mufrad. Contoh: (إِنَّ اللهَ غَفُوْرٌ
رَحِيْمٌ) 2. Jumlah Fi’liyyah. Contoh: (لَعَلَّ الكَافِرَ يَتُوْبُ) 3.
Jumlah Ismiyyah. Contoh: (لَيْتَ زَيْدًا أَخْلَاقُهُ حَسَنَةٌ) 4.
Syibhul Jumlah i. Jar
Majrur. Contoh: (إِنَّ الكِتَابَ عَلىَ الطَاوِلَةِ)
ii. Zharaf tempat. Contoh: (لَيْتَهُ عِنْدَناَ)
iii. Zharaf Waktu. Contoh: (إنَّ
مُغِيْبَ الشَمْسِ عِنْدَ السَاعَةِ السَادِسَةِ)
0 Comments