Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
ATHAF (العطف)
(1) Pengertian Athaf; (2)
Kaidah Huruf Athaf; (3) Macam-Macam Athaf (Bayan & Nasq); (4) Tentang Athaf
Bayan; (5) Tentang Athaf Nasq (Huruf Wau, Fa’, Tsumma, Au, Am, Imma, Laa,
Lakin, Bal & Hatta); (6) Meng-Athaf-kan Dhamir; (7) Meng-Athaf-kan Fi’il
& Jumlah; (8) Hukum Membuang Huruf Athaf & Ma’thuf; (9) Hukum Membuang
Ma’thuf; (10) Hukum Membuang Ma’thuf ‘Alaih; (11) Ketentuan-Ketentuan Lainnya;
Soal-Soal Latihan.
Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
PEMBAHASAN ILMU NAHWU TERLENGKAP (klik disini)
##########
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
Artikel Bebas - Tafsir - Ulumul Qur'an - Hadis - Ulumul Hadis - Fikih - Ushul Fikih - Akidah - Nahwu - Sharaf - Balaghah - Tarikh Islam - Sirah Nabawiyah - Tasawuf/Adab - Mantiq - TOAFL
##########
BAB
19 : ATHAF (العطف) I. PENGERTIAN (تعريف)
Athaf adalah isim yang mengikuti isim sebelumnya dengan
melalui perantara huruf athaf. Isim tabi’-nya disebut dengan ma’thuf
ilaih dan matbu’-nya disebut dengan ma’thuf. Ma’thuf ilaih mengikuti
ma’thuf pada irab-nya saja. Contoh: (اِشْتَرَيْتُ كِتَابًا وَقَلَمًا).
Kata (قَلَمًا) merupakan ma’thuf ilaih kepada kata (كِتَابًا) dengan
perantara huruf athaf (وَ). Kedua kata tersebut i’rab-nya nashab. II.
KAIDAH HURUF ATHAF (قواعد حروف العطف) Huruf
Athaf mempengaruhi athaf sehingga mengikuti ma’thuf-nya dalam segi
peng-i’rab-annya di dalam kalimat. Ada beberapa kaidah yang harus
diperhatikan dalam hukum huruf-huruf athaf, diantaranya yaitu : A.
Apabila matbu’-nya marfu’ (berada dalam keadaaan rafa’) maka tabi’-nya
pun harus berada dalam keadaan marfu’. Contoh: (قابلني محمّدٌ و خالدٌ)
B.
Apabila matbu’-nya manshub (berada dalam keadaan nashab) maka
tabi’-nya pun harus berada dalam keadaan nashab. Contoh: (قابلتُ محمّدًا
و خالدًا) C. Apabila matbu’-nya makhfudh (berada dalam keadaan
khafadh) maka tabi’-nya pun harus berada dalam keadaan khafadh. Contoh:
(مررتُ بمحمّدٍ و خالدٍ) D. Apabila matbu’-nya majzum (berada
dalam keadaan jazm) maka tabi’-nya pun harus berada dalam keadaan jazm.
Contoh: (لم يحضرْ خالد او يُرسلْ رسولا) III. MACAM-MACAM ATHAF (أقسام
العطف) A.
ATHAF BAYAN (عطف البيان) adalah tabi’ yang berupa isim jamid dan
berfungsi menjelaskan matbu’-nya jika berupa isim ma’rifat, dan
berfungsi men-takhshis (mengkhususkan) matbu’-nya jika berupa isim
nakirah. Contoh: (جَاءَ اَبُو بَكْرٍ). B. ATHAF NASQ (عطف
النسق) adalah athaf yang diantara tabi’ dan matbu’-nya terdapat salah
satu dari sepuluh huruf-huruf athaf. Huruf-huruf tersebut, yaitu (وَ)
(فَ) (ثُمَّ) (أَوْ) (أَمْ) (إِمَّا) (لَا) (لَكِنْ) (بَلْ) (حَتَّى). IV.
TENTANG ATHAF BAYAN (عطف البيان) A. Fungsi Athaf Bayan adalah sebagai
berikut: 1. Penjelas apabila matbu’-nya ma’rifah. Contoh: (جَاءَ أَبُوْ
حَفْصٍ عُمَرُ) 2.
Pengkhususan apabila matbu’-nya nakirah dan terkadang keduanya
nakirah. Contoh: (سَمِعْتُ كَلِمَةً خُطْبَةً يَوْمَ الجُمْعَةِ). Lafaz
(كلمة) nakirah (matbu’) lalu dikhususkan dengan lafaz (خطبة) yang juga
nakirah (athaf bayan). Contoh lainnya: (أَوْ كَفَّارَةُ طَعَامُ
مَسَاكِيْنَ). Lafaz (كفارة) nakirah (matbu’) lalu diperkhusus dengan
lafaz (طعام) yang ma’rifah sebab idhafah (athaf bayan). B. Hukum
kesesuaian antara athaf bayan dan matbu’-nya: 1.
Kesesuaian dari segi tanda i’rab rafa’, nashab dan jar keduanya mesti
sesuai. Contoh: (وَصَلَ خَالِدٌ أَخُوْكَ) (رَأَيْتُ خَالِدًا أَخَاكَ)
(مَرَرْتُ بِخَالِدٍ أَخِيْكَ) 2. Kesesuaian dari segi nakirah dan
ma’rifah. 3. Kesesuaian dari segi mudzakkar dan mu’annats. Contoh:
(جَاءَ المُجْتَهِدُ خَالِدٌ) (جَاءَتْ المُجْتَهِدَةُ نٌوْرَةٌ) 4.
Kesesuaian dari segi mufrad, mutsanna dan jamak. Contoh: (جَاءَ
المُجْتَهِدُ خَالِدٌ) (جَاءَ المُجْتَهِدَانِ خَالِدٌ وَزَيْدٌ) (جَاءَ
المُجْتَهِدُوْنَ إِخْوَتُكُمْ) C. Persamaan Athaf Bayan dan
Badal adalah: meskipun hampir dalam setiap keadaan Athaf Bayan boleh
di-i’rab Badal, namun dikecualikan beberapa tempat di mana hanya boleh
di-i’rab dengan Athaf Bayan: 1. Ketika Tabi’ bentuknya Mufrad,
Ma’rifah dan Manshub, lalu matbu’-nya Mabni Dhammah sebab berada di
posisi sebagai Munada Nakirah Maqshudah. Contoh: (يَا صَدِيْقُ خَالِدًا)
2. Ketika Tabi’ tidak ber-Alif Lam sedangkan Matbu’ ber-Alif
Lam lalu Matbu’ tersebut menjadi Mudhaf Ilaihi dari sifat yang ber-Alif
Lam. Contoh: (أَنَا ابْنُ الضَارِبُ الرَجُلِ خَالِدٍ) D. Sisi perbedaan
antara Athaf Bayan dan Badal adalah: 1.
Athaf Bayan bukan berbentuk dhamir (meskipun isim dzahir) dan tidak
mengikuti Matbu’ dhamir. Adapun Badal adalah sebaliknya. 2. Athaf Bayan
hanya mengikuti Matbu’ yang Mufrad (bukan Jumlah). Badal terjadi pada
keduanya. 3. Athaf Bayan dan Matbu’ pada kebanyakan kasus selalu sesuai
dari segi nakirah dan ma’rifah. Adapun Badal adalah sebaliknya. E.
Sisi persamaan antara Athaf Bayan dan Na’at: 1.
Keduanya memiliki fungsi sama yaitu menjelaskan Matbu’-nya, meskipun
Athaf Bayan menjelaskan jati diri isim matbu’-nya secara langsung,
sedangkan Na’at menjelaskan Matbu’-nya dengan cara memberikan arti
tambahan sifat. 2. Amil pada keduanya sama seperti amil pada
masing-masing Matbu’-nya. F. Sisi perbedaan antara Athaf Bayan dan
Na’at: 1.
Bentuk Athaf Bayan adalah isim jamid, sedangkan Na’at adalah Musytaq.
Kalaupun terdapat isim Na’at berbentuk jamid, maka ia ditakwil ke dalam
bentuk musytaq. 2. Athaf Bayan menyingkap sekaligus menjadi
jawaban siapa jati diri Matbu’ yang sebenarnya, sedangkan Na’at tidak
menyingkap jati diri Matbu’ sebab Matbu’ pada Na’at dialah jati diri
yang sebenarnya. G. Posisi yang biasa ditempati Athaf Bayan: 1. Laqab
setelah isim. Contoh: (جَاءَ خَالِدٌ سَيْفُ اللهِ) 2. Isim setelah
kunyah. Contoh: (كَرُمَ أَبُوْ حَفْصٍ عُمَرُ) 3. Maushuf setelah sifah.
Contoh: (جَاءَ المُجْتَهِدُ خَالِدٌ) V. TENTANG ATHAF NASQ (عطف النسق)
A.
HURUF WAU (واو العطف) artinya “dan” dan menunjukan makna mutlaqul
jam’i (مطلق الجمع) yaitu menyelaraskan ma’thuf dan ma’thuf ilaih,
menghubungkan dua kata yang setara, baik berupa isim ataupun berupa
fi’il. 1. Hal ini menunjukkan bahwa:
i. Antara ma’thuf dan ma’thuf ilaih punya kedudukan yang sama
ii. Mendahulukan ma’tuf mengakhirkan
ma’tuf ilaih iii. Menambah atau
menggabungkan ma’thuf ilaih dengan ma’thuf 2. Fungsi dari huruf wau
(واو العطف) yang lainnya adalah: i. Untuk menunjukkan kepada
pengertian kebersamaan antar sesuatu. Contoh: (وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا
نُوْحًا وَإِبْرَاهِيْمَ) (صَلَّى الإِمَامُ وَالْمَأْمُوْمُ فِي
الْمَسْجِدِ) ii. Sebagai
huruf ‘athaf untuk lafaz yang memiliki pengertian akan menyusul, yang
mendahului, dan yang bersamaan. Syaratnya apabila ada qarinah yang
menunjukkan kepada hal itu. Contoh: (جَاءَ زَيْدٌ وَ مُحَمَّدٌ بَعْدَهُ)
Telah datang Zaid dan sesudah itu Muhammad. (جَاءَ زَيْدٌ وَ مُحَمَّدٌ
قَبْلَهُ) Telah datang Zaid dan sebelum itu Muhammad. (جَاءَ زَيْدٌ وَ
مُحَمَّدٌ مَعَهُ) Telah datang Zaid dan Muhammad secara bersama-sama.
Yang bergaris bawah menunjukkan qarinah-nya, sehingga wawu dapat
berfungsi sebagai huruf ‘athaf yang memiliki pengertian akan menyusul,
mendahului, atau bersamaan.
iii. Dapat menjadi huruf ‘athaf yang berfungsi untuk melengkapi suatu
pernyataan, yang mana dalam hal ini ma’thuf ‘alaih tidak dianggap
memberi pengertian yang cukup kecuali dengan ma’thuf-nya. Contoh:
(اِخْتَصَمَ زَيْدٌ وَ عَمْرٌو). Lafaz “wa ‘amr” berfungsi untuk
melengkapi suatu pernyataan, karena itu tidak diperbolehkan mengatakan
(اِخْتَصَمَّ زَيْدٌ) iv.
Mengandung arti pilihan (للتخيير). Hal ini terjadi ketika (واو العطف)
terletak sebelum huruf (إما). Contoh: (اِذْهَبْ إِلَى المَدْرَسَةِ
إِمَّا مَشْيًا وَإِمَّا رُكُوْبًا)
v. Tidak mengandung arti sama sekali. Contoh: (حَضَرَتِ
الطَّيَّارَةُ وَلَمْ تَحْضُرِ السَّيَّارَةُ) 3. Syarat-syarat dan
ketentuan (واو العطف):
i. Huruf wau (واو العطف) boleh
menghubungkan banyak ma’thuf dan yang menjadi ma’thuf alaih hanyalah
lafaz yang paling depan. Contoh: (قَرَأْتُ الكِتَابَ وَالرِّسَالَةَ
وَالمَجَلَّةَ وَالمَقَالَةَ وَالقِصَّةَ)
ii. Huruf wau (واو العطف) boleh menghubungkan ma’thuf dan
ma’thuf alaih yang keduanya berbentuk: a. Mufrad. Contoh: (وَصَلَ
خَالِدٌ وَزَيْدٌ) b.
Jumlah Ismiyyah. Contoh: (مَنْ عَمِلَ صَالِحًا فَلِنَفْسِهِ وَمَنْ
أَسَاءَ فَعَلَيْهَا وَمَا رَبُّكَ بِظَلَّامٍ لِلْعَبِيْدِ) c.
Jumlah Fi’liyyah. Contoh: (قُلْ اللَّهُمَّ مَالِكَ المُلْكِ تُؤْتِي
المُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ المُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ
تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ) d. Syibhul Jumlah. 1) Jar Majrur.
Contoh: (كَذَلِكَ يُوْحِي إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَ
اللهُ العَزِيْزُ الحَكِيْمُ) 2) Dzaraf. Contoh: (رَبَّنَا افْتَحْ
بيَنْنَاَ وَبَيْنَ قَوْمِنَا بِالحَقِّ وَأَنْتَ خَيْرُ الفَاتِحِيْنَ) 4.
Keistimewaan (واو العطف):
i. Menjadi penghubung ma’thuf
dan ma’thuf alaih pada amil (fi’il) yang maknanya tidak sempurna apabila
hanya memiliki satu Fa’il tanda di-athaf-kan. Contoh: (تَقَاتَلَ
الِنْمُر وَالفِيْلُ) ii.
Menjadi penghubung ma’thuf yang amil-nya dibuang. Contoh: (قَضَيْنَا فِي
الحَدِيْقَةِ يَوْمًا سَعِيْدًا أَكَلْنَا أَشْهَى الطَّعَامِ وَأَطْيَبَ
الفَاكِهَةِ وَأَعْذَبَ المَاءِ)
iii. Huruf (واو العطف) boleh dibuang sekiranya dianggap aman dari
terjadinya keraguan atau ketidakjelasan kalimat. Contoh: (زُرْتُ
أَقَارِبِي فِي جَاكَرْتَا، وَقَابَلْتُ مِنْهُمْ: العَمَّ، وَالعَمَّةَ،
وَالَخالَ، وَالخَالَةَ، وَأَبْنَاءَهُمْ)
iv. Menjadi penghubung ma’thuf dan ma’thuf alaih yang
keduanya memiliki arti sama (sinonim) dengan maksud mempertegas. Contoh:
(قَالَ إِنَّمَا أَشْكُوْ بَثِّي وَحُزْنِي إِلَى اللهِ وَأَعْلَمُ مِنَ
اللهِ مَالَا تَعْلَمُوْنَ) v.
Menjadi penghubung ma’thuf nakirah dan ma’thuf alaih makrifah.
Contoh: (رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِي
مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ)
vi. Menjadi penghubung ma’thuf dan ma’thuf alaih yang
keduanya berpola negatif (didahului nafyi). Contoh: (شُجَاعُ النَّفْسِ
لَا يُحِبُّ الجُبَنَ وَلَا الكَذِبَ وَلَا الرِيَاءَ)
vii. Huruf (واو العطف) boleh terpisah (antara ia
dan ma’thuf-nya) oleh dzaraf atau huruf jar. Contoh: (وَجَعَلْنَا مِنْ
بَيْنِ أَيْدِيْهِمْ سَدًّا وَمِنْ خَلْفِهِمْ سَدًّا)
viii. Huruf (واو العطف) menjadi penghubungan dalam
kaidah hitungan. Contoh: (لِي سَبْعَةٌ وَثَلَاثُوْنَ كِتَابًا
وَخَمْسَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ قَلَمٌا)
ix. Huruf (واو العطف) boleh berdampingan dengn huruf (لكن).
Contoh: (مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَكِنْ
رَسُوْلَ اللهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّيْنَ)
x. Huruf (واو العطف) boleh berdampingan dengan huruf
(إما). Contoh: (نَجَحَ إِمَّا خَالِدٌ وَإِمَّا زَيْدٌ)
xi. Huruf (واو العطف) boleh menjadi pemisah
antara ma’thuf dzaraf dan ma’thuf alaih dzaraf. Contoh: (كَفَى
بِالقَمَرِ شَاهِدًا بَيْنِي وَبَيْنَكَ)
xii. Huruf (واو العطف) menjadi penghubung ma’thuf yang
menunjukkan waktu lampau dan ma’thuf alaih menunjukkan waktu sekarang.
Contoh: (كَذَلِكَ يُوْحِي إِلَيْكَ وَإِلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكَ
اللهُ العَزِيْزُ الحَكِيْمُ) xiii.
Huruf (واو العطف) tidak menjadi penghubung ma’thuf dan ma’thuf alaih
jika keduanya berbeda pola (satu positif dan satu negatif). Yang benar
keduanya harus sama positif dan negatifnya. Contoh: (لَا الشَمْسُ
طَالِعَةٌ وَلَا القَمَرُ) (الشَمْسُ طَالِعَةٌ وَالقَمَرُ)
xiv. Huruf (واو العطف) menjadi penghubung
dalam ushlub kinayah ‘adad. Contoh: (كَيْتَ وَكَيْتَ) (ذَيْت وَذَيْت) B.
HURUF FA’ (فَاء العطف) artinya “kemudian”. Menunjukkan makna tartib
(urutan) dan Ta’qib (penyusulan) serta tidak dipisah oleh waktu yang
lama (ترتيب الاتصال ترتيب على التوالي). Contoh: (حَضَرَ أَحْمَدُ
فَأَبُوْهُ). Maksudnya Ayah Ahmad datang setelah Ahmad secara berurutan
dan tidak diselingi waktu yang lama. Huruf ‘athaf Fa’ dapat mengandung
makna sababiyah (kausalitas). Contoh: (الَّذِى يَطِيْرُ فَيَغْضَبُ
زَيْدٌ الذُّبَابُ). Karena itu tidak boleh mengatakan (وَيَغْضَبُ
زَيْدٌ) atau (ثُمَّ يَغْضَبُ زَيْدٌ). Dan diperbolehkan apabila
mengatakan berikut ini (الَّذِى يَطِيْرُ وَيَغْضَبُ مِنْهُ زَيْدٌ
الذُّبَابُ) 1. Syarat dan kaidah huruf (فاء العطف):
i. Huruf (فاء العطف) boleh
menghubungkan banyak ma’thuf dan yang menjadi ma’thuf alaih adalah lafaz
yang posisinya berada langsung sebelum huruf (فاء العطف). Contoh:
(جَاءَ صَالِحٌ وَخَالِدٌ وَمَحْمُوْدُ فَزَيْدٌ ثُمَّ خَلِيْلٌ)
ii. Huruf (فاء العطف) boleh
menghubungkan ma’thuf dan ma’thuf alaih yang keduanya berbentuk mufrad
atau jumlah, baik ismiyyah atau fi’liyyah dan syibhul jumlah. Seperti
halnya yang berlaku pada huruf (واو العطف) iii. Huruf (فاء العطف) tidak boleh terpisah antara dia dan ma’thuf-nya.
iv. Huruf (فاء العطف) boleh dibuang
sekiranya dianggap aman dari terjadinya keraguan atau ketidakjelasan
kalimat. Contoh: (أَنْفَقْتُ المَالَ مِائَةَ أَلْفِ رُوْبِيَّةٍ،
مِائَتَي أَلْفِ رُوْبِيَّةٍ، ثَلَاثُمِائَةِ أَلْفِ رُوْبِيَّةٍ)
v. Huruf (فاء العطف) boleh dibuang
bersamaan dengan ma’thuf-nya. Contoh: (فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيْضًا
أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ)
vi. Huruf (فاء العطف) menjadi penghubung ma’thuf
yang amil-nya dibuang. Contoh: (أُرِيْدُكَ أَنْ تَكُوْنَ صَرِيْحًا لِي
تَبْدَأُ مِنَ الآنَ فَصَاعِدًا)
vii. Huruf (فاء العطف) satu-satunya huruf yang boleh masuk pada fi’il
bermakna muthawa’ah (المطاوعة) adalah fi’il lazim yang menunjukkan pada
peristiwa terjadinya perbuatan yang disebabkan oleh perbuatan fi’il
muta’addi + Fa’il + maf’ul-nya. Contoh: (فَتَحْتُ البَابَ فَانْفَتَحَ)
viii. Huruf (فاء العطف) satu-satunya
huruf yang menghubungkan ma’thuf ketika (ma’thuf ini) tidak layak
disebut sebagai shilah, khabar. Na’at dan Hal kemudian dihubungkan
dengan ma’thuf ‘alaih yang layak sebagai Shilah, Khabar, Na’at dan Hal
disebabkan tidak adanya dhamir rabith (pengikat). Atau sebaliknya dari
kaidah di atas (ma’thuf layak dihubungkan kepada ma’thuf ‘alaih tidak
layak). 2. Dengan kaidah di atas terdapat pada jumlah isim maushul dan shilah maushul:
i. Huruf (فاء العطف) yang bukan
jumlah shilah kepada jumlah shilah. Contoh: (الَّذِي سَاعَدْتُهُ
فَفَرِحَ الأَبُ مَرِيْضٌ). Kalimat (فرح الأب) tidak layak menjadi shilah
dari isim maushul (الذي) karena tidak terdapat dhamir pengikat seperti
ini (الذي فرح أبوه), maka dihubungkan dengan huruf (فاء العطف) kepada
kalimat (ساعدته) yang berkedudukan sebagai shilah maushul dari isim
maushul (الذي) ii.
Meng-athaf-kan Jumlah Shilah kepada yang bukan jumlah shilah. Contoh:
(الَّتِي وَقَفَ القِطَارُ فَسَاعَدْتُهَا عَلَى العُبُوْرِ عَجُوْزُ
ضَعِيْفَةٌ). Kalimat (فساعدتها) layak menjadi shilah dari isim maushul
(التي) karena terdapat dhamir pengikat, maka dihubungkan dengan huruf
(فاء العطف) kepada kalimat (وقف القطار) yang bukan shilah maushul dari
isim maushul (التي) 3. Pada Jumlah Na’at dan Man’ut:
i. Meng-athaf-kan yang bukan
jumlah na’at kepada jumlah na’at. Contoh: (هذَا أُسْتَاذٌ عَلَّمَ
طُلَّابَهُ فَنَجِحَ الطُّلَّابُ). Kalimat (نجح الطلاب) tidak layak
menjadi Na’at dari lafaz (أستاذ) karena tidak terdapat dhamir pengikat
seperti ini (نجح طلابه), maka dihubungkan dengan huruf (فاء العطف)
kepada kalimat (علم طلابه) yang berkedudukan sebagai Na’at dari lafaz
(أستاذ). ii.
Meng-athaf-kan jumlah Na’at kepada jumlah yang bukan Na’at. Contoh:
(هذَا أُسْتَاذٌ نَجَحَ الطُّلَّابُ فَعَلَّمَ طُلَّابَهُ) 4. Pada Jumlah Mubtada dan Khabar: i. Meng-athaf-kan yang bukan
Jumlah Khabar kepada Jumlah Khabar. Contoh: (الأَشْجَارُ يَرْعَاهَا
خَالِدٌ فَيَكْثُرُ الثَمَرُ). Kalimat (يَكْثُرُ الثَمَرُ) tidak layak
dijadikan khabar dari lafaz (الأَشْجَارُ) karena tidak terdapat dhamir
pengikat seperti ini (يَكْثُرُ ثَمَرُهَا), maka dihubungkan dengan huruf
(فاء العطف) kepada kalimat (يرعاها خالد) yang berkedudukan sebagai
khabar dari lafaz (الأشجار).
ii. Meng-athaf-kan jumlah khabar kepada yang bukan jumlah khabar.
Contoh: (الأَشْجَارُ أَهْمَلَ خَالِدٌ فَقَلَّ ثَمَرُهَا). Kalimat (قل
ثمرها) layak dijadikan khabar dari lafaz (الأشجار) karena terdapat
dhamir yang mengikat, maka dihubungkan dengan huruf (فاء العطف) kepada
kalimat (أهمل خالد) yang tidak layak sebagai khabar dari lafaz
(الأشجار). 5. Pada kalimat Hal dan Shahibul Hal:
i. Meng-athaf-kan yang bukan Jumlah
Hal kepada Jumlah Hal. Contoh: (رَأَيْتُ الأُسْتَاذَ يَضْحَكُ فَيَفْرَحُ
الطُلَّابُ). Kalimat (يفرح الطلاب) tidak layak dijadikan Hal dari lafaz
(الأستاذ) karena tidak terdapat dhamir pengikat antara Hal dan Shahibul
Hal, maka dihubungkan dengan huruf (فاء العطف) kepada kalimat (يضحك)
yang layak sebagai Hal dari lafaz (الأستاذ).
ii. Meng-athaf-kan Jumlah Hal kepada yang bukan
Jumlah Hal. Contoh: (رَأَيْتُ الأُسْتَاذَ يَفْرَحُ الطَلَّابُ
فَيَضْحَكُ) 6. Kandungan makna lainnya untuk huruf (فاء العطف):
i. Sababiyyah (السببية) adalah
huruf (فاء العطف) yang berfungsi mengikat dua kalimat, di mana kalimat
kedua merupakan akibat dari kalimat pertama. Syarat (فاء السببية): a. Kalimat pertama harus nafyi atau menunjukkan thalab. b.
Setelah Fa berupa Fi’il Mudhari’ Manshub dengan (أن) tersembunyi.
Contoh: (كُلُوْا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَلَا تَطْغَوْا
فِيْهِ فَيَحِلَّ عَلَيْكُمْ غَضَبِي وَمَنْ يَحْلِلْ عَلَيْهِ غَضَبِي
فَقَدْ هَوَى) ii. Fasihah
(الفصيحة) adalah huruf (فاء العطف) yang berfungsi menghubungkan ma’thuf
kepada ma’thuf alaih + (فاء العطف) yang keduanya dibuang. Contoh:
(وَإِذِ اسْتَسْقَى مُوْسَى لِقَوْمِهِ فَقُلْنَا اضْرِبْ بِعَصَاكَ
الحَجَرَ فَانْفَجَرَتْ مِنْهُ اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا)
iii. Huruf (فاء العطف صورة لا حقيقة) adalah
huruf (فاء العطف) yang bentuknya layaknya huruf (فاء العطف) namun dia
bukan sebenarnya. Contoh: (ثُمَّ أَوْلَى لَكَ فَأَوْلَى) C.
HURUF TSUMMA (ثُمَّ للعطف) artinya “kemudian”. Menunjukkan makna tartib
(urutan) dan tarakhi (dipisah oleh waktu yang lama) (ترتيب الانفصال).
Contoh: (مَاتَ الرَّشِيْدُ ثُمَّ الْمَأْمُوْنُ). Maksudnya Al-Ma’mun
meninggal setelah beberapa lama setelah Ar-Rasyid. 1. Syarat dan ketentuan huruf (ثم للعطف): i. Huruf (ثم للعطف) boleh
menghubungkan banyak ma’thuf dan yang menjadi ma’thuf alaih adalah lafaz
yang posisinya berada langsung sebelum huruf (ثم للعطف). Contoh: (جَاءَ
صَالِحٌ، ثُمَّ حَامِدٌ، ثُمَّ خَلِيْلٌ، ثُمَّ مُحَمَّدٌ)
ii. Huruf (ثم العطف) boleh menghubungkan
ma’thuf dan ma’thuf alaih yang keduanya berbentuk mufrad atau jumlah
(kalimat), baik ismiyyah atau fi’liyyah dan syibhul jumlah. Seperti
halnya yang berlaku pada wawu dan fa athaf.
iii. Boleh dimasukin huruf Ta’ Ta’nits Maftuhah (تَ)
yang dikhususkan pada athaf jumlah. Contoh: (مَنْ ظَفِرَ بِحَاجَتِهِ
ثُمَّتْ قَصَّرَ فِي رِعَايَتِهَا كَانَ حُزْنُهُ طَوِيْلًا، وَغُصَّتُهُ
شَدِيْدَة) iv. Huruf (ثم
للعطف) terkadang bermakna (واو العطف). Contoh: (لَمَّا انْقَضَى
اللَيْلُ، وَاسْتَنَارَ الكَوْنُ، ثُمَّ طَلَعَتِ الشَمْسُ، وَاقْتَرَبَ
ظُهُوْرِ الفَجْرِ، سَارَعَ النَّاسُ إِلَى أَعْمَالِهِمْ)
v. Huruf (ثم للعطف) terkadang bermakna
(فاء العطف). Contoh: (شَرِبَ خَالِدٌ ثُمَّ ارْتَوَى) D. HURUF
AU (أَوْ للعطف) artinya “atau”. Menunjukkan makna takhyir (للتخيير)
yakni pilihan atau ibahah (mubah), perbedaannya jika takhyir harus
memilih salah satu pilihan dan ibahah boleh memilih kedua pilihan yang
ada, antara ma’thuf atau ma’thuf ilaih. Contoh: (اِقْرَأِ الجَرِيْدَةَ
أَوِ الْمَجَلَّةَ). Huruf ‘athaf (اَوْ) dapat dipakai untuk makna
pembagian (للتقسيم). Contoh: (الكَلِمَةُ اِسْمٌ اَوْ فِعْلٌ اَوْ
حَرْفٌ). Huruf ‘athaf (اَوْ للعطف) dapat dipakai untuk makna ragu-ragu
(للشك). Contoh: (لَبِثْنَا يَوْمًا اَوْ بَعْضَ يَوْمٍ). Huruf ‘athaf
(اَوْ للعطف) dapat dipakai untuk makna pembatas. Contoh: (لَآسْهَرَنَّ
اَوْ اَحْفَظَ الدَّرْسَ) Saya tidak akan tidur sehingga hafal pelajaran.
1. Syarat dan ketentuan huruf (أو للعطف):
i. Ma’thuf dan ma’thuf alaih yang
dihubungkan huruf (أو للعطف) boleh berbentuk mufrad atau jumlah
(kalimat), baik ismiyyah atau fi’liyyah dan syibhul jumlah.
ii. Huruf (أو للعطف) boleh dibuang.
Contoh: (وَسَائِلُ السَفَرِ مُتَنَوِّعَةٌ: يَتَخَيَّرُ مِنْهَا كُلُّ
امْرِئٍ مَا يُنَاسِبُهُ - يُمْكِنُكَ تُسَافِرُ بِالطَيَّارَةِ،
القِطَارِ، البَاخِرَةِ، السَيَّارَةِ)
iii. Huruf (أو للعطف) jika dipergunakan menghubungkan dua
kalimat yang diawali dengan nafyi atau nahyi, dia berfaedah
mengecualikan atau melarang keduanya (ma’thuf dan ma’thuf alaih).
Contoh: (لَا أُحِبُّ مُنَافِقًا أَوْ كَاذِبًا)
iv. Huruf (أو للعطف) boleh menghubungkan ma’thuf dan
ma’thuf alaih yang semakna (sinonim). Contoh: (وَمَنْ يَكْسِبْ
خَطِيْئَةً أَوْ إِثْمًا ثُمَّ يَرْمِ بِهِ بَرِيْئًا فَقَدْ احْتَمَلَ
بُهْتَانًا وَإِثْمًا مُبِيْنًا) v. Huruf (أو للعطف) boleh digunakan dengan memiliki makna seperti (واو العطف) E.
HURUF AM (أَمْ) artinya “atau”. Faidahnya untuk Ta’yin (للتعيين أو
للتخيير معادلة) yaitu untuk menentukan antara ma’thuf atau ma’thuf
ilaih. Biasanya diawali hamzah istifham. Contoh: (أَأَخُوْكَ أَحْمَدُ
أَمْ مَحْمُوْدٌ؟). Berfungsi untuk meminta penegasan. Contoh:
(اَتُفَّاحًا اَكَلْتَ اَمْ بُرْتُقَالًا). Berfungsi untuk perbandingan.
Contoh: (اَلَيْلًا تَذْهَبُ اَمْ نَهَارًا). Berfungsi untuk dua perkara
yang sama. Contoh: (سَوَاءٌ عَلَىَّ اَقَعَدْتَ اَمْ قُمْتَ). Berfungsi
untuk menyusul. Contoh: (هَلْ يَسْتَوِى اْلآعْمَى وَ الْبَصِيْرُ اَمْ
هَلْ تَسْتَوِى الظُّلُمَاتُ وَ النُّوْرُ ؟) Pembagian huruf (أَمْ
للعطف): 1. Huruf (أَمْ للعطف) muttasilah/menyambung (المتصلة)
yaitu huruf (أم للعطف) yang didahului oleh hamzah taswiyah dan hamzah
istifham. i. Hamzah
Taswiyah adalah hamzah yang beriringan dengan kata (سواء) atau (لا
أبالي) yang menunjukkan bahwa dua kalimat yang dimasuki huruf (أم للعطف)
muttashilah memiliki kesetaraan derajat. Contoh: (سَوَاءٌ عَلَيْنَا
أَجَزِعْنَا أَمْ صَبَرْنَا مَا لَنَا مِنْ مَحِيْصٍ)
ii. Hamzah Istifham bermakna (أي) yang
menunjukkan bahwa dua kalimat yang dimasuki huruf (أم للعطف) muttashilah
merupakan pilihan yang harus ditentukan salah satunya. Contoh:
(أَعَمُّكَ مُسَافِرٌ أَمْ أَخُوْكَ). Jika kalimat (أم للعطف) muttashilah
dimasuki nafyi, maka kalimat yang dikecualikan harus diakhirkan.
Contoh: (أَمَطَرٌ نَزَلَ أَمْ لَمْ يَنْزِلْ).
iii. Sisi perbedaan (أم للعطف) muttashilah yang
diiringi hamzah taswiyah dan hamzah istifham: a. Kalimat
ma’thuf dan ma’thuf alaih yang didahului hamzah taswiyah tidak
membutuhkan jawaban, sedangkan dalam istifham membutuhkan jawaban. b.
Kalimat ma’thuf dan ma’thuf alaih yang didahului hamzah taswiyah
berpotensi mengandung kabar benar atau bohong, sedangkan dalam istifham
hanyalah menentukan sesuatu yang benar. c. Kalimat ma’thuf dan
ma’thuf alaih yang didahului hamzah taswiyah keduanya harus berupa
kalimat, sedangkan pada istifham boleh mufrad dan kalimat.
iv. Sisi persamaan (أم للعطف) muttashilah
yang diiringi hamzah taswiyah dan istifham: Kedua hamzah ini boleh
dibuang. Contoh membuang hamzah taswiyah: (سَوَاءٌ عَلَى خَالِدٍ
رَاقَبَهُ أَبُوْهُ أَمْ لَمْ يُرَاقِبُهُ، فَلَنْ يَفْعَلُ مَا نَهَاهُ
عَنْهُ). Contoh membuang hamzah istifham: (شَاهَدْتُ اليَوْمَ سِبَاقَ
تِلَاوَةِ القُرْآنِ، خَالِدٌ هُوَ الَّذِي فَازَ أَمْ مَحْمُوْدٌ؟) 2.
Huruf (أم العطف) munfashilah/muqatha’ah /terputus (منفصلة أو مقطعة)
adalah penghubung yang mengandung arti terbalik (الإضراب) seperti (بل)
yang berarti bahkan/akan tetapi. Huruf ini menjadi penghubung dua
kalimat (ma’thuf alaih dan ma’thuf) di mana kedua makna kalimat tidak
saling berhubungan. Masing-masing kalimat memiliki makna berbeda dan
keduanya tidak berhubungan. Ini mengharuskan keduanya berada dalam suatu
pilihan atau ditentukan salah satunya seperti pada huruf (أم للعطف)
muttashilah. Secara zahir, huruf (أم للعطف) munfashilah bisa dibedakan
dari huruf (أم للعطف) munfashilah dengan tidak didahului hamzah taswiyah
dan hamzah istifham dan juga beberapa indikasi berikut:
i. Menunjukkan kabar berita. Contoh:
(وَإِذَا تُتْلَى عَلَيْهِمْ آيَاتُنَا بَيِّنَاتٍ قَالَ الَّذِيْنَ
كَفَرُوْا لِلْحَقِّ لَمَّا جَاءَهُمْ هَذَا سِحْرٌ مُبِيْنٌ)
ii. Terletak setelah hamzah istifham
ghairu haqiqi (mengingkari). Yaitu hamzah istifham yang mengandung arti
lain di antaranya mengingkari atau mengecualikan. Contoh: (أَلَهُمْ
أَرْجُلٌ يَمْشُوْنَ بِهَا أَمْ لَهُمْ أَيْدٍ يَبْطِشُوْنَ بِهَا أَمْ
لَهُمْ أَعْيُنٌ يُبْصِرُوْنَ بِهَا أَمْ لَهُمْ آذَانٌ يَسْمَعُوْنَ
بِهَا). Contoh: (اِسْتَيْقَظْتُ فِي الصَبَاحِ فَرَأَيْتُ رَوَقَ الشَجَرِ
مُبْتَلًّا فَقَدْ سَقَطَ المَطَرُ لَيْلًا، أَمْ تَكَاثَرَ النَدَى
عَلَيْهِ، فَإِنِّي أَجِدُ الطُرُقَ جَافَّةً، لَا أَثَرَ فِيْهَا
لِلْمَطَرِ). Pada kalimat pertama, alasan daun basah disebabkan hujan,
lalu pada kalimat kedua, alasan daun basah karena banyak embun. Setelah
itu terbukti dengan kondisi jalan yang kering sebagai penanda bahwa
hujan tidak turun. Ini adalah dua kalimat tidak semakna sehingga
dihubungkan dengan huruf (أم للعطف) F. HURUF IMMA (إِمَّا
للعطف) artinya “atau” (للتفصيل). Huruf ini dapat digunakan dalam kalimat
dengan syarat harus didahului dengan huruf (إمّا) lainnya dan huruf ini
memiliki makna yang sama dengan huruf (او)/atau. Contoh: (تَزَوَّجْ
إِمَّا هِنْدًا وَإِمَّا أُخْتَهَا). Berfungsi untuk boleh pilih
(للتخيير). Contoh: (اِمَّا اَنْ تَذْهَبَ وَاِمَّا اَنْ تُغَيِّرَ حَا
لَكَ). Berfungsi untuk ragu-ragu (للشك). Contoh: (رَاَيْتُ اِمَّا صَا
لِحًا وَاِمَّا عَلِيًّا). Berfungsi untuk kebolehan (للإباحة). Contoh:
(تَكَلَّمْ اِمَّا بِالْجَاوِيَّةِ وَاِمَّا بِاالسُّنْدَاوِيَّةِ). Pada
contoh di atas terdapat dua huruf (إما للعطف). Para ulama bahasa sepakat
bahwa huruf (إما) pertama bukan huruf (إما للعطف) karena tidak ada
ma’thuf ‘alaih. Maka kata yang terletak setelah (إما) pertama di-i’rab
sesuai amil-nya. Boleh menjadi Fa’il, maf’ul bih, hal, badal dan
lainnya. Perbedaan pendapat terjadi pada huruf (إما) kedua, apakah dia
huruf (إما للعطف) atau bukan. 1. Pendapat pertama, huruf (إما)
kedua bukan huruf athaf karena didahului wawu (و). Huruf (و) ini selalu
menempel dengan (إما) kedua dan dialah (و) yang menjadi huruf athaf lalu
(إما) sebagai tafshil (pendapat jumhur yang rajah). 2.
Pendapat kedua, huruf (إما) kedua adalah huruf athaf bermakna (أو) yang
berfungsi dalam hal menjadikan ma’thuf dan ma’thuf ‘alaih berada dalam
suatu pilihan (memilih salah satu, boleh keduanya jika didahului kata
perintah) atau berada dalam keraguan dan kesamaran jika didahului
kalimat kabar berita. G. HURUF LAA (لَا للعطف) artinya
“bukanlah” (للنفي). Fungsinya adalah me-nafi-kan ma’thuf ilaih,
me-nafi-kan kesetaraan hukum pada kata yang terletak diantara huruf
tersebut. Contoh: (يَنْجَحُ الْمُجْتَهِدُ لاَ الْكَسْلاَنُ). Maksudnya
orang yang akan sukses itu adalah orang yang bersungguh-sungguh dan
bukanlah orang yang malas. Berfungsi untuk meniadakan fi’il madhi secara
tegas. Contoh: (لَا صَلَّى وَ لَا صَا مَ). Berfungsi untuk meminta
meninggalkan pekerjaan pada zaman mustaqbal dengan bentuk fi’il madhi
seperti do’a. Contoh: (هَلَكَ عَدُوُّ لِلّٰهِ فَلَا رَحِمَهُ اللهُ).
Syarat dan ketentuan huruf (لا للعطف): 1. Bentuk ma’thuf untuk
huruf (لا للعطف) hanya berupa mufrad bukan kalimat/jumlah. Jika tidak
memenuhi syarat ini, maka huruf (لا) tidak dianggap athaf + nafyi
melainkan hanya nafyi saja dan kalimat setelah huruf (لا) hukum
i’rab-nya independen, tidak menjadi ma’thuf. Contoh: (تصبان الممالك
بالجيوش والأعمال، لا تصان بالخطب والآمال) 2. Kalimat sebelumnya
harus positif, bukan negatif seperti didahului nafyi. Kalimat positif
mencakup kalimat perintah dan nida’ (panggilan). Contoh kalimat positif
biasa: (نَجَحَ المُجْتَهِدُ لَا الكُسُوْلُ). Contoh kalimat positif
perintah: (اِضْرِبْ خَالِدًا لَا زَيْدًا). Contoh kalimat positif nida’
(panggilan). Contoh: (يَا خَالِدُ لَا زَيْدُ) 3. Salah satu
ma’thuf dan ma’thuf alaih tidak boleh dari isim jenis bermakna ganda.
Contoh: (مَدَحْتُ رَجُلًا لَا قَاِئًدا). Maksudnya yaitu lelaki adalah
isim yang menunjukkan jenis banyak dan komandan merupakan bagian dari
lelaki. Jadi tidak boleh ber-athaf satu sama lain baik berada diposisi
ma’thuf atau ma’thuf ‘alaih. 4. Huruf (لا للعطف) tidak boleh
disatukan dengan huruf athaf lainnya. Jika terjadi maka huruf (لا) bukan
huruf athaf lagi tapi hanya nafyi. Contoh: (أَسَابِيْعُ الشَهْرِ
ثَلَاثَةٌ، لَا بَلْ أَرْبَعَةٌ) 5. Huruf (لا للعطف) tidak boleh
diulang dalam satu kalimat, namun harus diiringi dengan athaf wawu dan
status (لا) hanyalah nafyi bukan athaf. Contoh: salah (حَضَرَ خَالِدٌ
لَا زَيْدٌ لَا مَحْمُوْدُ) yang benar (حَضَرَ خَالِدٌ وَلَا زَيْدٌ وَلَا
مَحْمُوْدُ) H. HURUF LAKIN (لَكِنْ للعطف) artinya “melainkan”
atau “akan tetapi” (للاستدراك). Huruf ini menunjukan penetapan suatu
hukum (keadaan) pada sebuah kata yang terletak sebelum huruf (لكنّ),
sekaligus menetapkan kebalikan dari kata yang terletak sesudah huruf
tersebut. Syaratnya harus didahului oleh nafi atau nahyi. Contoh: (مَا
قَرَأْتُ الدَّرْسَ لَكِنِ القُرْآنَ). Syarat dan ketentuan huruf (لكن
للعطف): 1. Harus didahului nafyi (pengecualian). Contoh: (مَا أَكَلْتُ
لحَمْاً لَكِنْ سَمَكًا) 2. Harus didahului nahyi (larangan). Contoh:
(لَا تَأْكُلْ لَحْمًا فَجًّا لَكِنْ نَاضِجًا) 3. Bentuk ma’thuf untuk
huruf (لكن للعطف) hanya berupa mufrad bukan kalimat/jumlah. 4.
Tidak didahului huruf (واو للعطف). Jika didahului maka bukan merupakan
huruf (لكن العطف) melainkan ibtida’/istidrak. Contoh: (وَمَا
ظَلَمْنَاهُمْ وَلَكِنْ كَانُوْا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُوْنَ) I.
HURUF BAL (بَلْ للعطف) artinya untuk idhrab (لإضراب الانتقالي) yaitu
mengalihkan perhatian dari kata yang terletak sebelumnya atau mengikat
dua kalimat, di mana kalimat pertama awalnya menjadi maksud sasaran lalu
setelah adanya huruf (بل للعطف) sasaran ini berpindah ke kalimat kedua
tanpa mengubah dan membatalkan status hukum yang pertama. Fungsinya sama
dengan (لَكِنْ) apabila didahului nafi atau nahyi. Diartikan “bahkan”
jika sebelumnya amar atau kalimat positif. Fungsi kedua yaitu pernyataan
pembatalan (الإضراب الإبطالي) berfungsi mengikat dua kalimat, di mana
hukum kalimat pertama dibatalkan karena tidak benar dengan kalimat
kedua. Dalam hal ini huruf (بل للعطف) bermakna (لا). Contoh:
(الأَجْرَامُ السَمَاوِيَّةُ ثَابِتَةٌ، بَلِ الأَجْرَامُ السَمَاوِيَّةُ
مُتَحَرِّكَةٌ). Contoh: (لاَ تُصَاحِبْ الْكَسْلاَنَ بَل الْمُجْتَهِدَ)
(لِتَجْلِسْ هَادِءًا بَلْ مَصْغِيًا). Berfungsi untuk membetulkan
kesalahan. Contoh: (اَشْتَرَيْتُ ذَوَاةً بَلْ قَلَمًا). Berfungsi untuk
membetulkan salah anggapan. Contoh: (جَآءَ الرَّئِيْسُ بَلْ نَائِبُهُ).
Syarat dan ketentuan huruf (بل للعطف): 1. Huruf (بل للعطف) hanya dikhususkan untuk menghubungkan bentuk mufrad. Contoh: (مَا رَأَيْتُ خَالِدًا بَلْ زَيْدًا) 2.
Jika huruf (بل) dipakai menghubungkan antara kalimat, maka huruf (بل)
bukan menjadi athaf tetapi ibtida’. Jadi dalam meng-i’rab-nya cukup
pakai kata (للإضراب الانتقالي) atau (للإضراب الإبطالي) tanpa
mencamtumkan kata athaf. Contoh: (بَلْ يُرِيْدُ كُلُّ امْرِئٍ مِنْهُمْ
أَنْ يُؤْتَى صُحُفًا مُنَشِّرَةً) 3. Ketika huruf (بل)
didahului kalimat positif atau perintah, dia berfaidah mengecualikan
ma’thuf alaih dan beralih ke hukum ma’thuf. Contoh: (أَعْدَدْتُ
الرِسَالَةَ بَلِ القَصِيْدَةَ) 4. Ketika huruf (بل) didahului
kalimat negatif (didahului nafyi atau nahyi), dia berfaidah membenarkan
hukum ma’thuf alaih lalu menetapkan hukum ma’thuf, dalam hal ini
bermakna (لكن). Contoh: (مَا زَرَعْتُ الرُزَّ بَلْ القُطْنَ) 5.
Tidak boleh menggunakan huruf (بل) dalam kalimat yang didahului
istifham (pertanyaan). Contoh: (أَحَفِظْتَ القُرْآنَ بَلْ الحَدِيْثَ)
kalimat salah. 6. Dalam keadaan tertentu, boleh masuk huruf
wawu setelah huruf (بل) namun jarang dipergunakan. Contoh: (إِنَّمَا
يَحْزَنُ الحَسَدَةُ أَبَدًا، لِأَنَّهُمْ لَا يَحْزَنُوْنَ لَمَّا
يَنْزِلُ بِهِمْ مِنَ الشَرِّ فَقَطْ، بَلْ وَلَمَّا يَنَالُ النَاسُ مِنَ
الخَيْرِ) J. HURUF HATTA (حَتَّى للعطف) artinya “hingga” atau
“sampai”. Huruf ini digunakan untuk penentuan tujuan (للغاية) dan
pemberian tahapan (للتدريج). Makna At-Tadrij adalah dalalah/indikasi
berlalunya sesuatu setahap demi setahap. Syaratnya bahwa ma’thuf ilaih
merupakan bagian dari ma’thuf. Contoh: (رَكِبْتُ كُلَّ الْوَسَائِلِ
حَتَّى الطَّيَارَةِ). Tidak setiap lafaz (حَتَّى) menjadi huruf ‘athaf,
karena adakalanya menjadi huruf nawashib bila berhadapan dengan fi’il
mudhari’ dan adakalanya menjadi huruf jar. Syarat dan ketentuan huruf
(حتى للعطف): 1. Lafaz ma’thuf harus berupa isim (bukan fi’il,
huruf atau kalimah) dan lafaz ma’thuf harus berupa isim zahir (bukan
dhamir). Contoh: (اِسْتَخْدَمَتْ وَسَائِلَ النَقْلِ حَتَّى الطَيَّارَةَ)
2. Lafaz ma’thuf harus merupakan bagian dari ma’thuf alaih,
baik bermakna hakiki (bagian dari ini, individu dari kelompok atau
bagian dari jenis). Atau bermakna bukan hakiki (bukan asal dari ini
seperti ilmu, warna, suara, bermakna sesuatu yang dimiliki). Contoh yang
bermakna hakiki: (النَبَاتُ نَافِعٌ حَتَّى الأَوْرَاقُ). Contoh yang
bermakna bukan hakiki: (تَمَتَّعَتْ الأُسْرَةُ بِعِيْدِ الفِطْرِ حِتَّى
غَنَمُهَا). 3. Jika huruf (حتى للعطف) masuk pada jumlah
fi’liyyah yang fi’il-nya berupa madhi dan atau masuk pada jumlah
ismiyyah, maka huruf (حتى العطف) bukanlah huruf Athaf melainkan huruf
isti’naf/ibtida’ (الاستئناف أو الابتداء). Contoh: (جَاءَ فَصْلُ
الخَرِيْفِ حَتَّى تَسَاقَطَتْ الأَوْرَاقُ) (جَاءَ فَصْلُ الخَرِيْفِ
حَتَّى الأَوْرَاقُ مُتَسَاقِطَةٌ) 4. Wajib mengulangi huruf Jar
yang sama setelah huruf (حتى للعطف) pada ma’thuf jika ma’thuf alaih-nya
didahului huruf Jar. Contoh: (سَافَرْتُ فِي الأُسْبُوْعِ المَاضِي
حَتَّى فِي آخِرِهِ) 5. Huruf (حتى للعطف) lebih banyak dipergunakan sebagai huruf Jar daripada Athaf.
VI. MENG-ATHAF-KAN DHAMIR (عطف الضمير) A. Dhamir munfashil bisa
langsung di-athaf-kan dengan isim zhahir. Contoh: (أَنَا وَمَحْمُوْدٌ
صَدِيْقَانِ) B.
Dhamir muttashil marfu yang di-athaf-kan harus di-taukid-kan terlebih
dahulu. Contoh: (صَلَيْتُ أَنَا وَمَحْمُوْدٌ فِي الْمَسْجِدِ) C.
Dhamir muttashil manshub yang di-athaf-kan dengan dhamir lagi harus
ada penyambungnya. Contoh: (أُوْصِيْكُمْ وِإِيَّايَ بِتَقْوَى اللهِ) D. Dhamir muttashil manshub bisa langsung di-athaf-kan dengan isim zahir. Contoh: (رَأَيْتُكَ وَأَبَاكَ فِي الْمَسْجِدِ)
E.
Dhamir yang majrur bila di-athaf-kan dengan dhamir lagi harus
mengulangi yang meng-kasrah-kannya, baik huruf jar atau mudhaf-nya.
Contoh: (بَيْنِيْ وَبَيْنَهُ) (هَذَا مِنْكَ وَمِنْهُ) F.
Meng-athaf-kan ma’thuf kepada ma’thuf alaih yang berupa dhamir rafa’
muttashil baik mustatir atau bariz, baik dalam keadaan rafa’ atau jar.
Maka dua opsi yang bisa dilakukan: 1. Menambahkan pemisah dengan taukid
(lafzi atau maknawi) di antara ma’thuf dan ma’thuf alaih.
i. Apabila ma’thuf alaih berupa
dhamir muttashil bariz marfu’ lalu dipisah dengan taukid lafzi. Contoh:
(كُنْتَ أَنْتَ وَصَدِيْقُكَ مُجْتَهِدِيْنَ). Dhamir pada (كنت) disebut
dhamir rafa’ muttashil bariz sebagai ma’thuf alaih dan dhamir (أنت)
disebut dhamir rafa’ munfashil bariz sebagai taukid lafzi yang berfungsi
memisahkan ma’thuf alaih dan ma’thuf-nya.
ii. Apabila ma’thuf alaih berupa dhamir muttashil bariz
marfu’ lalu dipisah dengan taukid maknawi. Contoh: (اُسْكُنْ اُسْكُنْ
وَأَخُوْكَ فِي بَيْتِي) 2. Menambahkan pemisah dengan mengulangi huruf
jar atau mengulangi mudhaf atau menambahkan huruf (لا النفي)
i. Apabila ma’thuf alaih berupa
dhamir muttashil bariz majrur dengan huruf jat lalu dipisah dengan cara
mengulangi huruf jar. Contoh: (ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَمَاءِ وَهِيَ
ذُخَانٌ فَقَالَ لَهَا وَلِلأَرْضِ ائْتِنَا طَوْعًا أَوْ كَرْهًا قَالَتَا
أَتَيْنَا طَائِعِيْنَ). Dhamir (الهاء) pada (لها) adalah dhamir
muttashil bariz majrur dengan huruf jar lam, posisi dia menjadi ma’thuf
‘alaih untuk ma’thuf lafaz (الأرض). Jadi untuk memisahkan keduanya
(ma’thuf dan ma’thuf alaih) mesti mengulangi huruf jar yang sama sebagai
pemisah. ii. Apabila
ma’thuf alaih berupa dhamir muttashil bariz majrur dengan idhafah lalu
dipisah dengan cara mengulangi mudhaf. Contoh: (قَالُوْا نَعْبُدُ
إِلَاهَكَ وَإِلَاهَ آبَائِكَ). Dhamir (الكاف) pada (إلاهك) adalah dhamir
muttashil bariz majrur dengan idhafah, posisi dia menjadi mudhaf ilahi
dan juga ma’thuf ‘alaih untuk ma’thuf lafaz (آبائك). Jadi untuk
memisahkan keduanya mesti mengulangi mudhaf ilaih yang sama pada ma’thuf
dan ma’thuf alaih. iii.
Apabila ma’thuf alaih berupa dhamir muttashil bariz marfu’ dipisah
dengan laa nafyi. Contoh: (سَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ أَشْرَكُوْا لَوْ شَاءَ
اللهُ مَا أَشْرَكْنَا وَلَا آبَاؤُنَا). Dhamir (نحن) pada (أشركنا)
adalah dhamir muttashil bariz marfu’. Dia menjadi Fa’il dan juga ma’thuf
‘alaih untuk ma’thuf lafaz (آباؤنا). Jadi untuk memisahkan keduanya
(ma’thuf dan ma’thuf alaih) maka ditambahkan pemisah (لا النفي). VII.
MENG-ATHAF-KAN FI’IL & JUMLAH (عطف الفعل والجملة)
Meng-athaf-kan fi’il sama dengan meng-athaf-kan jumlah dengan
jumlah. Adapun dalam meng-athaf-kan jumlah dengan jumlah ada beberapa
ketentuan: A. Boleh meng-athaf-kan fi’il dengan fi’il lagi
dengan syarat sama dalam hal zaman, baik itu madhi, hal atau
mustaqbal-nya. Contoh: (لَقَدْ خَلَقْنَا الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ
تَقْوِيمٍ. ثُمَّ رَدَدْنَاهُ أَسْفَلَ سَافِلِينَ. إِلَّا الَّذِينَ
آَمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ فَلَهُمْ أَجْرٌ غَيْرُ مَمْنُونٍ) B.
Apabila yang fi’il yang di-athaf-kan didahului nafi atau nahyi maka
harus mengulangi nafi atau nahyi-nya. Contoh: (لَمْ يَلِدْ وَلَمْ
يُولَدْ وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ) C. Sama kedudukan i’rab-nya.
Contoh: (لِيُفْسِدَ فِيْهَا وَيُهْلِكَ الْحَرْثَ وَالنَّسْلَ) D.
Terdapat kesamaan bentuk kalam khabar atau insya’i. contoh: (إِنَّ
الْأَبْرَارَ لَفِيْ نَعِيْمٍ وَإِنَّ الْفُجَّارَ لَفِيْ جَحِيْمٍ) E.
Ada hubungan makna. Contoh: (فَالْمُغِيْرَاتِ صُبْحًا فَأَثَرْنَ بِهِ
نَقْعًا) VIII. HUKUM MEMBUANG HURUF ATHAF & MA’THUF (حذف حرف العطف
والمعطوف) Huruf (فاء العطف) dan (واو العطف) terkadang dibuang
beserta
ma’thuf-nya sebab tidak terjadi kekeliruan pemahaman dan (واو العطف)
memiliki keistimewaan tersendiri. Dalam syarat dan ketentuan
masing-masing huruf athaf sudah disinggung bahwa khusus untuk huruf (فاء
العطف) dan (واو العطف) boleh dibuang dan bahkan bersamaan dengan
ma’thuf-nya jika tidak menimbulkan salah pemahaman. IX. HUKUM MEMBUANG
MA’THUF (حذف المعطوف) Ma’thuf boleh dibuang ketika ma’thuf ini
berupa amil dan yang
Nampak tinggal ma’mul-nya, baik dalam posisi rafa’, nashab atau jar.
Huruf athaf yang memiliki keistimewaan menghubungkan ma’thuf (yang
dibuang) dengan ma’thuf alaih hanya huruf (واو العطف).
Amil adalah sesuatu yang menghukumi dan mempengaruhi ma’mul dalam hal
i’rab, seperti: fi’il, huruf jar, syarth, amil nawashib, jawazim dan
lain-lain. Ma’mul adalah kata atau kalimat yang dihukumi dan dipengaruhi
oleh amil dalam hal i’rab, seperti: Fa’il, isim majrur, maf’ul bih dan
lain-lain. Contoh ma’thuf yang dibuang berupa amil: A. Amil
dibuang dan menyisakan ma’mul dalam keadaan rafa’. Contoh: (اُسْكُنْ
أَنْتَ وَزَوْجُكَ الجَنَّةَ). Lafaz (زوج) adalah ma’mul dalam keadaan
rafa’ sebagai Fa’il dari amil yang dibuang lafaz (ليسكن). Amil yang
dibuang ini menjadi ma’thuf dan dihubungkan oleh wawu kepada ma’thuf
‘alaih kalimat (اسكن أنت). B. Amil dibuang dan menyisakan
ma’mul dalam keadaan nashab. Contoh: (وَالَّذِيْنَ تَبَوَّأُوا الدَارَ
وَالإِيْمَانَ مِنْ قَبْلِهِمْ يُحِبُّوْنَ مَنْ هَاجَرَ إِلَيْهِمْ) C.
Amil dibuang dan menyisakan ma’mul dalam keadaan majrur. Contoh: (مَا
كُلُّ السَوْدَاءِ فَحْمَةٌ، وَلَا البَيْضَاءِ شَحْمَةٌ) X. HUKUM
MEMBUANG MA’THUF ‘ALAIH (حذف المعطوف عليه) Boleh membuang
ma’thuf alaih sendirian jika tidak berpotensi
salah paham. Ini berlaku untuk yang dihubungkan dengan huruf athaf
(الواو - الفاء - أم متصلة - لا) A. Ketika ma’thuf alaih dibuang
dan tersisa wawu athaf dan ma’thuf-nya. Contoh: (خَالِد: مَرْحَبًا بِكَ
يَا زَيْدُ - زَيْد: بِكَ وَأَهْلًا وَسَهْلًا). Jawaban Zaid menunjukkan
terdapat ma’thuf alaih yang dibuang yaitu kata (مرحبا) B.
Ketika ma’thuf alaih dibuang dan tersisa (فاء العطف) dan ma’thuf-nya.
Contoh: (أَفَلَمْ يَسِيْرُوْا فِي الأَرْضِ فَيَنْظُرُوْا كَيْفَ كَانَ
عَاقِبَةُ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْ) C. Ketika ma’thuf alaih
dibuang dan tersisa (أم العطف المتصلة) dan ma’thuf-nya. Contoh: (أَمْ
حَسِبْتُمْ أَنْ تَدْخُلُوْا الجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللهُ الَّذِيْنَ
جَاهَدُوْا مِنْكُمْ) D. Ketika ma’thuf alaih dibuang dan
tersisa (لا العطف) dan ma’thuf-nya. Contoh: (عَاهَدْتُ نَفْسِي أَنْ
أَعْمَلَ الخَيْرَ ... لَا قَلِيْلًا، وَأَنْ أَقُوْلَ الحَقَّ ... لَا
بَعَضَ الأَوْقَاتِ). Pada titik-titik terdapat dua ma’thuf alaih yang
dibuang, yaitu (كثيرا) dan (كل الأوقات) XI. KETENTUAN-KETENTUAN LAINNYA
(الضوابط الأخرى) A.
Huruf Athaf (و - ف - ثم) boleh terletak langsung setelah hamzah
istifham (berlaku pada athaf jumlah). Contoh: (أَوَلَمْ يَتَفَكَّرُوْا
مَا بِصَاحِبِهِمْ مِنْ جِنَّةٍ إِنْ هُوَ إِلَّا نَذِيْرٌ مُبِيْنٌ).
Adapun untuk perangkat istifham lain selain hamzah, tidak boleh
mendahului ketiga huruf athaf tersebut. Contoh: (فَهَلْ يُهْلَكُ إِلَّا
القَوْمُ الفَاسِقُوْنَ) B. Huruf Athaf (و - ف - ثم) tidak
selalu menjadi huruf Athaf, terkadang juga menjadi huruf Isti’naf
(الاستئناف). Contoh: (سِيْرُوْا فِي الأَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ بَدَأَ
الَخْلقَ ثُمَّ اللهُ يُنْشِئُ النَشْأَةَ الآخِرَةَ إِنَّ اللهَ عَلَى
كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٍ)
0 Comments