Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
BAB 58 : WAQF (الوقف) I. PENGERTIAN (تعريف الوقف) Waqf adalah memutuskan ucapan pada akhir kalimat. II. PEMBAGIAN WAQF (أقسام الوقف) A.
Waqf Ikhtiyari (الوقف الاختياري), yaitu memutuskan ucapan pada akhir
kalimat dengan disengaja, bukan karena terputusnya nafas. B.
Waqf Idhthirari (الوقف الاضطراري), yaitu memutuskan ucapan pada akhir
kalimat tanpa disengaja, melainkan karena terputusnya nafas. C.
Waqf Ikhtibari (الوقف الاختباري), yaitu memutuskan ucapan pada akhir
kalimat bukan sengaja zhatiyah-nya Waqf, tetapi untuk mencoba seseorang,
apakah Waqfnya sudah baik atau belum. III. WAQF PADA LAFAZ YANG BERTANWIN (الوقف في اللفظ المنون) A.
Apabila tanwin-nya terletak setelah fathah, maka tanwin-nya diganti
alif, baik berupa fathah i’rab atau fathah mabni. Contoh: (رَأَيْتُ
زَيْدًا) Waqfnya (رَأَيْتُ زَيْدَا), (وَيْهًا) Waqfnya (وَيْهَا).
Dikecualikan lafaz mu’annats yang ditandai Ta’, maka tanwin-nya dibuang,
dan Ta’-nya diganti ha’. Contoh: (رَأَيْتُ فَاطِمَةَ) Waqfnya (رَأَيْتُ
فَاطِمَهْ). B.
Apabila tanwin-nya terletak setelah dhammah dan kasrah, maka
tanwin-nya dibuang dan huruf sebelumnya disukun. Contoh: (جَاءَ زَيْدٌ)
Waqfnya (جَاءَ زَيْدْ), (مَرَرْتُ بِزَيْدٍ) Waqfnya (مَرَرْتُ بِزَيْدْ). IV WAQF PADA HA’ DHAMIR (الوقف في هاء الضمير) A.
Bila ha’ dhamir dibaca fathah, maka shilah (huruf illat yang bertemu
dengannya wajib tetap. Contoh: (رَأَيْتُهَا) Waqfnya (رَأَيْتُهَا). B.
Bila ha’ dhamir dibaca dhammah atau kasrah, maka shilah-nya dibuang,
dan ha’-nya dibaca sukun. Contoh: (مَرَرْتُ بِهِ) Waqfnya (مَرَرْتُ
بِهْ), (رَأَيْتُهُ) Waqfnya (رَأَيْتُهْ). Jika keadaan darurat syair,
maka berubah hukum Waqf-nya. V. WAQF PADA LAFAZ (إِذَنْ) Lafaz (إِذَنْ) apabila dibaca nashab, huruf nun-nya diganti
alif, disamakan dengan isim ber-tanwin yang dibaca nashab. Contoh:
(أَزُوْرُكَ غَدًا إِذَنْ أُكْرِمَكَ) Waqfnya (أَزُوْرُكَ غَدًا إِذَا). VI. WAQF PADA ISIM MANQUSH BERTANWIN (الوقف في الاسم المنقوص المنون) A. Apabila dibaca nashab, maka tanwin-nya diganti alif. Contoh: (رَأَيْتُ قَاضِيًا) Waqfnya (رَأَيْتُ قَاضِيَا). B. Apabila dibaca rafa’ atau jar, maka diperbolehkan dua bentuk, yaitu: 1.
Membuang ya’ manqus-nya, dan huruf yang terletak sebelumnya dibaca
sukun. Contoh: (جَاءَ قَاضٍ) Waqfnya (جَاءَ قَاضْ), (مَرَرْتُ بِقَاضٍ)
Waqfnya (مَرَرْتُ بِقَاضْ). 2.
Mengembalikan sifat manqus-nya. Contoh: (وَلِكُلِّ قَوْمٍ هَدٍ)
Waqfnya (وَلِكُلِّ قَوْمٍ هَدِى), (وَمَا عِنْدَ اللهِ مِنْ بَاقٍ)
Waqfnya (وَمَا عِنْدَ اللهِ مِنْ بَاقِى). VII. WAQF PADA ISIM MANQUSH YANG TIDAK BERTANWIN (الوقف في الاسم المنقوص غير المنون) A.
Apabila dibaca rafa’ dan jar, ya’ manqush-nya tetap. Contoh: (جَاءَ
القَاضِي) Waqfnya (جَاءَ القَاضِي) dan (مَرَرْتُ بِالقَاضِي) Waqfnya
(مَرَرْتُ بِالقَاضِي). B. Apabila dibaca nashab, maka wajib menetapkan ya’ manqush-nya. Contoh: (رَأَيْتُ القَاضِيَ) Waqfnya (رَأَيْتُ القَاضِيْ). VIII. WAQF PADA ISIM MANQUSH YANG DIBUANG AIN FI’IL-NYA (الوقف في الاسم المنقوص المحذوف عين فعله) Isim manqush yang seperti ini ketika di-Waqf-kan, maka wajib
menetapkan ya’ manqush. Contoh: (جَاءَ مُرٍ) Waqfnya (جَاءَ مُرِى),
(رَأَيْتُ مُرِيًا) Waqfnya (رَأَيْتُ مُرِيَا) dan (مَرَرْتُ بِمُرٍ)
Waqfnya (مَرَرْتُ بِمُرِى). IX. WAQF PADA HA’ TA’NITS (الوقف في هاء التأنيث) Apabila akhir kata berupa ha’ Ta’nits maka Waqf-nya dengan
cara men-sukun. Contoh: (جَاءَتْ مُسْلِمَةٌ) Waqfnya (جَاءَتْ
مُسْلِمَهْ), (رَأَيْتُ مُسْلِمَةً) Waqfnya (رَأَيْتُ مُسْلِمَهْ) dan
(مَرَرْتُ بِمُسْلِمَةٍ) Waqfnya (مَرَرْتُ بِمُسْلِمَهْ). X. MACAM-MACAM WAQF PADA HURUF YANG BERHARAKAT (أنواع الوقف في الحروف المتحركة) A.
Waqf Taskin (وقف التسكين), yaitu Waqf dengan cara men-sukun huruf
akhir. Waqf ini banyak dipakai. Waqf ini tandanya huruf (خ) yang
diletakkan di atas huruf yang di-Waqf-kan. Contoh: (جَاءَ زَيْدٌخ).
Huruf (خ) diambil dari kalimat (خَفٌّ) atau (خَفِيْفٌ) yang artinya
ringan. B.
Waqf Rum (وقف الروم), yaitu Waqf dengan cara mengucapkan harakat huruf
akhir dengan melemahkan suara dan menyamarkannya, sebagai isyarah dari
harakat asalnya. Baik itu berupa harakat dhammah, fathah atau kasrah
sedangkan tanda Waqf rum yaitu garis kecil di depan huruf yang
di-Waqf-kan. Contoh: (جَاءَ زَيْدٌ -) C.
Waqf Isymam (وقف الاشمام), yaitu Waqf dengan cara mengumpulkan kedua
bibir setelah men-sukun huruf akhir pada lafaz yang dibaca rafa’ dan
dhammah untuk meng-isyarah-kan harakat dengan tanpa bersuara. Tujuan
Waqf ini untuk membedakan antara huruf yang sukun dan yang di-sukun
ketika Waqf. Adapun tanda Waqf isymam yaitu titik yang berada di depan
huruf yang di-Waqf-kan. Contoh: (جَاءَ زَيْدٌ.). Perbedaan Waqf rum dan
isymam adalah Waqf rum itu dapat dirasakan orang yang buta dan orang
yang tidak buta, karena berupa suara yang lemah dan samar, sedangkan
Waqf isymam hanya dapat diketahui orang yang bisa melihat saja, karena
hanya berupa isyarah. D.
Waqf Tadh’if (وقف التضعيف), yaitu Waqf dengan cara men-tasydid huruf
yang di-Waqf-kan. Sedangkan tujuannya untuk memberitahukan bahwa huruf
tersebut pada asalnya adalah berharakat. Tanda Waqf ini adalah huruf (ش)
di atas huruf yang di-Waqf-kan. Contoh: (هذَا قَمَرٌش). Adapun
syarat-syarat Waqf ini adalah: 1. Huruf akhirnya tidak berupa hamzah, maka dikecualikan lafaz (بِنَاءٌ) dan (خَطَاءٌ). 2. Huruf akhirnya tidak berupa huruf illat, maka dikecualikan lafaz (القَاضِي), (الفَتَى), (سَرُوَ) dan (بَقِيَ). 3. Huruf sebelumnya berharakat, maka dikecualikan (بَكْرٌ) dan (عَمْرٌ) E.
Waqf Naql (وقف النقل), yaitu Waqf dengan cara memindah harakat huruf
akhir pada huruf sebelumnya. Syarat Waqf ini adalah: huruf sebelum akhir
sukun dan huruf sebelum akhir bisa menerima harakat. Contoh: (هَذَا
بَكْرٌ) Waqfnya (هَذَا بَكُرْ), (مَرَرْتُ بِبَكْرٍ) Waqfnya (مَرَرْتُ
بِبَكِرْ) dan (رَأَيْتُ بَكْرًا) Waqfnya (رَأَيْتُ بَكَرْ). Apabila
huruf sebelum akhir tidak sukun, atau sukun tetapi tidak menerima
harakat, adakalanya hurufnya tidak bisa diharakati seperti alif, atau
berat menyandang harakat, maka tidak boleh di-Waqf-kan naql. Contoh:
(تَابٌ - بَابٌ - قِنْدِيْلٌ - عُصْفُوْرٌ - زَيْدٌ - ثَوْبٌ). Tujuan Waqf
ini adalah adakalanya untuk menjelaskan harakat i’rab atau menghindari
dari bertemunya dua huruf yang mati (iltiqa as-sakinain). Adapun Waqf
ini tidak ada tandanya. XI. WAQF PADA TA’ TA’NITS (الوقف في تاء التأنيث) A.
Apabila sebelum Ta’ berupa huruf shahih yang mati, maka Ta’-nya tetap,
dan dibaca sukun. Contoh: (هذِهِ البِنْتُ) menjadi (هذِهِ البِنْتْ) dan
(هذِهِ الأُخْتُ) menjadi (هذِهِ الأُخْتْ). B.
Apabila huruf sebelum Ta’ tidak berupa huruf shahih yang mati, tetapi
berharakat atau huruf illat, maka Ta’ Ta’nits diganti menjadi ha’.
Contoh: (فَاطِمَةٌ) Waqfnya (فَاطِمَهْ), (قَائِمَةٌ) Waqfnya
(قَائِمَهْ), (حَمْزَةٌ) Waqfnya (حَمْزَهْ), (الحَيَاةُ) Waqfnya
(الحَيَاهْ), (الفَتَاةُ) Waqfnya (الفَتَاهْ). XII. WAQF PADA JAMAK MU’ANNATS SALIM (الوقف في جمع المؤنث السالم) Jamak
mu’annats salim dan lafaz yang disamakan dengannya itu ketika Waqf,
maka dengan menetapkan Ta’ Ta’nits yang dibaca sukun. Contoh: (جَاءَتْ
مُؤْمِنَاتٌ) Waqfnya (جَاءَتْ مُؤْمِنَاتْ).
0 Comments