Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
BAB 33 : MUNADA (المنادى) I. PENGERTIAN (تعريف المنادى) Munada adalah isim yang disebutkan setelah salah satu huruf nida sebagai panggilan. Atau Munada adalah kata benda (isim) yang disebut sesudah huruf dari salah satu huruf-huruf nida (seruan). Atau isim yang dipanggil atau disapa dengan mempergunakan huruf-huruf panggilan (huruf nida) agar yang dipanggil mendatangi atau menoleh kepada orang yang memanggil. II. HURUF-HURUF NIDA’ (حروف النداء) A. Huruf (يا). Digunakan untuk panggilan jauh. Contoh: (يَا صَاحِبَ السَيَّارَةِ تَمَهَّلْ) B. Huruf (أ). Digunakan untuk panggilan dekat. Contoh: (أَخَالِدُ أَحِبُّ) C. Huruf (أي). Digunakan untuk panggilan dekat. Contoh: (أَيْ أَخِي قَمْ بِعَمَلِكَ) D. Huruf (آ). Digunakan untuk panggilan jauh. Contoh: (آخَالِدُ،حَافِظْ عَلَى نَفْسِكَ) E. Huruf (أيا). Digunakan untuk panggilan jauh. Contoh: (أَيَا غَافِلاً وَالمَوْتُ يَطْلُبُهُ) F. Huruf (هيا). Digunakan untuk panggilan jauh. Contoh: (هَيَّا مُتَرَدِّدًا، اِتَّخَذَ قَرَارُكَ) G. Huruf (وا). Digunakan untuk munada mandub (yang diratapi) kata seru untuk menyatakan rasa sedih atau sakit, baik karena musibah, kesakitan, kematian atau kehilangan. Contoh: (وا زَيْدَاه) III. PEMBAGIAN MUNADA (أقسام المنادى) A. Munada Mufrad Alam (المُفْرَدُ العَالَمُ), yaitu munada yang terdiri dari kata nama tunggal (tidak terdiri dari dua kata). Contoh: (يَا زَيْدُ). Hukumnya mabni dhammah, alif (jika berupa isim tatsniyyah) (يَا زَيْدَانِ), wawu (jika jamak mudzakkar salim) (هَيَّا مُسْلِمُوْنَ). B. Munada Nakirah Maqshudah (النَكِرَةُ المَقْصُوْدَةُ), yaitu munada yang terdiri dari isim nakirah, yang ditujukan kepada pihak tertentu. Contoh: (يَا رَجُلُ). Hukumnya mabni dhammah tanpa tanwin. C. Munada Nakirah Ghair Maqshudah (النَكِرَةُ غَيْرُ المَقْصُوْدَةِ), yaitu munada yang terdiri dari isim nakirah, yang tidak ditujukan kepada pihak tertentu. Contoh: (يَا رَجُلاً). Hukumnya harus dibaca nashab. D. Munada Mudhaf (المُضَافُ), yaitu munada yang terdiri dari dua kata yang telah menjadi satu arti. Contoh: (يَا عَبْدَ اللهِ). Hukumnya harus dibaca nashab. E. Munada Al-Musyabbihu bi Al-Mudhaf (المُشَبِّهُ بِالْمُضَافِ), yaitu munada yang terdiri dari dua kata dan kata yang keduanya merupakan penyempurna bagi pengertian kata yang pertama. Contoh: (يَا جَمِيْلاً وَجْهُهُ). Hukumnya harus dibaca nashab, seperti: (1) Sebagai Fa’il-nya. Contoh: (يَا حَسَنًا وَجْهُهُ); (2) Sebagai Na’ibul Fa’il. contoh: (يَا مَحْمُوْدًا خُلُقُهُ); (3) Sebagai Maf’ul. Contoh: (يَا طَالِعًا جَبَلًا); (4) Sebagai Jar Majrur. Contoh: (يَا رَفِيْقًا بِالعِبَادِ); (5) Sebagai Zharaf. Contoh: (يَا جَالِسًا عِنْدَنَا); (6) Sebagai Ma’thuf. Contoh: (يَا ثَلَاثَةً وَثَلَاثِيْنَ); (7) Sebagai Na’at. Contoh: (يَا كَبِيْرًا بُرْجَى فِي الشَدَائِدِ). IV. I’RAB MUNADA (إعراب المنادى) A. Mansub apabila munada berupa mudhaf, syibhul mudhaf atau nakirah ghairu maqsudah. Dengan penjelasan sebagai berikut: 1. Munada mudhaf, yaitu kata benda yang disandarkan kepada kata lain yang berperan sebagai munada. Dengan kata lain, munada-nya di-idhafah-kan. Contoh: (الْجِنِّ قَدِ اسْتَكْثَرْتُمْ مِّنَ الْاِنْسِ يَا مَعْشَرَ) 2. Munada syibhul mudhaf, yaitu kata benda yang mirip mudhaf yang berperan sebagai munada. Contoh: (يَا قَائِمًا اِجْلِسْ) 3. Munada nakirah ghairu maqshudah, yaitu kata benda (isim) nakirah yang tidak dimaksudkan seseorang. Contoh: (يَا رَجُلًا اِجْتَهِدْ) B. Marfu’ apabila munada-nya berupa mufrad ‘alam dan nakirah maqshudah. Dengan penjelasan sebagai berikut: 1. Munada mufrad ‘alam yaitu kata benda nama ‘alam tunggal. Contoh: (يَا ادَمُ اَمْبِئْهُمْ بِأَسْمَآئِهِمْ) 2. Munada nakirah maqshudah, yaitu kata benda indefinitif (tak tentu) yang dimaksud. Contoh: (وَقِيْلَ يَآاَرْضُ ابْلَعِى مَاءَكِ وَيَا سَمآءُ اَقْلِعِى) V. MUNADA YANG DI-IDHAFAH-KAN DENGAN YA’ MUTAKALLIM (المنادى المضاف بياء المتكلم) A. Isim shahih akhir. Seperti berubahnya lafaz (أب) dan (أم), maka “ya” mutakalim dibuang dan diganti dengan kasrah pada huruf sebelumnya. Contoh: (يَا أُمِّ اِفتحِي البَابَ) B. Isim mu’tal akhir. Maka wajib menetapkan “ya” tidak boleh mengubahnya. Contoh: (يَاحَامِى) C. Sifah shahih akhir. Maka “ya” wajib di-sukun atau di-fathah. Contoh: (يَامُكْرَمِىَ) (يَامُكْرَمِىْ) VI. KETENTUAN-KETENTUAN LAINNYA (الشروط والضوابط الأخرى) A. Pembuangan Huruf Nida’: 1. Apabila terletak sebelum Fi’il Amr dan Doa. Contoh: (زَيْدٌ أَقْبِلْ) (عَبْدُ اللهِ اِرْكَبْ). 2. Pada Isim Isyarah. Contoh: (ثُمَّ أَنْتُمْ هَؤُلَاءِ تَقْتُلُوْنَ أَنْفُسَكُمْ). Yang dimaksud (يا هؤلاء). 3. Pada Isim Jinis. Contoh: (أَصْبِحْ لَيْلُ).Yang dimaksud (يا ليل). B. Huruf Nida yang tidak boleh dibuang: 1. Pada munada mandub (Nudbah). Contoh: (وَا رَاسَاهُ) 2. Pada Munada Mustaghats. Contoh: (يَا لَزَيْدٍ). 3. Pada Munada yang berupa Dhamir. Contoh: (يَا إِيَّاكَ قَدْ كُفِيْتُكَ). 4. Pada Munada Muta’aajub Minhu/yang dikagumi. Contoh: (يَا لَلْمَاءَ). 5. Pada Munada yang jauh. 6. Pada Munada yang berupa lafaz (الله) C. Tidak boleh mengumpulkan “ya” nida dengan “al”, karena akan menyebabkan berkumpulnya dua adat ma’rifat, kecuali pada tiga tempat, yaitu: 1. Dalam keadaan darurat nadham. 2. Bersamaan dengan lafaz (اللهُ). Hal ini diperbolehkan karena banyak digunakan dan boleh membaca Qatha’ pada alif atau membuangnya (membaca washal) seperti: (يا الله) 3. Pada jumlah yang dihikayahkan. Yaitu jumlah yang ada “al”nya dan dijadikan nama orang, seperti: (يَاالرَّجُوْلُ مُنْطَلِقٌ, أَقْبِلْ) D. Selain dari ketiga tempat di atas, boleh mengumpulkan “ya” nida dengan “al” apabila: 1. Terdapat lafaz berupa (أَيُّهَا) (untuk mudzakar) dan (أَيَّتُهَا) (untuk mu’annats) sebelum munada. Contoh: Hai manusia, Apakah yang telah memperdayakan kamu (berbuat durhaka) terhadap Tuhanmu yang Maha Pemurah. 2. Terdapat isim isyarah sebelum munada. Contoh: (يَا هَذِهِ الفَتَاةُ) (يَا هَذَا الرِّجَالُ). Kecuali apabila munada berupa lafaz jalalah seperti kalimat (يَااَلله) tanpa menggunakan (أَيُّهَا) dan (هَذَا). Sehingga kebanyakan memanggil huruf nida. E. Ada 3 bentuk nida yang berkaitan dengan bentuk nida’, yaitu: 1. Nida’ Ta’ajjub adalah salah satu bentuk dari bentuk-bentuk Ta’ajjub (kagum) dengan cara nida’. Contoh: (يَا لَجَمَالِ الطَّبِيعَةِ) 2. Mandub adalah pihak yang dikeluhkan. Contoh: (وَا أُمَّاه) = Wahai, kasihan ibuku! 3. Tarkhim, yaitu menghapus akhir kata dalam nida’. Contoh: (يَا سُعَا). Isim-isim yang boleh di-tarkhim adalah: i. Semua isim mu’annats yang akhirnya Ta’ Ta’nits. Contoh: (يَا فَاطِمَ) ii. Nama-nama yang terdiri dari empat huruf atau lebih. Contoh: (يَا جَعْفَ) Isim yang di-tarkhim boleh dibaca dengan dua cara baca: i. Membiarkan isim yang telah dihapus sebagaimana sebelum dihapus, sehingga menjadi: (يَا فَاطِمَ) (يَا جَعْفَ) ii. Atau memperlakukan akhir huruf yang telah dibuang sebagaimana ia adalah huruf yang terakhir, mabni atas dhammah, maka menjadi: (يَا فَاطِمُ) (يَا فَاطِمُ)
0 Comments