Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
MAF’UL FIH (المفعول فيه)
(1) Pengertian Al-Maf’ul
Bih; (2) Syarat-Syarat Maf’ul Fiih; (3) Amil yang Me-Nashab-kan Zharaf (Amil
yang Zhahir/Tampak & Tidak Zhahir/Dibuang); (4) Macam-Macam Zharaf
(Zaman/Waktu & Makan/Tempat; (5) Ketentuan-Ketentuan Al-Maf’ul Bih; (6)
Isim-Isim Pengganti/Mewakili Posisi Zharaf yang Dibuang; (7)
Ketentuan-Ketentuan Maf’ul Fih; Soal-Soal Latihan.
Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
PEMBAHASAN ILMU NAHWU TERLENGKAP (klik disini)
##########
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
Artikel Bebas - Tafsir - Ulumul Qur'an - Hadis - Ulumul Hadis - Fikih - Ushul Fikih - Akidah - Nahwu - Sharaf - Balaghah - Tarikh Islam - Sirah Nabawiyah - Tasawuf/Adab - Mantiq - TOAFL
##########
BAB
28 : MAF’UL FIH (المفعول فيه) I. PENGERTIAN (تعريف المفعول فيه)
Maf’ul fih adalah isim manshub yang disebutkan untuk menjelaskan
waktu atau tempat terjadinya fi’il (yaitu menjadi jawaban dari
pertanyaan “Kapan atau dimana terjadinya fi’il?”). Maf’ul fih juga
dinamakan zharaf zaman apabila menunjukkan kepada waktu terjadinya fi’il
dan dinamakan zharaf makan apabila menunjukkan kepada tempat terjadinya
fi’il. II. SYARAT-SYARAT MAF’UL FIIH A. Mengandung siratan makna Fii
yang secara lafaz tidak nampak B. Menunjukkan arti tempat/waktu yang
terkait dengan suatu kejadian C. Manshub dengan amil-nya III. AMIL YANG
ME-NASHAB-KAN ZHARAF A. Amil yang zhahir/tampak: 1. Fi’il. Contoh:
(ذَهَبَ خَالِدٌ يَوْمَ الجُمْعَةِ) 2. Mashdar. Contoh: (السَهْرُ
لَيْلًا مُرْهِقٌ) 3. Isim Fa’il. Contoh: (خَالِدٌ قَادِمٌ غَدًا) 4.
Isim Maf’ul. Contoh: (المَدْرَسَةُ مَفْتُوْحَةٌ صَبَاحًا وَمُغْلِقَةٌ
مَسَاءً) 5. Sifah Musyabbahah. Contoh: (خَالِدٌ حَلِيْمٌ عِنْدَ
الغَضَبِ) 6. Syighah Mubalaghah. Contoh: (خَالِدٌ فِطْنٌ عِنْدَ سِبَاقِ
مَهَارَةِ القِرَاءَةِ) 7. Isim Tafdhil. Contoh: (المَرِيْضُ اليَوْمَ
أَحْسَنُ مِنْهَ أَمْسِ) B. Amil yang tidak Zhahir/dibuang: 1.
Jawaz/Boleh. Contoh: Jika ada pertanyaan (مَتَى جِئْتَ) lalu dijawab
(يَوْمَ الجُمْعَةِ) taqdir-nya (جِئْتُ يَوْمَ الجُمْعَةِ). 2. Wajib,
apabila: i. Menjadi Sifah. Contoh: (مَرَرْتُ بِرَجُلٍ عِنْدَكَ)
ii. Menjadi Shilah. Contoh: (جَاءَ
الَّذِي عِنْدَكَ) iii. Menjadi Haal. Contoh: (مَرَرْتُ بِزَيْدٍ
عِنْدَكَ) iv. Menjadi
Khabar/asalnya Khabar. Contoh: (زَيْدٌ عِنْدَكَ) V. MACAM-MACAM ZHARAF
(أنواع الظروف) A. ZHARAF ZAMAN/WAKTU (ظرف الزمان), yaitu setiap isim
yang menunjukkan waktu tertentu atau tidak tertentu, baik maa’rifah atau
nakirah, atau dibentuk dari fi’il dengan wazan (مَفْعِلٌ - مَفْعَلٌ).
Contoh: (أُسْبُوع) (شَهْر) (سَنَة) (صَبَاح) (مَسَاء) (ظُهْر) (لَيل)
(غَدًا) (قَبْل) (بَعْد) (طِوَال) (خِلَال) (أَثْنَاء) (مَجْلِسَ) 1.
Mubham. Seperti sebagian contoh sebelumnya. 2. Mukhtash, yaitu
menunjukkan waktu yang dibatasi baik:
i. Maklum. Contoh: Berupa Alam (صُمْتُ رَمَضَانَ), Idhafah
(اِعْتَكَفْتُ يَوْمَ الجُمُعَةِ) dan Alif Lam (أَقَمْتُ العَامَ).
ii. Tidak Maklum. Contoh: (سِرْتُ
يَوْمًا أَوْ يَوْمَيْنِ) B. ZHARAF MAKAN/TEMPAT (ظرف المكان), yaitu
setiap isim yang menunjukkan tempat tertentu atau tidak tertentu.
Contoh: (وَسَط) (فَوق) (قَرْب) (تَحْت) (بَين) (عِنْد) (لَدَى) (تِلْقَاء)
(تُجَاه) (نَحْو) (حَول) (دُون) (مِيل) (فَرْسَخ) (كِيلُومِتْر) (قدام)
(حذاء) (إزاء) (داخل) (خارج) (ظاهر) (باطن) (جوف الدار) (جانب) (جهة) (وجه)
(كنف) 1. Mubham. Seperti sebagian contoh sebelumnya. 2. Mukhtash,
yaitu menunjukkan waktu yang dibatasi. Contoh: (سَكَنْتُ الدَارَ) 3.
Isim Makan yang dibentuk dari Mashdar-nya Fi’il. Contoh: (جَلَسْتُ
مَجْلِسَ زَيْدٍ) V. KETENTUAN-KETENTUAN AMIL AL-MAF’UL FIH (ضوابط عوامل
المفعول فيه) A. Posisi zharaf dan amil-nya boleh saling mendahului,
tidak harus zharaf berada di akhir. Contoh: (حَالَةُ الجَوِّ اليَوْمَ
مُعْتَدِلَةٌ - اليَوْمَ حَالَةُ الجَوِّ مُعْتَدِلَةٌ - حَالَةُ الجَوِّ
مُعْتَدِلَةٌ اليَوْمَ) B. Bolehnya satu amil untuk beberapa zharaf jika
zharaf-nya berbeda, satu zaman satu makan. Contoh: (رَأَيْتُكَ يَوْمَ
الوَدَاعِ خَلْفَ جُدْرَانِ المَدْرَسَةِ بَاكِيَةٌ). Namun tidak boleh
jika kedua zharaf-nya sama jenisnya, kecuali dalam dua keadaan: 1.
Menjadikan zharaf kedua sebagai badal. Contoh: (أُقَابِلُكَ يَوْمَ
السَبْتِ صَبَاحًا) 2. Ketika amil-nya berupa isim tafdhil. Contoh:
(المَرِيْضُ اليَوْمَ أَحْسَنُ مِنْهَ أَمْسِ) C. Beberapa tempat di mana
amil-amil wajib dan boleh dibuang: 1. Boleh dibuang ketika sudah
mafhum atau sudah terindikasi dari kalimat yang digunakan sebelumnya.
Seperti bentuk jawaban untuk sebuah pertanyaan. Contoh: (السُؤَالُ:
مَتَى تَذْهَبُ يَا خَالِدٌ؟ - الجَوَابُ: يَوْمَ الخَمْيِسِ) 2. Wajib
dibuang dalam beberapa tempat berikut:
i. Jika zharaf berada di posisi Khabar. Contoh:
(الِامْتِحَانُ غَدًا) yang dibuang (الِامْتِحَانُ حَاصِلٌ غَدًا)
ii. Jika zharaf berada di posisi Hal.
Contoh: (رَأَيْتُكَ بَيْنَ المُجَاهِدِيْنَ فِي سَبِيْلِ اللهِ) yang
dihapus (رَأَيْتُكَ وَافِقًا بَيْنَ المُجَاهِدِيْنَ فِي سَبِيْلِ اللهِ)
iii. Jika zharaf berada di
posisi Sifah. Contoh: (اشْتَرَى خَالِدٌ الكِتَابُ مِنْ مَكْتَبَةِ
أَمَامَ المَدْرَسَةِ) yang dihapus (اشْتَرَى خَالِدٌ الكِتَابُ مِنْ
مَكْتَبَةٍ كَائِنَةٍ أَمَامَ المَدْرَسَةِ)
iv. Jika zharaf berada di posisi Shilah Maushul. Contoh:
(اشْتَرَى خَالِدٌ الكِتَابُ مِنْ مَكْتَبَةِ أَمَامَ المَدْرَسَةِ) yang
dihapus (اشْتَرَى خَالِدٌ الكِتَابُ مِنْ مَكْتَبَةِ الَّتِي أَمَامَ
المَدْرَسَةِ) v. Jika zharaf
berada di posisi Masyghul ‘Anhu. Contoh: (يَوْمَ الخَمِيْسِ صُمْتُ
فِيْهِ) yang dihapus (يَوْمَ الخَمِيْسِ صُمْتُ فِيْهِ صُمْتُ)
vi. Jika zharaf berada di posisi Sima’i.
Contoh: (حِيْنَئِذٍ الآنَ) yang dihapus (قد حدث ما تذكر حين إذ كان كذا،
واسمع الآن) VI. ISIM-ISIM PENGGANTI/MEWAKILI POSISI ZHARAF YANG DIBUANG
(الأسماء النائبة من موضع الظرف المحذوف) A. Mashdar. Sering sekali
mashdar menjadi mudhaf ilaih bagi zharaf dan mewakili posisinya ketika
zharaf itu dibuang. Mashdar di-i’rab sebagai zharaf dengan syarat
mashdar tersebut menjadi makna penjelas bagi zharaf yang dibuang.
Contoh: (أَنْتَظِرُكَ طُلُوْعَ الشَمْسِ) taqdir-nya (أَنْتَظِرُكَ وَقْتَ
طُلُوْع الشَمْسِ) B. Isim ‘Ain. Isim ini mewakili posisi zharaf ketika
zharaf itu di-idhafah-kan kepada mashdar, lalu zharaf dan mashdar yang
idhafah itu dibuang secara bersamaan dan kemudian posisinya ditempati
isim ‘Ain. Contoh: (أَنْتَظِرُكَ الفَرْقِدَيْنِ) taqdir-nya
(أَنْتَظِرُكَ وَقْتَ ظُهُوْرِ الفَرْقِدَيْنِ) C. Lafaz (كل - بعض - عامة
- نصف - ربع). Jika menemukan lafaz-lafaz itu, i’rab-lah sebagai zharaf
manshub karena mereka menjadi penggantinya zharaf dengan syarat
lafaz-lafaz itu di-idhafah-kan kepada isim zharaf-nya. Contoh: (سَهَرْتُ
كُلَّ اللَيْلِ) taqdir-nya (سَهَرْتُ فِي كُلَّ اللَيْلِ) D. Sifah
Zharaf. Contoh: (صُمْتُ طَوِيْلًا) taqdir-nya (صُمْتُ زَمَنًا طَوِيْلًا)
VII. KETENTUAN-KETENTUAN AL-MAF’UL FIH (ضوابط المفعول فيه) A. Boleh
me-majrur-kan zharaf ghairu mutasharrif dengan lafaz (مِنْ). Contoh:
(قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ الله) B. Isim setelah zharaf selalu majrur
sebagai mudhaf ilaih. C. Lafaz (مَا) bisa masuk ke sebagian zharaf.
Contoh: (عِنْدَ - حِيْنَ - قَبْلَ - بَعْدَ - دُوْنَ). Lafaz (مَا) ini
adalah zaidah (tambahan) dan tidak ada pengaruhnya terhadap
zharaf-zharaf tersebut dan tidak menghalangi amal-nya, yaitu
zharaf-zharaf ini menjadi manshub dan isim setelahnya sebagai mudhaf
ilaih yang majrur. Contoh: (رَجَوتُ أَنْ يَحْضُرَ دُونَمَا تَأْخِيرٍ) D.
Boleh menambahkan ya’ ber-tasydid kepada isim-isim arah yang empat,
kemudian kita katakan: (غَرْبِيٌّ - شَرْقِيٌّ - جَنُوبِيٌّ -
شِمَالِيٌّ). Contoh: (يَقَعُ السُّوْدَانُ جَنُوْبَ مِصْرَ أَوْ
جَنُوْبِيَّ مِصْرَ)
0 Comments