Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
IDHAFAH (الإضافة)
(1) Pengertian Idhafah; (2)
Syaraf Mudhaf; (3) Pembagian Idhafah (Mahdhah/Ma’nawiyah & Ghair
Mahdhah/Lafziyyah); (4) Makna Idhafah (Takhshish, Ta’rif & Takhfif); (5)
Isim-Isim yang Wajib Di-Idhafah-kan; (6) Pembagian Isim yang Di-Idhafah-kan;
(7) Lafaz yang Wajib Di-Idhafah-kan Pada Jumlah/Kalimat; (8) Memisah Antara Mudhaf
dengan Mudhaf Ilaihi; Soal-Soal Latihan.
Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
PEMBAHASAN ILMU NAHWU TERLENGKAP (klik disini)
##########
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
Artikel Bebas - Tafsir - Ulumul Qur'an - Hadis - Ulumul Hadis - Fikih - Ushul Fikih - Akidah - Nahwu - Sharaf - Balaghah - Tarikh Islam - Sirah Nabawiyah - Tasawuf/Adab - Mantiq - TOAFL
##########
BAB 49 : IDHAFAH (الإضافة) I. PENGERTIAN (تعريف الإضافة) Idhafah
adalah penyandaran yang membatasi di antara dua kata yang mana kata
kedua wajib jar selamanya. Bisa juga didefinisikan: Mengumpulkan isim
dengan isim yang lain dengan tujuan mengkhususkan atau mendefinitifkan.
Dari kedua definisi idhafah dapat disimpulkan bahwa idhafah adalah
kumpulan dua isim atau lebih dengan tujuan mengkhususkan makna. Kata
yang pertama disebut mudhaf dan kata yang kedua disebut mudhaf ilaih.
Mudhaf ilaih selalu ber-’irab jar. Sedangkan ‘irab mudhaf tergantung
kedudukannya dalam kalimat. Contoh mudhaf dan mudhaf ilah (كِتَابُ
زَيْدٍ - كِتَابُ الْفِقْهِ). Kata (كِتَابُ) disebut dengan mudhaf dan
kata (زَيْدٍ) dan (الْفِقْهِ) disebut dengan mudhaf ilaih. II. SYARAT MUDHAF (شروط الإضافة) A. Tidak ada alif lam. Adapun alasan tidak boleh ada alif lam karena akan dianggap seperti na’at man’ut. B.
Membuang tanwin. Mudhaf tidak boleh ada alif lam dan tanwin. Alasan
mengapa mudhaf tidak boleh ada tanwin karena tanwin itu menunjukkan
nakirah sedangkan mudhaf adalah ma’rifah. Contoh kata (كِتَابٌ) dan
(زَيْدٌ) apabila di-mudhaf-kan menjadi: (كِتَابُ زَيْدٍ). C.
Membuang nun. Wajib membuang nun pada akhir isim mutsanna, jamak
mudzakkar salim dan mulhaq-mulhaq-nya ketika di-idhafah-kan. Contoh:
(مُدَرِّسَا اللُّغَةِ - مُدَرِّسُو اللُّغَةِ) asalnya (مُدَرِّسَانِ
اللُّغَةِ - مُدَرِّسُونَ اللُّغَةِ). III. PEMBAGIAN IDHAFAH (أقسام الإضافة) A.
Idhafah Mahdhah/Ma’nawiyah (الإضافة المعنوية). Untuk idhafah
ma’nawiyah, mudhaf-nya tidak boleh diberi (ال) secara mutlak. Idhafah
mahdhah atau disebut juga idhafah ma’nawi dan idhafah haqiqi adalah
apabila: 1. Idhafah yang menyisipkan makna huruf jar yang tiga: i. Makna dari (مِنْ).
Apabila mudhaf merupakan bagian atau jenis dari mudhaf ilaih. Contoh:
(خَاتَمُ ذَهَبٍ). ii. Makna milik/untuk (لِ).
Apabila mudhaf merupakan sesuatu yang dikuasai oleh mudhaf ilaih atau
yang diperuntukan untuk mudhaf ilaih. Contoh: (حَدِيْقَةُ الْأَسْمَاكِ). iii. Makna di (فِيْ). Apabila
mudhaf berada di tempat atau waktu mudhaf ilaih. Contoh: (نَوْمُ
اللَّيْلِ). 2. Idhafah mashdar terhadap ma’mul-nya. Contoh: (أَكْلُ الْخُبْزِ). 3. Isim Fa’il terhadap maf’ul-nya. Contohnya: (مُجِيْبُ السَّائِلِيْنَ). B.
Idhafah Ghair Mahdhah/Lafdziyah (الإضافة اللفظية) adalah apabila
mudhaf-nya terdiri dari sifat dan mudhaf ilaih-nya merupakan ma’mul dari
sifat tersebut. Untuk idhafah lafdziyah, mudhaf-nya boleh diberi (ال)
dengan syarat, yaitu: 1. Mudhaf ilaih-nya harus diberi (ال). Contoh: (الْكَبِيْرُ الْبَطْنِ). 2. Mudhaf ilaih-nya harus disandarkan kepada isim yang diberi (ال). Contoh: (الضَّارِبُ رَأْسِ الْجَانِي). 3. Mudhaf-nya harus di-tasniyah-kan. Contoh: (الضَّارِبَا زَيْدٍ).4. Mudhaf-nya harus di-jamak-kan. Contoh: (الضَّارِبُوْا زَيْدٍ). 5. Mudhaf ilaih-nya tidak boleh berupa sifat karena apabila ia berupa sifat, maka menjadi na’at man’ut. Yang dimaksud sifat adalah isim Fa’il, Isim Maf’ul atau shifat musyabbahah. Sedangkan ma’mul-nya adalah: 1. Fa’il. Apabila sifatnya terdiri dari sifat musyabbahah. Contoh: (حُسْنُ الْوَجْهِ). 2. Na’ibul-Fa’il. Apabila sifatnya terdiri dari Isim Maf’ul. Contoh: (مَضْرُوْبُ الْعَبْدِ). 3. Maf’ul. Apabila sifatnya terdiri dari isim Fa’il. Contoh (ضَارِبُ زَيْدٍ). IV. MAKNA IDHAFAH (معنى الإضافة) A.
Takhshish/Mengkhususkan (التخصيص). Makna pada idhafah ma’nawiyah
apabila mudhaf ilaih-nya terdiri dari isim nakirah. Contoh: (كَتَابُ
رَجُلٍ). B.
Ta’rif/Menjelaskan (التعريف). Makna pada idhafah ma’nawiyah apabila
mudhaf ilaih-nya terdiri dari isim ma’rifah. Contoh: (كِتَابُ
مُحَمَّدٍ). C.
Takhfif/Meringankan Bacaan (التخفيف). Tujuan idhafah lafzhiyah adalah
bukan untuk takhshish ataupun Ta’rif, melainkan berfungsi sebagai
takhfif (meringankan bacaan). Sehingga disebut dengan ghairu mahdhah
(tidak wajib). Contoh: (ضَارِبُ زَيْدٍ) lebih ringan bacaannya dari pada
(ضَارِبُ زيدًا). V. ISIM-ISIM YANG WAJIB DI-IDHAFAH-KAN A.
Wajib di-idhafah-kan di dalam lafaz dan maknanya. Seperti lafaz
(لَدَى) (سِوَى) (قُصَارَى) (حُمَارَى) (عِنْدَ). Contoh: (عِنْدَ زَيْدٍ
كِتَابٌ) B.
Wajib di-idhafah-kan di dalam maknanya saja/tidak wajib di dalam
lafaz. Seperti lafaz (كُلُّ) (بَعْضُ) (إِذْ) (قَبْلَ) (بَعْدَ) (أَيُّ).
Contoh: (وَكُلُّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُوْنَ) VI. PEMBAGIAN ISIM YANG DI-IDHAFAH-KAN A. Bisa di-idhafah-kan pada Isim Zahir dan Dhamir seperti contoh-contoh yang telah lewat. B. Hanya bisa di-idhafah-kan pada Isim Dhamir saja, yaitu: 1.
Lafaz (وَحْدَ). Bisa di-idhafah-kan pada semua dhamir, baik Mukhathab,
Mutakallim atau Ghaib. Contoh: (جِئْتُ وَحْدِي) (جِئْتَ وَحْدَكَ)
(جَاءَ زَيْدٌ وَحْدَهُ) 2.
Lafaz (لَبَّيْ). Hanya boleh di-idhafah-kan pada Dhamir Mukhathab.
Contoh: (لَبَّيْكَ) = Saya mengabulkan panggilanmu. Bermakna (إِجَابَةٌ
بَعْدَ إِجَابَةٍ) 3.
Lafaz (دَوَالَى). Hanya boleh di-idhafah-kan pada Dhami Mukhathab.
Contoh: (دَوَالَيْكَ) = Saya selalu melakukan perintahmu. Bermakna
(تَدَاوُلًا لِطَاعَتِكَ بَعْدَ تَدَاوُلٍ). 4.
Lafaz (سَعْدَى). Hanya boleh di-idhafah-kan pada Dhamir Mukhathab.
Contoh: (سَعْدَيْكَ) = Saya selalu membahagiakanmu. Bermakna (إِسْعَادًا
لَكَ بَعْدَ إِسْعَادٍ). 5.
Lafaz (هَذَاذَى). Hanya boleh di-idhafah-kan pada Dhamir Mukhathab.
Contoh: (هَذَاذَيْكَ) = Saya selalu segera untukmu. Bermakna (إِسْرَاعًا
لَكَ بَعْدَ إِسْرَاٍع). 6.
Lafaz (حَنَانَى). Hanya boleh di-idhafah-kan pada Dhamir Mukhathab.
Contoh: (حَنَانِيْكَ) = Saya selalu menyayangimu. Bermakna (حَنَانًا
عَلَيْكَ بَعْدَ حَنَانٍ). VII. LAFAZ YANG WAJIB DI-IDHAFAH-KAN PADA JUMLAH A. Lafaz (حَيْثُ). 1. Bisa di-idhafah-kan pada Jumlah Ismiyyah. Contoh: (جَلَسْتُ حَيْثُ زَيْدٌ جَالِسٌ) = Saya duduk ketika Zaid duduk. 2. Bisa di-idhafah-kan pada Jumlah Fi’liyyah. Contoh: (حَفِظْتُ أَلْفِيَّةَ بْنِ مَالِكٍ حَيْثُ حَفِظَ زَيْدٌ) B. Lafaz (إذ) 1. Bisa di-idhafah-kan pada Jumlah Ismiyyah. Contoh: (وَاذْكُرُوْا إِذْ أَنْتُمْ قَلِيْلٌ) 2. Bisa di-idhafah-kan pada Jumlah Fi’liyyah. Contoh: (وَاذْكُرُوْا إِذْ كُنْتُمْ قَلِيْلٌ) VIII. MEMISAH ANTARA MUDHAF DENGAN MUDHAF ILAIHI Dalam keadaan ikhtiyar Mudhaf yang serupa Fi’il, yaitu berupa
Isim Fa’il dan Mashdar boleh dipisah dengan Ma’mul-nya Mudhaf, yaitu: A. Yang dipisah Maf’ul. Contoh: (وَكَذَلِكَ زُيِّنَ لِكَثِيْرٍ مِنَ المُشْرِكِيْنَ قَتْلُ أَوْلَادَهُمْ شُرَكَائِهِمْ)B. Yang dipisah Zharaf. Contoh: (تَرْكُ يَوْمًا نَفْسِكَ وَهَوَاهَا سَعْيٌ لَهَا فِي رَدَاهَا). Yang dipisah Jar Majrur. Contoh: (هَلْ أَنْتُمْ تَارِكُوْا لِي صَاحِبِي)D. Dengan sumpah/yamin. Contoh: (هَذَا غُلَامُ وَللهِ زَيْدٍ)E. Yang dipisah Ma’mul yang Ajnabi. Contoh: (كَمَا حُطَّ الكِتَابُ بِكَفِّ يَوْمًا يَهُدِيِّ يُقَارِبُ أَوْ يُزِيْلُ).
Lafaz (يوما) memisahkan antara lafaz (كف) dan (يهودي) padahal lafaz
(يوما) bersifat Ajnabi/bukan Ma’mul-nya lafaz (كف) tetapi Ma’mul-nya
lafaz (حط). F.
Yang dipisah dengan Na’at. Contoh: (نَحَوْتُ وَقَدْ بَلَّ المُرَادِيّ
سَيْفَهُ # مِنْ اِبْنِ أَبِي شَيْخِ الأَبَاطِحِ طَالِبٍ). Bentuk asalnya (مِنْ اِبْنِ أَبِي طَالِبِ شَيْخِ الأَبَاطِحِ) G. Yang dipisah Nida’. Contoh: (كَأَنَّ بِرْدَوْنَ أَبَا عِصَامِ # زَيْدٍ حِمَارٌ دُقَّ بِاللِحَامِ)
0 Comments