(1) Mukadimah; (2) Musnad (Pengertian & Tempat-Tempatnya); (3) Musnad Ilaihi (Pengertian Secara Bahasa & Istilah, Posisi & Tempat-Tempat Musnad Ilaihi Dalam Kalimat); (4) Me-Makrifah-kan Musnad Ilaihi (Isim Alam, Isim Dhamir, Isim Isyarah, Isim Maushul, Alif Lam, Idhafah & Nida’); (5) Me-Nakirah-kan Musnad Ilaihi & Tujuannya; (6) Ketentuan Yang Berlaku Dalam Pengulangan Isim Zhahir Berhubungan Dengan Me-Ma’rifah-kan & Me-Nakirah-kan Musnad Ilaihi; (7) Menyebutkan Musnad Ilaihi (Pengertian Al-Dzikr Secara Bahasa & Beberapa Tujuan Menyebutkan Musnad Ilaihi); (8) Membuang Musnad Ilaihi (Pengertian Al-Hadzf Secara Bahasa, Istilah & Beberapa Tujuan Al-Hadzf); (9) Mendahulukan Musnad Ilaihi Dalam Jumlah Ismiyyah & Tujuannya; (10) Mendahulukan Musnad Ilaihi Dalam Jumlah Fi’liyyah & Dua Hal Terpentingnya; (11) Mendahulukan dan Mengakhirkan Musnad Ilaihi Untuk Menafikan Keumuman & Mengumumkan Nafi; (12) Menyebutkan Musnad; (13) Menghapus Musnad; (14) Me-Ma’rifah-kan Musnad; (15) Me-Nakirah-kan Musnad; (16) Mendahulukan Musnad; (17) Mengakhirkan Musnad.
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
BAB 4 : MUSNAD & MUSNAD ILAIHI (المسند والمسند إليه)I. MUKADIMAH (المقدمة)Jumlah atau Kalâm paling tidak terdiri dari dua unsur. Kedua unsur tersebut dalam Ilmu Ma’âni adalah Musnad dan Musnad Ilaihi. Dalam Ilmu Ushul Fikih, Musnad biasa dinamakan Mahkum Bih dan Musnad Ilaihi dinamakan Mahkum ‘Alaih. Sedangkan dalam Ilmu Nahwu posisi Musnad dan Musnad Ilaihi bervariasi tergantung bentuk Jumlah dan posisinya dalam kalimat. Dalam istilah gramatika bahasa Arab dikenal istilah ‘Umdah dan Fadhlah. ‘Umdah adalah unsur-unsur utama dalam struktur suatu kalimat, sedangkan Fadllah adalah pelengkap. Fadhlah dalam istilah Ilmu Ma’âni dinamakan Qayyid. Kaitan antara Musnad dan Musnad Ilaihi dinamakan Isnâd. Isnâd adalah penisbatan suatu kata dengan kata lainnya sehingga memunculkan penetapan suatu hukum atas yang lainnya baik bersifat positif maupun negatif. Contoh: (اللهُ وَاحِدٌ لَا شَكَّ لَهُ). Pada contoh ini ada dua unsur utama, yaitu kata (الله) dan (واحد). Makna dari kalimat di atas adalah sifat Esa ditetapkan kepada Allah Ta’ala. Kata (الله) sebagai Musnad Ilaihi dan (واحد) sebagai Musnad. Penisbatan sifat Esa kepada Allah Ta’ala dinamakan Isnad.II. MUSNAD (المسند)Musnad adalah sifat, Fi’il atau sesuatu yang bersandar kepada Musnad Ilaihi.Musnad berada pada tempat-tempat berikut:Khabar Mubtada. Contoh: (الجَامِعَةُ مَشْهُوْرَةٌ)Fi’il Tam. Contoh: (أَرْسَلَ اللهُ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى)Isim Fi’il. Contoh: (حَيَّ عَلَى الصَلَاةِ)Khabar (كان وأخواتها). Contoh: (كَانَ اللهُ غَفُوْرًا رَحِيْمًا)Khabar (إن وأخواتها). Contoh: (إِنَّ الطَالِبَ المُجْتَهِدَ لَنَاجِحٌ)Maf’ul kedua dari (ظن وأخواتها). Contoh: (ظَنَنْتُ عَائِشَةَ أَخَاهَا مَرِيْضًا)Maf’ul ketiga dari (أرى وأخواتها). Contoh: (رَأَى الأُسْتَاذُ الطُلَّابَ مُجْتَهِدِيْنَ دِرَاسَتَهُمْ)III. MUSNAD ILAIHI (المسند إليه)Menurut bahasa, Musnad Ilaihi bermakna yang disandarkan kepadanya.Menurut istilah, Musnad Ilaihi adalah Mubtada’ yang mempunyai Khabar, Fa’il, Naibul Fa’il dan beberapa Isim dari Amil Nawasikh. Dalam pengertian lain, Musnad Ilaihi adalah kata-kata yang dinisbatkan kepadanya suatu hukum, pekerjaan dan keadaan.Posisi Musnad Ilaihi dalam kalimat terdapat pada tempat-tempat berikut:Fa’il. Contoh: (خَتَمَ اللهُ عَلَى قُلُوْبِهِمْ)Naibul Fa’il. Contoh: (كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِيَامُ) Mubtada’. Contoh: (اللهُ نُوْرُ السَمَاوَاتِ وَالأَرْضِ) Isim Kaana (كان وأخواتها). Contoh: (وَكَانَ اللهُ عَلِيْمًا حَكِيْمًا) Isim Inna (إن وأخواتها). Contoh: (إِنَّ المُنَافِقِيْنَ لَكَاذِبُوْنَ) Maf’ul pertama dari Zhanna (ظن وأخواتها). Contoh: (ظَنَّ الأُسْتَاذُ مُحَمَّدًا غَائِبًا) Maf’ul kedua dari (أرى وأخواتها). Contoh: (رَأَيْتُ أَنَّ الطُلَّابَ مُجْتَهِدِيْنَ دِرَاسَتَهُمْ) IV. ME-MA’RIFAH-KAN MUSNAD ILAIHI (تعريف المسند إليه) Dalam konteks-konteks tertentu Musnad Ilaihi perlu di-ma’rifah-kan. Konteks-konteks tersebut menunjukkan tujuan yang dimaksudkannya. Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi bisa dengan berbagai cara, seperti dengan mengungkapkan nama, dengan menggunakan Isim Maushul dan Isim Isyarah. Masing-masing dari cara pen-takrif-an tersebut mempunyai tujuannya masing-masing: Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Isim Alam bertujuan untuk: Menghadirkan dzat kepada ingatan pendengar. Contoh dalam Surah Al-Ikhlash ayat 1: (قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ). Memuliakan Musnad Ilaihi (المدح). Contoh: (أَبُوْ المَعَالِي حَضَرَ) Menghinakan Musnad Ilaihi (الذم والإهانة). Contoh: (أَنْفُ النَاقَةِ ذَهَبَ). Optimis (التفاؤل). Contoh: (سُرُوْرٌ فِي دَارِكَ). Pesimis (التشاؤم). Contoh: (حَرْبٌ فِي البِلَدِ). Tabaruk (التبرك). Contoh: (اللهٌ أَكْرَمَنِي) jawaban dari (هَلْ أَكْرَمَكَ اللهُ). Merasakan lezat atau kenyamanan (التلذذ). Contoh: (بالله يا ظَبيَاتِ القَاعِ قُلْنَ لَنَا ... لَيْلاَيَ منكُنَّ أم لَيْلَى مِنَ البَشَرِ). Kinayah dari makna yang makna tersebut dapat menjadi ‘Alam sesuai dengan makna aslinya sebelum ke-alamiyah-annya (الكناية عن معنى يصلح العلم لذلك المعنى بحسب معناه الأصلي قبل العلمية). Contoh: (أَبُوْ لهَبَ ٍفَعَلَ كَذَا) adalah Kinayah berupa nyala api, karena makna Lahab yang hakiki adalah nyala api neraka Jahannam.Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Isim Dhamir, bentuk-bentuknya:Isim Dhamir dalam bentuk Mutakallim. Contoh: (أَنَا النَبِيُّ لَا كَذِبٌ أَنَا ابْنُ عَبْدِ المُطِّلِبِ)Isim Dhamir dalam bentuk Mukhathab. Contoh: (وَأَنْتَ الَّذِي أَخْلَفْتَنِي مَا وَعَدْتَنِي ... وَأَ شَمْتَ بِي مَنْ كَانَ فِيْكَ يَلُوْمُ).Menunjukkan lawan bicara dapat diliput oleh indera dan tertentu/Mukhathab Musyahad Mu’ayyan (الخطاب أن يكون لمشاهد معين). Contoh seperti di atas.Menunjukkan tidak dapat dilihat indera namun tertentu (غير المشاهد إذا كان مستحضرا في القلب). Contoh: (لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ) dan (أَنْتَ بَدْرٌ). Dhamir Mukhathab tersebut menunjukkan bahwa yang diajak bicara tidak dapat dilihat, namun tertentu. Karena ada perasaan hati yang lebih dekat, sehingga seakan-akan ada di hadapannya.Menunjukkan dapat dilihat namun tidak tertentu dan bersifat umum (غير المعين إذا قصد تعميم الخطاب لكل من يمكن خطابه على سبيل البدل). Contoh: (وَلَوْ تَرَىٰ إِذِ الْمُجْرِمُونَ نَاكِسُو رُءُوسِهِمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ).n Dhamîr Mukhâthab pada ayat ini menunjukkan bahwa yang diajak bicara dapat dilihat dan tidak berlaku bagi Mukhâthab (Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam) saja, tapi untuk umum, dengan cara mengambil seorang (Muhammad ‘Alaihi Wa Sallam) sebagai ganti dari para umatnya. Sedang jawab syarat (huruf lau) adalah perkataan: (لَرَأَيْتَ أَمْرًا قَاطِعًا) artinya: “Sungguh kamu melihat sesuatu yang mengerikan.”Isim Dhamir dalam bentuk Ghaib. Contoh: (هُوَ اللهُ تَبَارَكَ وَتَعَالَى). Diharuskan mengedepankan penyebutannya: Secara lafaz. Contoh Surah Yunus ayat 109: (وَاصْبِرْ حَتَّى يَحْكُمَ اللهُ وَهُوَ خَيْرُ الحَاكِمِيْنَ). Secara makna. Contoh Surah Al-Nur ayat 28: (وَإِنْ قِيْلَ لَكُمُ ارْجِعُوْا فَارْجِعُوْا هُوَ أَزْكَى لَكُمْ). Yaitu lafaz (الرجوع). Menunjukkan kepada qarinah Haal. Contoh Surah Al-Nisa’ ayat 11: (فَلَهُنَّ ثُلُثَا مَا تَرَكَ). Yaitu mayit. Dalam Dhamir Ghaib harus terdapat Marji’/lafaz Zahir yang diganti oleh Dhamir yang mendahului. Dalam hal ini ada dua Marji’, yaitu:Lafaz Zahir yang disebut terlebih dahulu sesuai kenyataan (المرجع المتقدم في الحقيقي), yang biasanya berupa kata Isim sebagaimana dalam ketentuan Musnad Ilaihi. Contoh Surah Yunus ayat 109: (وَاتَّبِعْ مَا يُوحَىٰ إِلَيْكَ وَاصْبِرْ حَتَّىٰ يَحْكُمَ اللَّهُ ۚ وَهُوَ خَيْرُ الْحَاكِمِينَ). Sesuai kenyataannya, Isim Zahir (Allah) yang menjadi Marji’ Isim Dhamir Ghaib (هو) pada ayat ini telah disebutkan sebelumnya.Sesuai perkiraan (المرجع المتقدم في التقدير), yang terbagi menjadi dua:(المرجع المتقدم في المعنى) yang terbagi menjadi dua:Dengan lafaz, maksudnya lafaz yang menjadi rujukan Dhamîr telah disebut sebelumnya, namun biasanya berupa kata Fi‟il, kemudian diambil bentuk Mashdar-nya. Contoh Surah Al-Ma’dah ayat 8: (اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ). Marji’ Dhamir pada ayat ini berupa kata Fi’il (اعدلوا) kemudian diambil bentuk Mashdar-nya, yaitu (العدل), sebagai Marji’ Dhamir (هو).Dengan qarinah/tanda yang dapat menunjukkan Marji’ suatu Dhamir. Contoh Surah Shad ayat 32: (فَقَالَ إِنِّي أَحْبَبْتُ حُبَّ الْخَيْرِ عَنْ ذِكْرِ رَبِّي حَتَّىٰ تَوَارَتْ بِالْحِجَابِ). Dhamir Ghaib pada lafaz (تَوَارَتْ) kembali pada lafaz (الجياد الصافنات) kuda-kuda yang cepat larinya pada ayat 31. Hal itu karena ada kesesuaian antara lafaz (حب الخير) pada ayat 32 dengan lafaz (الجياد الصافنات) pada ayat 31.(المرجع المتقدم في الحكم), yaitu rujukan Dhamîr Ghâib pada lafaz tertentu tanpa sebab-sebab (seperti penyebutan lafaz sebelumnya atau qarinah), malah Dhamîr disebutkan terlebih dahulu, karena tujuan tertentu, seperti, memantapkan hati pendengar terhadap lafaz setelah Dhamîr. Contoh Surah Al-Ikhlash ayat 1: (قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ). Pada ayat ini, Dhamir Ghaib (هو) disebutkan terlebih dahulu sebelum lafaz yang menjadi rujukan Marji’-nya (الله أحد). Hal itu dimaksudkan memantapkan hati pendengar terhadap lafaz (الله أحد). Terdapat lima macam Dhamir dalam bentuk ini:Dhamir Sya’n dan QashashDhamir yang di-jar-kan oleh huruf RubbaDhamir yang di-rafa’-kan oleh Ni’ma dan Bi’sa dan Ruju’ pada Tamyiz-nyaDhamir ‘Amil pertama dari Tarkib Tanazu’Dhamîr yang berkedudukan sebagai yang ditafsirkan (Mufassar), baik berupa Maf’ûl Bih (Mubdal Minhu) dalam Jumlah Fi’liyyah atau berupa Mubtada’ dalam Jumlah Ismiyyat, oleh Mufassir (sesuatu yang menafsirkan), baik berupa Badal atau Khabar. Contoh: (ضَرَبْتُهُ زَيْدًا).Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Isim Isyarah bertujuan untuk:Menjelaskan keadaan Musnad Ilaihi, apakah dekat, jauh atau sedang. Contoh: (هَذَا عُثْمَانُ – ذَلِكَ مُحَمَّدٌ – ذَاكَ بَشَرٌ)Mengingatkan bahwa Musnad Ilaihi layak mempunyai sifat-sifat yang akan disebut setelah Isim Isyarah. Contoh: (أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ المُفْلِحُوْنَ) Menjelaskan keadaan Musnad Ilaihi dalam jarak dekat. Contoh: (هَذِهِ بِضَاعَتُنَا)Menjelaskan keadaan Musnad Ilaihi dalam jarak sedang. Contoh: (ذَاكَ وَلَدِي)Menjelaskan keadaan Musnad Ilaihi dalam jarak jauh. Contoh: (ذَلِكَ يَوْمُ الوَعِيْدِ)Mengagungkan derajat Musnad Ilaihi dalam jarak dekat. Contoh: (إِنَّ هَذَا القُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ)Mengagungkan derajat Musnad Ilaihi dalam jarak jauh. Contoh: (ذَلِكَ الكِتَابُ لَا رَيْبَ فِيْهِ)Meremehkan Musnad Ilaihi dalam jarak dekat. Contoh: (هَلْ هَذَا إِلَّا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ)Menampakkan rasa aneh. Contoh: (كَمْ عَاقِلٍ أُعِيَتْ مَذَاهِبُهُ ... وَجَاهِلٍ تَلْقَاهُ مَرْزُوْقًا)Menyindir kebodohan Mukhathab. Contoh: (أُولَئِكَ أَبَائِي فَجَاءَنِي بِمِثْلِهِمْ ... إِذَا جَمَعْتَنَا يَا جَرْيْرًا الجَامِعَ)Mengingatkan bahwa yang di-isyarah-kan itu pantas menyandang suatu sifat tertentu. Contoh: (أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ المُفْلِحُوْنَ) Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Isim Maushul bertujuan untuk: Sangat tidak baik jika digunakan dengan cara Sharih/jelas. Contoh: (وَرَاوَدَتْهُ الَّتِي هُوَ فِي بَيْتِهَا عَنْ نَفْسِهِ)Mengagungkan. Contoh: (فَغَشِيَهُمْ مِنَ اليَمِّ مَا غَشِيَهُمْ)Menumbuhkan keingintahuan pada sesuatu, yakni tatkala maksud Shilah wa Maushul adalah hukum yang asing. Contoh: (وَالَّذِي حَارَتِ البَرِيَّةُ فِيْهِ ... حَيَوَانٌ مُسْتَحْدَثٌ مِنْ جَمَادٍ)Merahasiakan suatu hal dari selain Mukhathab. Contoh: (وَأَخَذْتُ مَا جَادَ الأَمِيْرُ بِهِ ... وَقَضَيْتُ حَاجَاتِي كَمَا أَهْوَى)Mengingatkan kesalahan Mukhathab. Contoh: (إِنَّ الَّذِيْنَ تَدْعُوْ مِنْ دُوْنِ اللهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ)Mengingatkan kesalahan selain Mukhathab. Contoh: (إِنَّ الَّتِي زَعَمَتْ فُؤَادَكَ مَلَّهَا ... خَلِقَتْ هَوَاكَ كَمَا خُلِقْتَ هَوَايَ لَهَا)Menganggap agung kedudukan Mahkum Bih. Contoh: (إَن الَّذِي سَمَكَ السَمَاءَ بَنَى لَنَا ... بَيْتًا دَعَائِمُهُ أَعَزُّ وَأَطْوَلُ)Mengejutkan karena mengagungkan/menghina. Contoh: (فَغَشِيَهُمْ مِنَ اليَمِّ مَا غَشِيَهُمْ)Menganggap hina dalam menjelaskan nama diri. Contoh: (الذي رباني أبى)Menentukan suatu ketentuan pahala/siksa. Contoh: (الَّذِيْنَ آمَنُوْا وَعَمِلُوْا الصَالِحَاتِ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيْمٌ)Mencela. Contoh: (الَّذِي أَحْسَنُ إِلَيْكَ فَقَدْ أَسَأْتُ إِلَيْهِ)Menunjukkan keseluruhan. Contoh: (الَّذِيْنَ يَأْتُوْنَكَ أَكْرَمَهُمْ)Menunjukkan kesamaran. Contoh: (لَكُلِّ نَفْسٍ مَا قَدَّمَتْ)Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Alif Lam.Alif Lam lil Ahdi (أل للعهد), berfungsi untuk menunjukkan kekhususan pada sesuatu. Karena: (أل للعهد الصريح) Telah disebut pada kalimat sebelumnya dengan jelas/Sharih. Contoh: (كَمَا أَرْسَلْنَا إِلَى فِرْعَوْنَ رَسُوْلًا فَعَصَى فِرْعَوْنُ الرَسُوْلَ). Yaitu Rasul yang disebut kedua kali merupakan pengulangan dari Rasul yang pertama. Dan Rasul yang dimaksud adalah sudah diketahui yaitu Musa ‘Alaihissalam. (أل للعهد الكنائي) telah disebut secara Kinayah/Talwih. Contoh Surah Ali Imran ayat 36: (وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنْثَىٰ). Kata (الذكر) sekalipun tidak disebut secara jelas pada ayat sebelumnya, namun telah diisyaratkan dengan huruf (ما) pada ayat sebelumnya, yaitu ayat 35: (رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا). Lagipula menurut keyakinan orang-orang ketika itu, yang hendak berkhidmat di Baitul Maqdis adalah laki-laki. (ال للعهد الحضور) Telah diketahui secara nyata di hadapan Mukhathab. Contoh Surah Al-Ma’idah ayat 3: (الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ). Hari yang dimaksud pada ayat ini adalah hari Arafah pada Haji Wada’, hari itu telah diketahui dan nyata bagi Mukhathab.Alif Lam lil Jinsi (أل الحنس) bertujuan untuk:(أل الجنس) Mengisyaratkan kenyataan sesuatu makna terlepas dari kaidah umum-khusus. Contoh: (الإِنْسَانُ حَيَوَانٌ نَاطِقٌ). Yaitu mengisyarahkan keadaan jenis yang dibicarakan dalam kalimat tersebut. Manusia pada kalimat ini adalah jenis makhluk Allah Ta’ala.(أل للعهد الذهني) Mengisyaratkan hakikat yang samar. Contoh: (وَأَخَافُ أَنْ يَأْكُلَهُ الذِئْبُ). Perkataan (أَنْ يَأْكُلَهُ) adalah sebagai qarinah yang menunjukkan bawa serigala tidak dimaksudkan hakikatnya tanpa memandang afrâd-nya. Sebab hakikat serigala tidak dapat makan dan tidak mungkin perbuatan makan dilakukan oleh seluruh afrâd-nya, tapi hanya dilakukan oleh sebagian afrâd-nya (mulutnya). Sehingga yang dimaksud dengan perkataan (الذِئْبُ) di atas adalah mulut serigala.(أل الاستغراق) Mengisyarahkan setiap satuan yang bisa dicakup lafaz menurut bahasa. Dibagi menjadi dua: (الاستغراق الحقيقي) Istighraq Haqiqi, yaitu setiap Afrad yang terkena lafaz tertentu, baik menurut arti bahasanya, Syar’ atau istilah ahli tertentu karena adanya qarinah, baik Lafziyyah atau Haliyyah. Contoh: (عَالِمُ الغَيْبِ وَالشَهَادَةِ).(الاستغراق العرفي) Istighraq ‘Urfi, yaitu setiap Afrad yang terkena arti lafaz tertentu menurut pengertian adat secara umum. Contoh Surah Fathir ayat 28: (إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاءُ). Yang dimaksud ulama pada ayat ini adalah orang-orang yang mengetahui kebesaran dan keutamaan Allah Ta’ala. Demikian menurut ‘Urf yang umum.Menunjukkan seluruh satuan dalam kondisi terbatas. Contoh: (جَمَعَ الأَمِيْرُ التُجَّارَ وَأَلْقَى عَلَيْهِمْ نَصَائِحَهُ). Maksud pada ungkapan ini adalah raja mengumpulkan para pedagang kerajaannya, bukan pedagang di dunia seluruhnya.Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Idhafah. Tujuan-tujuannya dengan di-idhafah-kan pada salah satu Isim Ma’rifat:(أخصر طريق إلى إحضاره في ذهن السامع) Sebagai cara singkat guna menghadirkan Musnad Ilaihi di hati pendengar. Contoh: (جَاءَ غُلَامِي). Kalimat ini lebih singkat dibanding dengan kalimat: (جَاءَ الغُلَامُ الَّذِي لِي).(تعذر التعدد: أوتعسره) Menghindarkan kesulitan membilang-bilang. Contoh: (أَجْمَعُ أَهْلَا الحَقِّ عَلَى كَذَا).(الخروج من تبعة تقديم البعض على البعض) Keluar dari tuntutan mendahulukan sebagian atas sebagian yang lain. Contoh: (حَضَرَ أُمَرَاءُ الجُنْدِ).(التعظيم للمضاف) Mengagungkan Mudhaf dan Mudhaf Ilaihi. Contoh: (كُتَّابُ السُلْطَانِ حَضَرَ) dan (الأَمِيْرُ تِلْمِيْذِي).(التحقير للمضاف) Meremehkan. Contoh: (وَلَدُ اللَصِّ قَادِمٌ).Meringkas karena sempitnya tempat untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan. Contoh perkataan Ja’far ibn ‘Ulbah: (وهو في السجن بمكة).Me-ma’rifah-kan Musnad Ilaihi dengan Nida’. Tujuan-tujuannya adalah: Bila tanda-tanda khusus tidak dikenal oleh Mukhathab. Contoh: (يَا رَجُلُ)Mengisyarahkan kepada alasan untuk sesuatu yang diharapkan. Contoh: (يَا تِلْمِيْذُ اُكْتُبِ الدَرْسَ).V. ME-NAKIRAH-KAN MUSNAD ILAIHI (تنكير المسند إليه)Dalam konteks-konteks tertentu kadang-kadang Musnad Ilaihi perlu di-nakirah-kan. Pe-nakirah-an Musnad Ilaihi tentunya mempunyai tujuan-tujuan tertentu. Di antara tujuan pe-nakirah-an Musnad Ilaihi adalah menunjukkan jenis sesuatu, menunjukkan banyak, dan menunjukkan sedikit. Untuk lebih jelasnya kita perhatikan contoh-contoh berikut ini:Nakirah untuk menunjukkan Jenis (التعريف حقيقة أو ادعاء). Contoh Surah Al-Baqarah ayat 7: (خَتَمَ اللهُ عَلَى قُلُوْبِهِمْ وَعَلَى سَمْعِهِمْ وَعَلَى أَبْصَارِهِمْ غِشَاوَةٌ). Pada ayat ini terdapat kata yang di-nakirah-kan, yaitu kata (غشاوة). Pe-nakirah-an kata tersebut bertujuan untuk menunjukkan suatu jenis (غشاوة) yang tidak banyak diketahui oleh manusia. Jenis (غشاوة) tersebut adalah tertutupnya mata seseorang dari melihat ayat-ayat Allah Ta’ala.Nakirah untuk menunjukkan banyak (التكثير). Contoh Surah Al-A’raf ayat 113: (قَالُوْا إِنَّ لَنَا لَأَجْرًا). Pada ayat ini terdapat kata yang di-nakirah-kan yaitu kata (أجرا). Pe-nakirah-an kata tersebut bertujuan untuk menunjukkan banyaknya pahala yang akan mereka terima.Nakirah untuk menunjukkan sedikit (التقليل). Contoh: (وَعَدَ اللهُ المَؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأَنْهَارٌ خَالِدِيْنَ فِيْهَا وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ وَرِضْوَانٌ مِنَ اللهِ أَكْبَرُ). Pada ayat ini Allah Ta’ala menggunakan Isim Nakirah untuk mengungkapkan surga, yaitu dengan kata (جنات). Penggunaan isi Nakirah menunjukkan bahwa surga itu kecil dan sedikit nilainya dibandingkan dengan ridha Allah Ta’ala. Ridha Allah Ta’ala merupakan sumber dari berbagai kebahagiaan hidup manusia.Merahasiakan perkara (إخفاء الأمر). Contoh: (قَالَ رَجُلٌ إَنَّكَ انْحَرَفْتَ عَنِ الصَوَّابِ). Pada contoh ini, nama dari Musnad Ilaihi tidak disebutkan bahkan disamarkan, agar ia tidak ditimpa hal yang menyakitkan.Bermakna Mufrad/tunggal (قصد الإفراد). Contoh: (ويل أهون من ويلين).Menjelaskan jenis/macamnya (قصد النوعية). Contoh: (لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ). Kalimat ini secara rincinya adalah (لِكُلِّ نَوْعٍ مِنَ الدَاءِ نَوْعٌ مِنَ الدَوَاءِ).Mengagungkan dan menghina (التّعظيم والتَّحقير). Contoh: (فَأَقِمْ وَجْهَكَ لِلدِّينِ الْقَيِّمِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا مَرَدَّ لَهُ مِنَ اللَّهِ ۖ يَوْمَئِذٍ يَصَّدَّعُونَ). VI. KETENTUAN YANG BERLAKU DALAM PENGULANGAN ISIM ZAHIR BERHUBUNGAN DENGAN ME-MA’RIFAH-KAN DAN ME-NAKIRAH-KAN MUSNAD ILAIHIJika kedua Isim Zhâhir yang diulang itu Ma‟rifat, maka pengertian Isim Ma’rifat yang kedua sama dengan pengertian Isim Ma’rifat pertama.Jika keduanya Isim Nakirah, maka pengertian Isim Nakirah kedua berbeda dengan pengertian Isim Nakirah pertama. Dua ketentuan ini sebagaimana dalam Surah Al-Insyirah ayat 5-6: (فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا # إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا). Dua Isim Ma’rifat pada ayat di atas (العسر) mempunyai pengertian yang sama (sebagai contoh dari ketentuan pertama). Berbeda dengan dua Isim Nakirah (سيرا) yang mempunyai pengertian yang berbeda (sebagai contoh dari ketentuan kedua).Jika yang pertama Isim Nakirah, kedua Isim Ma’rifat, maka pengertian Isim kedua sama dengan pengertian Isim pertama. Contoh Surah Al-Muzammil ayat 15-16: (كَمَا أَرْسَلْنَا إِلَىٰ فِرْعَوْنَ رَسُولًا # فَعَصَىٰ فِرْعَوْنُ الرَّسُولَ). Bahwa Rasul yang dimaksud pada (الرسول) dan (رسولا) adalah sama, yaitu Nabi Musa ‘Alaihissalam. Jika yang pertama Isim Ma’rifat dan kedua Isim Nakirah, maka ada yang berpendapat, bahwa pengertian Isim Nakirah sama dengan pengertian Isim Ma’rifat. Namun ada juga yang berpendapat berbeda. Kesamaan pengertian dua Isim Zhâhir di atas, maksudnya, hakikat Isim kedua adalah hakekat Isim pertama, bukan yang lain. Sedang perbedaan antara keduanya, bahwa hakekat Isim pertama bukan hakekat Isim kedua, tapi merupakan hakekat tersendiri.VII. MENYEBUTKAN MUSNAD ILAIHI (ذكر المسند إليه)Al-Dzikr Menurut bahasa bermakna menyebut. Sedangkan dalam istilah Ilmu Balaghah adalah menyebut Musnad Ilaihi. Al-Dzikr merupakan kebalikan dari Al-Hadzf. Beberapa tujuan Al-Dzikr/menyebutkan Musnad Ilaihi:Menambah ketetapan dan penjelasan untuk pendengar (زيادة التقرير والإيضاح للسامع). Contoh Surah Al-Baqarah ayat 5: (أُولَٰئِكَ عَلَىٰ هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ).Sedikitnya kepercayaan dengan qarinah (قلة الثقة بالقرينة) karena kelemahannya atau kelemahan pemahaman pendengar. Contoh: (سَعْدٌ نِعْمَ الزَعِيْم). Kamu mengatakannya jika didahului bagimu penyebutan nama Sa’ad dan panjang masa pendengar dengannya, atau disebutkan bersamanya dengan perkataan bentuk lainnya.Untuk menolak pendapat Mukhathab (الرد على المخاطب). Contoh: (الله واحد) untuk menolak atas siapa yang mengatakan bahwa Allah Ta’ala ada tiga.Al-Idhah wa Al-Tafriq/Menjelaskan dan membedakan. Penyebutan Musnad Ilaihi pada suatu kalimat salah satunya bertujuan untuk menjelaskan subjek pada suatu nisbah. Jika Musnad Ilaihi itu tidak disebutkan maka tidak akan muncul kesan kekhususannya. Contoh: (مُحَمَّدٌ مُحَاضِرٌ جَوَابًا – مَنِ المُحَاضِرُ؟).Ghabawah Al-Mukhathab/menganggap Mukhathab bodoh (التعريض بغباوة المخاطب). Mutakallim yang menganggap Mukhathab tidak tahu apa-apa, ia akan menyebut Musnad Ilaihi pada suatu kalimat yang ia ucapkan. Dengan menyebut Musnad Ilaihi, Mukhâthab mengetahui Fâ’il, Mubtada, atau fungsi-fungsi lain yang termasuk Musnad Ilaihi. Demikian juga akan terhindar dari kesalahfahaman Mukhâthab pada ungkapan yang dimaksud.Taladzdzudz/senang menyebutnya (التلذذ). Seorang Mutakallim yang menyenangi sesuatu, ia pasti akan banyak menyebutnya sebagaimana kata pepatah: (مَنْ أَحَبَّ شَيْئًا كَثُرَ ذِكْرُهُ). Jika mutakallim menyenagi Mukhâthab ia pasti akan menyebutnya, dan tidak akan membuangnya.Penghinaan (الإهانة). Contoh: (السارق قادم). Dalam jawaban siapa yang mengatakan: (هل حضر السارق).Mengagungkan (التعظيم). Contoh: (حضر سيف الدولة) dalam jawaban siapa yang mengatakan: (هل حضر الأمير؟).Mencatat atas pendengar sehingga tidak bisa baginya untuk mengingkari (التسجيل على السامع حتى لا يتأتى له الإنكار). Contoh jika seorang Hakim mengatakan kepada saksi: (هل أقر زيد بأن عليه كذا؟). Maka saksi mengatakan: (نعم، زيد هذا أقر بأن عليه كذا).VIII. MEMBUANG MUSNAD ILAIHI (خذف المسند إليه)Al-Hadzf Menurut bahasa bermakna membuang. Sedangkan maksudnya dalam istilah Ilmu Balâghah adalah membuang Musnad Ilaihi. Al-Hadzf merupakan kebalikan dari Al-Dzikr. Dibagi menjadi dua:Ada yang tampak ketika di-i’rab. Contoh: (أَهْلًا وَسَهْلًا) yang asalnya (جئت أهلا ونزلت مكاناً سهلاً).Ada yang tidak tampak ketika di-i’rab. Diketahui setelah didalami pengertian dan hubungannya dengan yang lain.Beberapa tujuan Al-Hadzf:Terlihatnya dengan dalil qarinah-qarinah atasnya (ظهوره بدلالة القرائن عليه). Contoh Surah Al-Dzariyat ayat 29: (فَأَقْبَلَتِ امْرَأَتُهُ فِي صَرَّةٍ فَصَكَّتْ وَجْهَهَا وَقَالَتْ عَجُوزٌ عَقِيمٌ) yaitu (أنا عجوز).Memudahkan pengingkaran saat berkepentingan (تيسر الإنكار عند الحاجة). Contoh: (لئيم حسيس بعد ذكر شخص).Waspada dari kehilangan kesempatan yang cocok/baik (الحذر من فوات فرصة سانحة). Contoh perkataan peringatan para pemburu: (غزال) yakni ini rusa.Menguji kewaspadaan pendengar atau kadar kewaspadaannya (اختبار تنبه السامع له عند القرينة - أو مقدار تنبهه). Contoh: (نُوْرُهُ مُسْتُفُادٌ مِنْ نُوْرِ الشَمْسِ).Menjaga bait Sajak (المحافظة على السجع). Contoh: (مَنْ طَابَتْ سَرِيْرَتُهُ # حَمُدَتْ سِيْرَتُهُ).Untuk meringkas atau karena sempitnya konteks kalimat (ضيق المقام عن إطالة الكلام بسبب تضجر وتوجع). Contoh: (قَالَ لِي: :كَيْفَ أَنْتَ؟ قُلْتُ: عَلِيْلٌ). Pada dialog ini terdapat kalimat yang padanya dibuang Musnad Ilaihi-nya, yaitu pada kata (عليل). Kalimat lengkapnya adalah (أنا عليل). Contoh: (سَهْرٌ دَائِمٌ وَحُزْنٌ طَوِيْلٌ). Kalimat lengkap dari ungkapan tersebut adalah (حالي سهر دائم وحزن طويل). Kata yang dibuang pada kalimat ini adalah Musnad Ilaihi-nya, yaitu (حالي).Menjaga bait Qafiyah (المحافظة على قافية). Contoh: (وما المالُ والأهلون إلا ودائع # ولابُدَّ يوماً أن تردَّ الودائعُ).Menjaga Wazan (المحافظة على الوزن). Contoh: (على أنني راضٍ بان أحملَ الهوى # وأخلص منه لا عليَّ ولاَ ليا).Musnad Ilaihi berupa sesuatu yang tertentu dan diketahui (كون المسند إليه معيناً معلوماً). Contoh Surah Al-An’am ayat 73: (عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ). Yakni Allah Ta’ala.Mengikuti penggunaan yang diinginkan atas meninggalkannya (إتباع الاستعمال الوارد على تركه). Contoh: (نعم الزعيم سعدٌ), yakni (هو سعد).Terpeliharanya lisan ketika menyebutnya (إشعار أنّ في تركه تطهيراً له عن لسانك، أو تطهيراً للسانك عنه). Contoh: (وَمَا أَدْرَاكَ مَاهِيَةٌ ... نَارٌ حَامِيَةٌ). Pada ayat kedua terdapat lafaz yang dibuang, yaitu kata (هي) yang kedudukannya sebagai Musnad Ilaihi. Kalimat lengkapnya: (هي نار حامية).Merasa jijik jika menyebutnya (الهجنة). Jika seseorang merasa jijik menyebut sesuatu -apakah nama orang atau benda- ia pasti tidak akan menyebutkannya atau mungkin menggantikannya dengan kata-kata lain yang sebanding.Generalisasi (التعميم). Membuang Musnad Ilaihi pada suatu kalimat juga mempunyai tujuan untuk mengeneralkan pernyataan. Suatu pernyataan yang tidak disebut subjeknya secara jelas akan menimbulkan kesan bahwa pesan itu berlaku untuk umum (orang banyak).Menyembunyikan perihal kepada selain Mukhathab (إخفاء الأمر عن غير المخاطب). Kadang-kadang seorang Mutakallim ingin merahasiakan Musnad Ilaihi kepada selain orang yang diajak bicara (Mukhâthab). Untuk itu ia membuang Musnad Ilaihi, sehingga orang lain tidak mengetahui siapa subjeknya.Memperbanyak faedah (تكثير الفائدة). Contoh: (فصبرٌ جميل), yakni (فأمري صبر جميل).Menentukannya dengan Ahdiyyah (تعيُّنه بالعهدّية). Contoh: (واستوت على الجودي), yakni (السفينة).IX. MENDAHULUKAN MUSNAD ILAIHI DALAM JUMLAH ISMIYYAH (تقديم المسند إليه في الجملة الاسمية)Hukum asal dari Musnad Ilaihi haruslah berada di awal atau di-taqdim-kan karena ia menjadi bagian yang ingin dihukumi dalam sebuah kalimat, maka kita tidak mungkin menghukumi sesuatu kecuali sesuatu tersebut sudah ada terlebih dahulu. Namun, seorang pembicara bisa memilih susunan kalimat yang ia inginkan sesuai dengan keadaan sekitarnya. Di antara tujuan mendahulukan Musnad Ilaihi adalah:Karena mendahulukan Musnad Ilaihi adalah kaidah asal, dan tidak ada faktor yang mengharuskannya keluar dari kaidah (أنه الأصل ولا مقتضى للعدول عنه). Musnad Ilaihi didahulukan karena Musnad Ilaihi adalah Mahkum ‘Alaih (subjek) atau sesuatu yang ingin dihukumi. Maka sebelum memberikan hukum pada sesuatu, sesuatu tersebut haruslah diketahui terlebih dahulu sebelum adanya hukum (predikat). Selama tidak ada tujuan khusus dan faktor untuk mengubah kaedah ini, penyusunan kalimat haruslah sesuai dengan kaidah asal. Contoh: (زَيْدٌ سَدِيْدُ الرَأْيِ). Kata (زيد) dalam kalimat ini adalah Musnad Ilaihi, dan dalam kalimat ini Musnad Ilaihi didahulukan daripada Musnad (سديد الرأي) karena Mutakallim tidak memiliki tujuan tertentu yang mengharuskannya merubah susunan kalimat.Supaya Khabar/predikat lebih diingat oleh pendengar (ليتمكن الخبر في ذهن السامع). Khabar dari Mubtada’ akan lebih diingat oleh pendengar apabila Mubtada’ didahulukan, dengan syarat Mubtada’ harus berupa kalimat yang dapat membuat pendengar penasaran dengan Khabar. Ketika pendengar merasa penasaran, tentu ketika mendengar jawaban dari apa yang diinginkannya, akan sulit untuk dilupakan. Contoh: (وَالَّذِي حَارَتِ البَرِيَّةُ فِيْهِ ... حَيَوَانٌ مَسْتَحْدَثٌ مِنْ جَمَادٍ). Dalam bait ini, kalimat (والذي حارت البرية فيه) menjadi musnad Ilaihi, dan kalimat ini akan menjadikan pendengar penasaran dengan khabar; oleh sebab itu musnad Ilaihi didahulukan agar tujuan pada poin ke-dua ini bisa terwujud.Untuk segera memberi kabar gembira (تعجيل المسرة). Ketika membawa sebuah berita menyenangkan, seorang Mutakallim tentu menginginkan agar berita yang dibawanya cepat diketahui oleh pendengar, agar pendengar bergegas menemuinya. Seorang Mutakallim Baligh akan mendahulukan Musnad Ilaihi ketika Musnad Ilaihi mengandung kabar bahagia. Contoh: (سَعْدٌ فِي دَارِكَ) artinya kebahagiaan di rumahmu.Untuk segera memberi kabar kesedihan (تعجيل المساءة). Seorang Mutakallim Baligh akan mendahulukan Musnad Ilaihi ketika Musnad Ilaihi mengandung kabar duka, agar pendengar segera mengatasinya. Contoh: (السَفَّاحُ فِي دَارِ صَدِيْقِكَ) artinya sang penumpah darah ada di rumah temanmu.Agar pendengar menyangka bahwa Musnad Ilaihi tidak pernah hilang dari ingatan, sehingga mudah disebutkan (لإيهام أنه لا يزول عن الخاطر, فهو إلى الذكر أقرب). Contoh: (اللهُ رَبُّنَا وَمُحَمَّدٌ نَبِيُّنَا) artinya Allah adalah Tuhan kami dan Muhammad adalah Nabi kami. Musnad Ilaihi dalam contoh ini didahulukan karena Musnad Ilaihi tidak pernah hilang dari ingatan, sehingga selalu disebutkan di awal kalimat.Untuk senang dalam penyebutannya dan mengharapkan berkah darinya (التلذذ بذكره و التيرك به). Contoh: (مُحَمَّدٌ أَشْرَفُ الأَعْرَابِ وَ العَجَمِ ... مُحَمَّدٌ خَيْرٌ مَنْ يَمْشِي عَلَى قِدَمِ). Musnad Ilaihi dalam bait di atas didahulukan karena Mutakallim menikmati penyebutannya dan juga mengharapkan berkah dari penyebutan Musnad Ilaihi.X. MENDAHULUKAN MUSNAD ILAIHI DALAM JUMLAH FI’LIYYAH (تقديم المسند إليه في الجملة الفعلية)Dalam Jumlah Fi’liyyah, penyebutan Musnad Ilaihi diakhirkan daripada Musnad. Susunan gramatikal dalam Jumlah Fi’liyyah adalah Fi’il + Fa’il, namun seorang Mutakallim Baligh bisa merubah susunan ini menjadi Jumlah Ismiyyah dengan mendahulukanFa’il daripada Fi’il, dan menjadikan Musnad yang berupa Fi’il menjadi Khabar dari Mubtada’. Dengan tujuan memperkaya makna tanpa memperpanjang kalimat yang disampaikan. Dalam kitab-kitab yang membahas tentang Musnad Ilaihi, pembahasan ini lebih terkenal dengan mendahulukan Musnad Ilaihi daripada Khabar yang berbentuk Fi’il (تقديم المسند إليه على الخير الفعلي). Dalam pembahasan ini terdapat dua poin inti yaitu:Mendahulukan Musnad Ilaihi dalam Kalimat Negatif Imam Abdul Qahir Al-Jurjani mengatakan bahwasanya apabila Musnad Ilaihi didahulukan dari Khabar yang berbentuk Fi’il, dan Musnad Ilaihi tersebut terletak setelah Adat Nafi, menunjukkan bahwa Khabar yang di-nafi-kan itu khusus bagi Musnad Ilaihi yang telah disebutkan, dan mengitsbatkan Khabar itu kepada selain Musnad Ilaihi. Dalam Ilmu Balaghah hal ini dikenal dengan istilah ”Ikhtishash”. Contoh: (مَا أَنَا قُلْتُ هَذَا). Dalam kalimat ini, Musnad Ilaihi didahulukan dari Khabar yang berbentuk Fi’il, dan didahului oleh huruf Nafi. Hal tersebut dapat menimbulkan makna baru -sebagaimana disebutkan Imam Abdul Qahir Al-Jurjani- di antaranya: Me-nafi-kan Khabar khusus untuk Musnad Ilaihi, meng-itsbat-kan Khabar untuk selain Musnad Ilaihi dan adanya pelaku lain yang sudah melakukan perbuatan tersebut sebelum Musnad Ilaihi. Jadi dari contoh ini dapat dipahami bahwa saya tidak menyampaikan perkataan itu, namun orang lain sudah (pasti) pernah menyampaikannya sebelum saya.Sebuah kesalahan yang sering dilakukan ketika Musnad Ilaihi dalam keadaan seperti ini adalah juga menafikan Khabar dari selain Musnad Ilaihi, seperti (مَا أَنَا قُلْتُ هَذَا الشِعْرَ وَلَا غَيْرِي). Karena dari potongan pertama dipahami bahwa sang Mutakallim tidak mengucapkan syair itu dan diucapkan oleh orang lain, bagaimana mungkin dipotongan kedua, Mutakallim menafikan pengucapan syair dari orang lain? Hal tersebut menimbulkan berkumpulnya dua hal yang berlawanan dalam satu waktu. Bahkan Abdul Qahir mengatakan bahwa ungkapan seperti ini tidak diucapkan oleh manusia.Mendahulukan Musnad Ilaihi dalam Kalimat Positif Mendahulukan Musnad Ilaihi dari Khabar yang berbentuk Fi’il dalam kalimat positif mengandung salah satu dari dua makna, yaitu penekanan (Ta’kid) dan Ikhtishash. Dan makna tersebut dapat dipahami sesuai dengan situasi dan kondisi dalam berbicara. Contoh: (مُحَمَّدٌ يَفْعَلُ الخَيْرَ) artinya Muhammad melakukan kebaikan. Dari contoh tersebut, kita bisa memahami dua makna: Pertama, penegasan terhadap makna kalimat, karena ungkapan tersebut menyandarkan makna Musnad Ilaihi dua kali kepada Fi’il. Makna yang pertama ini dikenal dengan Ta’kid atau Taqwiyah Al-Hukm. Kedua, mengkhususkan perbuatan baik bagi Muhammad dan menafikan perbuatan baik bagi orang lain, dan ini dikenal dengan istilah Ikhtishash. Mutakallim boleh menggunakan salah satu dari makna tersebut sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapinya.XI. MENDAHULUKAN DAN MENGAKHIRKAN MUSNAD ILAIHI UNTUK MENAFIKAN KEUMUMAN DAN MENGUMUMKAN NAFI (سلب العموم و عموم السلب)Dalam sebuah kalimat, Musnad Ilaihi bisa berupa lafaz yang umum atau tidak. Apabila Musnad Ilaihi berupa kalimat yang umum, seperti (كل) dan (جميع) dan tidak didahului oleh Adat Nafi, maka dari kalimat itu dipahami (عموم السلب) mengumumkan Nafi, yaitu menafikan seluruh Afrad dari lafaz yang umum tersebut. Seperti perkataan Abi Najm: (قَدْ أَصْبَحَتْ أُمُّ الخِيَارِ تَدَّعِي ... عَلَى ذَنْبٍ كُلُّهُ لَمْ أَصْنَعِ). Musnad Ilaihi yang berupa lafaz umum dalam bait ini terletak sebelum Adat Nafi, yang mengisyaratkan makna (عموم السلب), artinya seluruh afrad yang dikandung lafaz umum dinafikan oleh penya’ir.Apabila lafaz umum tersebut terletak setelah Adat Nafi, maka dari kalimat itu dipahami (سلب العموم) menafikan keumuman. Contoh: (مَا كُلُّ مَا يَتَمَنَّى المَرْءُ يُدْرِكُهُ ... ......). Dalam contoh ini, lafaz umum terletak setelah Adat Nafi, sehingga mengandung makna (سلب العموم), yaitu menafikan Khabar bagi Musnad Ilaihi secara bersamaan, tapi tidak menafikan Khabar bagi setiap afrad dari Musnad Ilaihi. Makna dari potongan bait ini, tidak semua yang diimpikan seseorang dapat terwujud, tapi sebahagiannya bisa terwujud.XII. MENYEBUTKAN MUSNAD (ذكر المسند)Mengikuti hukum asalnya (كون ذكره هو الأصل). Contoh: (العِلْمُ خَيْرٌ مِنَ المَالِ).Menunjukkan lemahnya sandaran kepada tanda qarinah (ضعف التعويل على دلالة القرينة). Contoh: (حَالِي مُسْتَقِيْمٌ وَرِزْقِي مَيْسُوْرٌ). Jika dihapus lafaz (ميسور) tidak menunjukkan kepadanya yang disebutkan.Menunjukkan lemahnya ingatan pendengar (ضعف تنبه السامع). Contoh: (أَصْلُهَا ثَابِتٌ وَفَرْعُهَا ثَابِتٌ). Jika dihapus lafaz (ثابت) maka ia ingat kepada pendengar karena lemah pemahamannya.Sebagai jawaban dari pertanyaan Mukhathab. Contoh Surah Yasin ayat 79: (قُلْ يُحْيِيْهَا الَّذِي أَنْشَأَهَا أَوَّلَ مَرَّةٍ) setelah Allah Ta’ala sebutkan sebelumnya (مَنْ يُحْيِ العِظَامَ وَهِيَ رَمِيْمٌ).Seperti kegunaan bahwasanya ia Fi’il yang berguna untuk pembaharuan dan yang sedang berlangsung, diikat dengan salah satu zamannya yang tiga dengan jalan meringkas.XIII. MENGHAPUS MUSNAD (حذف المسند) Jika menunjukkan kepadanya qarinah yang berkaitan dengan penghapusannya bertujuan dari apa yang berjalan dalam menghapus Musnad Ilaihi. Qarinah-nya adalah:Disebutkan (مذكورة). Contoh Surah Luqman ayat 31: (وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ) yakni (خلقهن الله).Dikira-kirakan (مقدرة). Contoh Surah Al-Nur ayat 36: (يُسَبِّحُ لَهُ فِيهَا بِالْغُدُوِّ وَالْآصَالِ), yakni (يسبحه رجال) seakan-akan dikatakan (من يسبحه).Menghindarkan sesuatu yang tidak berguna/’abats (الاحتراز عن العبث). Contoh Surah Al-Taubah ayat 3: (أَنَّ اللَّهَ بَرِيءٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ ۙ وَرَسُولُهُ) yakni (رسوله برئ منهم أيضا).Terbatasnya tempat yang menyebutkannya (ضيق المقام عن ذكره). Contoh: (نَحْنُ بِمَا عِنْدَنَا وَأَنْتَ بِمَا عِنْـــ # ـــدَكَ رَاضٍ وَالرَأْيُ مُخْتَلِفُ) yakni (نحن بما عندنا راضون).Karena telah banyak berlaku di kalangan Arab dalam bahasanya yang fasih (اتباع الاستعمال). Contoh Surah Saba’ ayat 31: (لَوْلَا أَنْتُمْ لَكُنَّا مُؤْمِنِيْنَ) yakni (لو لا أنتم موجودون).XIV. ME-MA’RIFAH-KAN MUSNAD (تعريف المسند)Untuk menunjukkan bahwa Mukhathab telah mengetahui hubungan isi berita (Faidah Al-Khabar). Contoh: (زَيْدٌ صَدِيْقُكَ). Pada dasarnya, Mukhâthab merasa mempunyai teman sejati, hanya saja ia belum mengenal siapa namanya. Maka dengan perkataan Mutakallim (صديقك), Mukhâthab menjadi tahu bahwa teman sejatinya bernama Zaid. Jadi dengan menjadikan Ma‟rifat pada Musnad (صديقك), menyebabkan Mukhâthab mengetahui hubungan berita dengan dirinya sendiri. Untuk menunjukkan bahwa Mutakallim sendiri telah mengetahui isi berita (Lazim Al-Faidah). Contoh di atas juga dapat menunjukkan, bahwa Mutakallim sendiri adalah orang yang mengetahui isi berita yang dikemukakan dan ia tidak bermaksud menuduh atau bertanya.XV. ME-NAKIRAH-KAN MUSNAD (تنكير المسند)Untuk maksud keinginan dalam meng-hashr-nya (قصد إرادة العهد أو الحصر). Contoh: (أَنْتَ أَمِيْرٌ وَهُوَ وَزِيْرٌ).Untuk menyesuaikan diri dengan Musnad Ilaihi, karena Musnad Ilaih terkadang juga berupa Isim Nakirah (اتباع المسند إليه في التنكير). Contoh: (تِلْمِيْذٌ وَاقِفٌ بِالبَابِ).Untuk mengagungkan (التفخيم). Contoh: (هُدًى لِلْمُتَّقِيْنَ).Untuk menghinakan (التحقير). Contoh: (ما خالد رجلا يذكر).XVI. MENDAHULUKAN MUSNAD (تقديم المسند)Mengkhususkan dengan Musnad Ilaihi. Contoh Surah Al-Maidah ayat 120: (لِلَّهِ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ).Untuk perbuatan yang jahat/keji (المساءة). Contoh: (وَمِنْ نَكَدِ الدُنْيَا عَلَى الحُرِّ أَنْ يَرَى # عَدُوًّا لَهُ مَا مِنْ صَدَاقَتِهِ بُدُّ).Untuk kekaguman/keagungan/pujian/celaan/belas kasihan/doa. Contoh: (لِلهِ دَرَكَ وَعَظِيْمٌ أَنْتَ يَا اللهُ وَنِعْم الزعيم سعدٌ، وبئس الرجل خليل، وفقير أبوك ومبارك وصولك بالسلامة).Mengkhususkan Musnad Untuk Musnad Ilaihi (قصر المسند على المسند أليه). Contoh: (لَا فِيْهَا غَوْلَ). Contoh ini khusus menafikan sifat memabukkan bagi khamar yang ada di surga, dan meng-itsbat-kan sifat memabukkan bagi khamar yang ada di dunia. Kalau Musnad tidak didahulukan, maka tidak akan mengandung makna Ikhtishash, seperti dalam kalimat (لَا رَيْبَ فِيْهِ).Memperingatkan dan memberitahukan pertama kali/memberitahukan kepada pembaca bahwa musnad itu khobar bukan sifat (التنبيه أن المسند خبرا عن المسند إليه). Cara membedakan antara Khabar dengan Sifat adalah dengan mendahulukannya. Karena Sifat tidak mungkin didahukan daripada yang disifati. Berbeda dengan Khabar, Khabar bisa saja didahulukan dari Mubtada’. Hal ini terjadi apabila Mubtada’ berbentuk Nakirah dan Khabar berupa Jumlah, apabila Khabar tidak didahulukan, maka akan sulit membedakan antara Khabar dengan Sifat. Imam Al-Sakkaki menjelaskan bahwa Jumlah atau Syibhu Jumlah setelah Mubtada’ yang Nakirah lebih cocok dijadikan Sifat daripada dijadikan sebagai Khabar. Contoh: (لَهُ هِمَمٌ لَا مُنْتَهَى لِكِبَارِهَا ... ....). Dalam bait ini penyair mendahulukan Musnad (له) untuk menyatakan bahwa (له) adalah Khabar, bukan Sifat dari (همم). Karena jika susunannya dibalik menjadi (له همم), pendengar akan menyangka bahwa (له) adalah Sifat dari (همم), karena Isim yang Nakirah sangat membutuhkan Sifat.Menanamkan Rasa Optimisme (إظهار الفرح والسرور والتفاؤل). Yang dimaksud dengan menanamkan rasa optimisme adalah dengan menyebutkan sesuatu yang membahagiakan kepada pendengar, seperti perkataan seorang penyair: (سَعِدَتْ بِغُرَّةِ وَجْهِكَ الأَيَّامُ ... ...). Dalam bait ini penyair mendahulukan Musnad (سعدت) untuk menanamkan rasa bahagia kepada pendengar.Membuat Pendengar Penasaran (التشويق إلى ذكر المسند إليه). Seorang Mutakallim Baligh kadang mendahulukan penyebutan Musnad untuk membuat pendengar penasaran dengan Musnad Ilaihi, hal tersebut bisa terwujud jika Musnad mengandung makna atau sebuah sifat yang menimbulkan tanda tanya. Contoh: (ثَلَاثَةٌ تُشْرِقُ الدُنْيَا بِبَهْجَتِهَا ... شَمْسُ الضُحَى وَ أَبُوْ إِسْحَاقَ وَ القَمَرُ). Dalam bait ini penyair mendahulukan musnad (ثلاثة) kemudian mensifati Musnad dengan sifat yang menimbulkan rasa penasaran bagi pendengar, sehingga pendengar akan berusaha memikirkan kemungkinan yang akan menjadi Musnad Ilaihi. Ketika mendengar musnad Ilaihi, pendengar akan lebih memahami dan mengingatnya.XVII. MENGAKHIRKAN MUSNAD (تأخير المسند)Tujuan pokok mengakhirkan Musnad adalah mengikuti hukum aslinya, bahwa Musnad harus berada setelah Musnad Ilaih. Sedang tujuan lainnya, telah banyak disinggung pada pembahasan tentang mendahulukan Musnad Ilaih.
0 Comments