BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto

PENJELASAN HAL-HAL YANG MEMBATALKAN SHALAT

14. KEDEKATAN LELAKI DAN PEREMPUAN DALAM BARISAN SHALAT TANPA ADA JARAK YANG DIGUNAKAN UNTUK SHALAT ATAU TANPA PEMBATAS ANTAR KEDUANYA

Hal ini berlaku bagi setiap wanita, baik itu mahram sendiri, seperti anak dan putri, maupun bukan mahram seperti istri misalnya.
Jarak antara lelaki dan perempuan dalam shalat menurut ulama Hanafiyyah syaratnya sebagai berikut. Pertama, jarak antara keduanya dibatasi betis dan tumit. Kedua, shalat yang didirikan harus bersamaan dalam takbiratul ihram, pelaksanaan, niat imam untuk meniadi imam untuk wanita, atau bersama lelaki dengan imam lain, dan tidak memberikan isyarat kepada wanita untuk tertinggal. Jika imam tidak niat untuk menjadi imam bagi wanita, maka ia tidak bersama dalam shalat. Dan jika tidak tertinggal dengan isyarat imam, maka shalatnya wanita batal, namun
shalat imamnya tetap sah. Ketiga, syarat berikutnya, tempat keduanya jadi satu tanpa ada penghalang. Keempat, perempuannya cantik menarik.
Ukuran jarak bersebelahan yang membatalkan shalat adalah seukuran menjalankan rukun menurut Imam Muhammad, atau seukuran bacaan tasbih tiga kali menurut Abu Yusuf.




PEMBAHASAN LENGKAP
FIKIH 4 MADZHAB & FIKIH AHLI HADIS/ ATSAR


Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab



The Indonesiana Center - Markaz BSI (Bait Syariah Indonesia)