BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto
Seorang mufti harusnya
mengetahui kedudukan ulama yang pendapatnya dijadikan fatwa, baik kedudukannya dalam kemampuan ilmu riwayah maupun dirayah. Mufti juga seharusnya mengetahui tingkatan ulama tersebut di kalangan para fuqaha, agar ia dapat membedakan di antara pendapat-pendapat yang bertentangan dan membuat tarjih dengan mengutamakan yang paling kuat. Peringkat para fuqaha ada tujuh, yakni sebagai berikut (dalam Kitab Ar-Radd ‘ala Man Akhlada ila Ar-Ardh karangan Imam
As-Suyuthi halaman 39-42, Kitab Hasyiyah Ibn Abidin halaman 71
dan seterusnya, Kitab Risalah Rasm Al-Mufti halaman 11-12, Kitab
Malik karangan Abu Zahrah halaman 438, 440-450, Kitab Shifat Al-Fatwa
wal Mufti karangan Ahmad bin Hamdan Al-Harrani Al-Hambali, Kitab Al-Fawa’id
Al-Makkiyyah fi Ma Yahtaju Thalabah Asy-Syafi’iyyah halaman 39):
1. MUJTAHID YANG BERIJTIHAD SENDIRI (MUJTAHID MUSTAQ1L)
Mujtahid mustaqill ialah mujtahid yang mampu membuat kaidah untuk dirinya sendiri. Dia membina fikih di atas kaidah-kaidah tersebut. Imam madzhab yang empat termasuk mujtahid kategori ini. Ibnu Abidin menamakan thabaqah (tingkat) ini sebagai tabaqah al-mujtahidin dalam syara'.
2. MUJTAHID MUTLAK YANG TIDAK BERIJTIHAD SENDIRI (MUUJTAHID MUTHLAQ GHAIRU MUSTAQIL)
Mujtahid muthlaq ghairu
mustaqil ialah mujtahid yang memiliki syarat-syarat berijtihad yang dimiliki mujtahid mustaqill, tetapi dia tidak mencipta kaidah-kaidah sendiri, melainkan dia mengikuti cara salah seorang dari para imam mujtahid. Jadi, mereka sebenarnya muntasib (mengikut) bukan mustaqil
(berdiri sendiri). Contohnya, adalah murid-murid para imam yang empat seperti Abu Yusuf, Muhammad, dan Zufar dari golongan Hanafi. Ibnul Qasim, Asyhab, Asad ibnul Furat dari madzhab Maliki. Al-Buwaiti dan Al-Muzani dari madzhab Syafi'i. Dan seperti Abu Bakar Al-Atsram dan Abu Bakar Al-Marwazi dari madzhab Hambali.
Ibnu Abidin menamakan tingkat
ini sebagai thabaqah al-mujtahidin dalam madzhab. Mereka berupaya mengeluarkan hukum-hukum dari dalil-dalil syara' menurut kaidah yang ditetapkan oleh guru mereka dalam mengeluarkan hukum. Meskipun dalam
sebagian hukum, mereka berbeda pendapat dengan guru mereka, tetapi mereka
mengikutinya dalam kaidah-kaidah yang utama. Kedua tingkatan ini telah pupus dan
tidak ada lagi.
3. MUJTAHID MUQAYYAD
Mujtahid Muqayyad disebut juga dengan mujtahid dalam masalah-masalah yang tidak ada nash dari Imam Madzhab atau mujtahid at-takhrij.
Mereka adalah seperti Al-Khashshaf, Ath-Thahawi, Al-Karkhi, Al-Hilwani, As-Sarakhsi, Al-Bazdawi, dan Qadi Khan dari madzhab Hanafi, seperti juga Al-Abhari, Ibnu Abi Zaid Al-Qairawani dari madzhab Maliki. Abu Ishaq Asy-Syirazi, Al-Marwazi, Muhammad bin Jabir Abu Nashr, dan Ibnu Khuzaimah dari madzhab Syafi'i. Seperti Qadi Abu Ya'la dan Qadi Abu Ali bin Abu Musa dari Madzhab Hambali. Mereka semua dinamakan ashabul wujuh, sebab mereka melahirkan hukum-hukum yang tidak dinashkan oleh imam (madzhab). Perbuatan mereka dinamakan satu wajh dalam madzhab atau satu pendapat (ra'yun) dalam madzhab. Pendapat-pendapat ini dinisbatkan kepada para imam ini, bukan kepada imam pencetus madzhab. Hal ini banyak terjadi pada madzhab Asy-Syafi'i dan Hambali.
4. MUJTAHID TARJIH
Mujtahid Tarjih yaitu mujtahid yang mampu menguatkan pendapat yang dikeluarkan oleh imam madzhab dari pendapat-pendapat yang lain. Atau, yang mampu melakukan tarjih di antara apa yang dikatakan oleh imam, dan apa yang
dikatakan oleh murid-muridnya ataupun oleh para imam yang lain. Jadi, dia berusaha menguatkan sebagian riwayat dari yang lain. Misalnya seperti Al-Qaduri dan Al-Marghinani, pengarang kitab Al-Hidayah, dari madzhab Hanafi. Seperti Al-Allamah Khalid dari golongan ulama Maliki. Seperti Ar-Rafi'i dan An-Nawawi dari golongan ulama Syafi'i, dan seperti Al-Qadhi Alauddin Al-Mardawi, Abul Khaththab Mahfuzh bin Ahmad Al-Kaludzani Al-Baghdadi (510 H) mujtahid dari madzhab Hambali.
5. MUJTAHID FATWA
Yaitu, seorang mujtahid yang
berpegang kuat dengan madzhab, menerima dan menyampaikannya kepada orang lain, serta memberi penjelasan dalam perkara-perkara yang jelas dan dalam perkara-perkara yang musykil. Dia membuat perbedaan di
antara pendapat yang paling kuat, yang kuat, yang lemah, yang rajih, dan yang marjuh. Tetapi dia mempunyai kelemahan dalam menguraikan dalil dan mengemukakan bandingannya (qiyas). Mereka adalah terdiri atas para penulis kitab pada zaman mutakhir seperti pengarang kitab Al-Kanz; pengarang Ad-Durr Al-Mukhtan pengarang Al-Wiqayah, pengarang Majma' Al-Anhar dari golongan ulama Hanafi, dan seperti Ar-Ramli dan Ibnu Hajar dari golongan
ulama Syafi'i.
6. TABAQAT MUQALLIDIN
Al-Muqallidun ialah orang yang tidak mempunyai kemampuan untuk membuat perbedaan
antara pendapat yang lemah dan yang kuat, serta tidak dapat membedakan antara yang rajih dan yang marjuh.
Selain itu, jumhur ulama
tidak membedakan antara mujtahid muqayyad dengan mujtahid takhrij sedangkan Ibnu Abidin
meletakkan thabaqat mujtohid takhrij tempat yang keempat setelah mujtahid muqayyad dengan memberi contoh Ar-Razi Al-Jashshash (meninggal 370 H) dan yang setingkat dengannya.
PEMBAHASAN LENGKAP FIKIH 4 MADZHAB
Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab
##########
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
MATERI KEILMUAN ISLAM LENGKAP (klik disini)
Artikel Bebas - Tafsir - Ulumul Qur'an - Hadis - Ulumul Hadis - Fikih - Ushul Fikih - Akidah - Nahwu - Sharaf - Balaghah - Tarikh Islam - Sirah Nabawiyah - Tasawuf/Adab - Mantiq - TOAFL
##########