BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM

Al-Faqiir ilaa Ridhaa Rabbihi Eka Wahyu Hestya Budianto

قُلۡ أَتُحَآجُّونَنَا فِي ٱللَّهِ وَهُوَ رَبُّنَا وَرَبُّكُمۡ وَلَنَآ أَعۡمَٰلُنَا وَلَكُمۡ أَعۡمَٰلُكُمۡ وَنَحۡنُ لَهُۥ مُخۡلِصُونَ ١٣٩
Artinya: “Katakanlah, "Apakah kalian memperdebatkan dengan kami tentang Allah, padahal Dia adalah Tuhan kami dan Tuhan kalian; bagi kami amalan kami, dan bagi kalian amalan kalian, dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati.”

Firman-Nya (قل أتحاجوننا في الله), Allah Ta’ala berfirman dalam rangka membimbing Nabi-Nya untuk menolak perdebatan orang-orang musyrik. Artinya, kalian mendebat kami mengenai pengesaan Allah Ta’ala, ketulusan ibadah serta ketundukpatuhan kepada-Nya, mengikuti semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

Firman-Nya (وهو ربنا وربكم) artinya, Rabb yang mengatur dan mengurus diri kami dan juga kalian, hanya Dialah yang berhak atas pemurnian ibadah, tiada sekutu bagi-Nya.

Firman-Nya (ولنا أعمالنا ولكم أعمالكم) artinya, kami berlepas diri dari kalian dan apa yang kalian sembah, dan kalian juga lepas dari kami sebagaimana firman-Nya dalam Surah Yunus ayat 41 yang artinya: “Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah, "Bagiku pekerjaanku, dan bagi kalian pekerjaan kalian. Kalian berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan, dan aku pun berlepas diri terhadap apa yang kalian kerjakan."

Firman-Nya (ولنا أعمالنا ولكم أعمالكم ونحن له مخلصون) artinya, kami berlepas diri dari kalian sebagaimana kalian berlepas diri dari kami, dan hanya kepada-Nya kami mengikhlaskan hati, yaitu dalam beribadah dan menghadapkan diri. 


PEMBAHASAN LENGKAP TAFSIR ALQURAN & ASBABUN NUZUL


Wallahu Subhaanahu wa Ta’aala A’lamu Bi Ash-Shawaab



The Indonesiana Center - Markaz BSI (Bait Syariah Indonesia)